tentang saya di cv

Pencari Kerja Harus Tahu! Cara Ampuh Menulis Tentang Saya di CV

Bagian tentang saya di cv atau about me merupakan salah satu bagian singkat yang wajib tercantum dalam CV. Bagian ini berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai diri Anda sebagai seorang profesional, menggambarkan kekuatan terbesar Anda, dan menunjukkan pencapaian profesional Anda. 

Menulis bagian “about me” ini tidak boleh dilakukan asal-asalan, maka dari itu LinovHR telah merangkum informasi seputar cara penulisan tentang saya di CV hingga contoh deskripsi diri yang benar.

 

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menuliskan Deskripsi Diri

Sebelum mulai menuliskan contoh deskripsi diri Anda di CV, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut agar deskripsi diri Anda dapat tergambar dengan jelas:

 

Pengenalan Diri yang Tegas

Pengenalan diri yang ringkas sekaligus informatif lebih menarik minat pembaca atau recruiter, sehingga mereka akan tertarik untuk membaca dokumen Anda lebih dalam. 

Oleh sebab itu, buat pengenalan diri dengan pernyataan yang singkat, tidak bertele-tele, dan secara akurat mampu menggambarkan keterampilan dan kualifikasi diri Anda sepenuhnya. Sekedar tips, alangkah baiknya Anda memasukan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar agar semakin menarik perhatian recruiter.  

 

Organisir Tulisan Anda

Sebelum menulis contoh deskripsi diri di CV, alangkah baiknya Anda menyusun poin-poin utama untuk membantu penulisan deskripsi mengenai diri Anda terurai dengan ringkas dan jelas. Sebagai bahan pertimbangan, Anda dapat menuliskan “tentang saya” berdasarkan urutan kronologi atau berdasarkan topik. Misalnya, Anda dapat menulis tentang saya mulai dari pencapaian profesional, lalu nilai pribadi, dan terakhir tujuan masa depan Anda. 

 

Sertakan Pengalaman Profesional yang Paling Relevan 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara menulis tentang saya adalah Anda wajib menyertakan pengalaman profesional yang menggambarkan riwayat pekerjaan Anda sekaligus yang paling relevan dengan posisi yang dilamar. 

Gambarkan secara singkat dan jelas hasil yang Anda dapatkan dari pengalaman profesional tersebut. Tujuan dimasukkannya  pengalaman ini adalah untuk meyakinkan recruiter kualifikasi diri Anda cocok dengan posisi lowongan yang dibuka. 

 

Sebutkan Prestasi Profesional atau Pencapaian Pribadi 

Dalam menuliskan bagian “tentang saya”, Anda juga perlu menyebutkan prestasi atau penghargaan yang pernah diraih. Prestasi tersebut membuat CV Anda terlihat lebih unggul dan tentunya berpeluang besar dilirik oleh recruiter. Dengan menyebutkan prestasi profesional seperti promosi atau penghargaan, menunjukkan bahwa Anda unggul di tempat kerja sebelumnya. 

Sementara, pencapaian pribadi seperti terlibat dalam komunitas tertentu menunjukkan bahwa Anda memiliki dedikasi yang tinggi terhadap suatu hal. Dengan menuliskan tentang pencapaian pribadi atau profesional, menunjukkan bahwa Anda percaya diri dengan keterampilan dan kualifikasi Anda. 

 

Jujur

Saat menuliskan “tentang saya”, Anda harus belajar untuk jujur terhadap diri Anda sendiri. Tulis hal-hal yang memang sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan Anda. 

Sebab, apabila Anda menuliskan kebohongan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan kualifikasi Anda, maka Anda akan mengalami kesulitan saat berada di tahap seleksi berikutnya. Misalnya saat Anda berada di tahap interview, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh recruiter. 

 

Tekankan Kelebihan Anda

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis deskripsi diri di CV adalah menulis secara rinci sifat-sifat terbaik yang ada dalam diri Anda. tujuannya adalah memberikan pandangan kepada pembaca atau recruiter secara lebih lengkap mengenai siapa Anda sesungguhnya. Bagian deskripsi diri ini dapat menjadi peluang bagus untuk Anda dalam menunjukkan kelebihan yang dimiliki.

 

Baca Juga : Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan & Kekurangan Saat Wawancara Kerja

 

Contoh Deskripsi Diri dan Tentang Saya di CV

Agar Anda memiliki gambaran lebih jauh mengenai cara menulis tentang saya di CV dengan benar, berikut beberapa contoh kalimat tentang saya di CV dalam berbagai profesi:

 

Contoh Tentang Saya di CV Untuk Profesi Customer Service

Saya adalah Customer Service Specialist yang ramah dan profesional dengan pengalaman yang luas, khususnya dalam menyelesaikan keluhan dan masalah pelanggan. Memiliki keterampilan interpersonal yang kuat, dibuktikan melalui kepuasan pelanggan dan pengakuan dari rekan kerja. 

Serta, pemecah masalah yang kreatif dengan membangun program retensi pelanggan baru sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 20%. 

 

Contoh Deskripsi Diri Profesi Management

Seorang sale supervisor yang berprestasi dengan pengalaman luas sebagai pemimpin tim. Berupaya memperluas pertumbuhan karir dalam posisi sebagai sales manager. Memiliki pengalaman berkontribusi pada pelatihan karyawan baru dengan membantu departemen pelatihan mengemabangkan materi baru sehingga meningkatkan kepuasan dan produktivitas karyawan sebesar 30%. 

 

Contoh Kalimat Tentang Saya di CV Untuk Fresh Graduate

Pribadi yang sangat terorganisir dan berorientasi pada detail. Lulus dengan predikat kehormatan dari Universitas Indonesia dan mencari posisi entry-level sebagai akuntan. Saya pernah menjabat sebagai tutor untuk teman sebaya mengajarkan tentang akuntansi umum seperti penganggaran, memprediksi kejadian bisnis (forecasting), prinsip-prinsip akuntansi, dan undang-undang. 

 

Contoh Pengenalan Diri Untuk Profesi Guru

Guru sekolah menengah dengan 12 tahun lebih pengalaman yang mengajar siswa di SMA Bunda Persada, Jakarta. Menerima penghargaan terkait kepuasan mengajar sebesar 95% dari orang tua dan siswa masing-masing setiap tahun. Terjadi peningkatan nilai matematika dan fisika lebih dari 20% selama periode ini. Sedang mencari posisi sebagai Wakil Kepala Sekolah untuk melanjutkan hasrat saya dalam membina para siswa. 

 

Baca Juga : Tips Sukses Pengenalan Diri Saat Interview Pekerjaan

 

Contoh Tentang Saya di CV Profesi Content Writer

Content Writer yang sangat mahir dengan 6 tahun lebih pengalaman menulis artikel menarik untuk berbagai topik, khususnya topik gaya hidup dan traveling. Hasil karya saya pernah ditampilkan di National Geographic, Vogue Indonesia, dan VOA Indonesia. Memiliki latar belakang Magister di jurusan Jurnalistik dari Universitas Brawijaya dengan predikat Cumlaude. Sedang mencari posisi Travel Writer atau Lifestyles Writer untuk meningkatkan kemahiran saya dalam menulis dan keterampilan dalam melakukan riset penulisan.

 

Contoh Tentang Saya Untuk Profesi Market Research Analyst

Market research analyst dengan posisi entry-level memiliki kemampuan memecahkan masalah, penelitian, dan keterampilan analitis yang kuat. Pernah mengikuti mangan di Soraya Consulting, yang dimana saya menyiapkan analisis kelayakan untuk proyek perangkat lunak di Indonesia. 

Lulus dengan gelar Sarjana di bidang Ekonomi dari Universitas Padjadjaran dengan predikat Cumlaude. Sedang mencari posisi sebagai market research analyst untuk mengembangkan karir saya sebagai konsultan profesional. 

 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Gantt Chart + Template Gratis!

 

Itulah beberapa contoh deskripsi diri pada CV untuk beragam profesi. Usahakan buat deskripsi diri yang menarik, ringkas, dan jelas sehingga dapat menarik perhatian recruiter untuk membaca CV Anda hingga selesai. Pastikan penulisan deskripsi diri sesuai dengan kualifikasi diri dan keterampilan yang Anda miliki.