Loyalitas karyawan

8 Cara Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri jika karyawan merupakan aset penting sebuah perusahaan. Kesuksesan sebuah perusahaan tergantung pada karyawan yang bekerja secara kompeten dan loyal. Tapi, pada kenyataannya, banyak sekali karyawan yang sering masuk lalu cepat keluar dari perusahaan, atau biasa disebut dengan Turnover karyawan, tanpa sempat memberikan kontribusi positif pada perkembangan perusahaan. Jika dalam sebuah perusahaan sudah tercipta suasana kerja yang nyaman, memiliki karyawan yang handal, maka perlu dipikirkan bagaimana cara supaya karyawan tetap senang bekerja dan loyal pada perusahaan. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

 

1. Lakukan Manajemen SDM Yang Baik

Perusahaan yang berkembang baik pasti mempunyai tujuan memperoleh keuntungan. Dengan memiliki aset karyawan yang kompeten tidaklah cukup jika perusahaan tidak melakukan manajemen SDM yang baik. Tentu saja tanpa adanya manajemen SDM perusahaan itu akan mati gaya alias tertinggal dengan adanya kemajuan zaman ini. Perusahaan yang melakukan manajemen SDM biasanya memberikan pelatihan khusus, training dan juga motivasi bagi karyawan. Tujuan dari manajemen SDM ini ialah meningkatkan mutu karyawan perusahaan itu sendiri.

 

Baca Juga: Manfaat dari Perencanaan SDM yang baik Bagi Perusahaan

 

2. Memberikan Hak-Hak Karyawan

Perusahaan yang baik seharusnya memperhatikan hak-hak karyawan selama mereka bekerja. Hak -hak karyawan ini menjadi salah satu motif untuk karyawan loyal terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Tidak sedikit karyawan yang tidak betah bekerja di perusahaan yang kurang memperhatikan hak karyawan. Jadi, jika ingin karyawan Anda loyal jangan lupakan hak mereka yang mencangkup: gaji yang sesuai UMK, hak cuti libur, hak untuk mendapatkan training, hak untuk mendapatkan motivasi, tunjangan hari raya, jaminan sosial tenaga kerja. Dengan memperhatikan hak -hak karyawan maka dijamin karyawan perusahaan akan loyal dan betah bekerja.

 

3. Membuat Suasana Kerja Nyaman

Jika kebanyakan karyawan ditanya, “Apa yang membuat Anda betah bekerja di perusahaan ini?”, jawaban yang paling sering disebut adalah suasana kerja yang nyaman. Ini tidak bisa dipungkiri. Suasana kerja yang nyaman, tidak hanya dibuat dengan kantor yang ber-AC, fasilitas komputer canggih, internet yang kencang, tapi lebih ke arah hubungan antara teman sekerja di perusahaan itu. Usahakan membuat suasana kekeluargaan yang akrab tetapi tetap memiliki etos kerja yang bagus. Walaupun satu dengan yang lain karyawan akrab, tapi tetap ada hal-hal yang harus dihargai bagi sesama karyawan dalam bekerja. Jika memungkinkan mengadakan olah raga bersama seminggu sekali di halaman kantor atau outing yang dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang akrab.

 

4. Memberikan Jenjang Karir Yang Jelas

Banyak karyawan yang berhenti dari sebuah perusahaan dikarenakan posisi mereka di perusahaan tidak bisa naik lagi ke level berikutnya. Ada juga yang dikarenakan perusahaan tempat bekerja tidak memiliki jenjang karir yang jelas. Jika perusahaan mau berkembang maju, pihak manajemen harus memberikan jenjang karir yang jelas. Ini memberikan motivasi tersendiri bagi karyawan untuk meningkatkan potensi mencapai level yang lebih tinggi lagi.

Penilaian berupa KPI atauKey Performance Indicatorjuga bisa menjadi tolak ukur penilaian karyawan berprestasi.

 

5. Memberikan Reward Dan Bonus

Berikan reward atau bonus bagi karyawan yang bekerja luar biasa. Reward atau bonus ini bisa berupa bonus uang, liburan khusus, atau benda yang berharga untuk mengingat keberhasilan karyawan di tempat mereka bekerja. Dengan demikian setiap karyawan akan termotivasi secara pribadi untuk menaikkan produktivitas kerja mereka. Ini membuat karyawan betah bekerja dan menjadi loyal kepada perusahaan.

 

6. Keseimbangan Antara Dunia Kerja Dan Keluarga

Terlalu sibuk bekerja mengejar karir akan membuat karyawan tidak punya banyak waktu dengan keluarga. Jadi pihak perusahaan harus tetap mendorong para karyawan supaya tetap mempunyai waktu berkualitas dengan keluarga mereka. Karena tak bisa dipungkiri, biasanya alasan utama seseorang bekerja adalah memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi diberikan pengertian kepada karyawan supaya kehidupan mereka tetap seimbang di rumah dan di kantor. Biasanya jika di keluarga mereka tidak ada masalah, produktivitas kerja karyawan akan baik juga. Hal ini sangat berhubungan.

 

Baca Juga: https://www.linovhr.com/work-life-balance-pengertian-dan-manfaatnya/

 

7. Memberikan Apresiasi Bagi Karyawan Berprestasi

Seorang karyawan yang bekerja dengan baik akan merasa senang dan bangga bila dihargai hasil kerjanya. Mungkin bisa dilakukan di dalam tim kerja masing-masing ataupun di acara khusus. Ini akan membuat karyawan lebih semangat lagi dalam bekerja ke depannya dan meningkatkan loyalitas kepada perusahaan.

 

8. Membuka Kotak Saran

Bila perusahaan sedang menghadapi situasi tertentu, coba membuka kotak saran supaya para karyawan bisa berpartisipasi menuangkan pendapat ke dalamnya. Ini juga dapat menumbuhkan rasa dihargai oleh perusahaan sehingga karyawan senang bekerja di perusahaan.

Cobalah beberapa tips di atas, sesuaikan dengan situasi perusahaan. Mana yang lebih praktis bisa dilakukan dan bisa membawa kemajuan perusahaan.