Kelebihan dan Kekurangan

Coba Sebutkan, Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Pada saat test wawancara sebuah perusahaan, tentu saja, ada banyak pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda, salah satunya adalah pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview pada dasarnya dibutuhkan oleh tim HRD sebuah perusahaan untuk mengukur kepribadian, cara kerja, pandangan, dan bagaimana cara berkomunikasi seorang kandidat dalam lingkungan kerja dan kepada atasannya kelak.

Seperti yang telah dibahas situs glassdoor.com, sesi wawancara perusahaan bisa menjadi sangat intim. Bisa jadi, Anda yang baru bertemu dengan pewawancara beberapa saat lalu, tiba-tiba saja menyerang Anda dengan serangkaian pertanyaan yang mendalam. Apa kelebihan Anda? Apa kekurangan Anda? Dan masih banyak lagi. 

Pertanyaan-pertanyaan semacam inilah yang nantinya memberikan kontribusi besar mengenai siapa diri Anda, bagaimana cara Anda merefleksikan diri dalam pekerjaan dengan jawaban jujur milik Anda. itu sebabnya, sesi pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview bisa menjadi momok paling menakutkan. Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengalami kejadian serupa, berikut adalah tips terbaik tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan interview seputar kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

 

 1. Jawab Pertanyaan dengan Jujur

Akan sangat mudah mengakui kelebihan-kelebihan yang Anda miliki dengan penuh kejujuran. Akan tetapi, beda halnya ketika Anda dihadapkan pada pertanyaan tentang kelemahan-kelemahan yang Anda miliki yang harus dijawab secara jujur. 

Kuncinya adalah, apapun kelemahan atau kekurangan yang Anda miliki, usahakan Anda menjawabnya dengan jujur dan penuh percaya diri. Setiap orang pasti memiliki kelemahan, hanya saja, Anda perlu mengungkapkan kelemahan yang Anda miliki dengan disertai solusi untuk mengatasinya sehingga jika kelak diterima di dalam lingkungan perusahaan, kekurangan tersebut tidak akan menghambat kinerja Anda.

 

Baca Juga :  Dibalik Pertanyaan Interview: Apa Rencana anda 5 Tahun Kedepan

 

2. Jangan Terlalu Rendah Diri untuk Mengungkapkan

Ketika mengungkapkan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki pada saat interview, sebaiknya ungkapkan secara wajar. Jangan terlalu rendah diri terutama ketika mengungkapkan kekurangan yang Anda miliki. Buang jauh pikiran negatif yang muncul di benak Anda ketika Anda menjawab pertanyaan seputar kekurangan diri Anda.

Kabar baiknya adalah, ada sebagian atasan yang lebih menghargai versi jawaban Anda. Menjawab kekurangan yang Anda miliki pada saat interview sejelas-jelasnya adalah tindakan berani yang kemungkinan besar akan dihargai atasan Anda dan menjadikan Anda kandidat terpilih untuk perusahaan. 

 

3. Jangan Salahkan Orang Lain

Ada banyak cara menjawab kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki tanpa menyalahkan orang lain, tentunya. Ketika Anda menyebutkan kekurangan Anda yang suka marah dan karena orang di sekitar Anda sulit diatur, atau, Anda yang tidak mudah bersosialisasi karena orang di sekitar Anda tidak bisa diajak kerjasama, Anda sama saja dengan menyalahkan orang lain dan menganggap diri Anda lah yang paling benar.

Tentu saja, contoh di atas adalah tindakan yang keliru, karena bagaimanapun, kekurangan Anda selalu menjadi tanggung jawab Anda, bukan orang lain. Jika Anda pernah melakukan kesalahan serupa, sebaiknya jangan diulangi, segera ubah sikap Anda agar sesuai dengan nilai-nilai dan budaya positif yang dimiliki oleh perusahaan tempat Anda bekerja kelak.

 

Baca Juga : Awas 7 Pertanyaan Interview ini Sebenarnya Menjebak Anda

 

4. Jawab Sesuai Porsinya

Berikan jawaban Anda secara profesional ketika ditanya tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki pada saat interview. Jangan terlalu panjang, juga jangan terlalu singkat, jangan terlalu mendramatisir keadaan, ungkapkan secara wajar tanpa melebih-lebihkan. 

Jika Anda terlalu singkat dalam memberikan jawaban, Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak kritis. Namun, jika Anda terlalu panjang menguraikan jawaban Anda, Anda akan dianggap orang yang suka melebih-lebihkan. Kedua hal tersebut sebaiknya Anda hindari karena tidak baik dan akan merugikan diri Anda jika tetap Anda lakukan.

 

5. Buat Daftar tentang Kelebihan dan Kekurangan yang Anda Miliki

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview adalah membuat list tentang kelebihan dan kekurangan Anda. 

 

Kelebihan

Jauh-jauh hari sebelum interview, persiapkan diri Anda untuk membuat list mengenai segala kemampuan yang Anda miliki. Buat juga daftar tentang pencapaian-pencapaian Anda di tempat kerja sebelumnya. Pastikan untuk memilah kemampuan dan pencapaian-pencapaian Anda terutama yang erat kaitannya dengan bidang perusahaan yang Anda lamar. 

Tujuannya adalah agar kemampuan yang Anda miliki dapat berguna di perusahaan baru yang Anda lamar kelak. Berikut adalah beberapa contoh list kemampuan dan pencapaian yang bisa Anda pakai untuk menjawab pertanyaan kelebihan Anda saat interview:

  • Komitmen tinggi terhadap pekerjaan
  • Percaya diri
  • Smart, pridadi yang menyenangkan dan mudah bekerjasama
  • Senang belajar hal-hal baru
  • Punya passion di bidang pekerjaan
  • Skill komunikasi yang baik
  • Penghargaan menjadi karyawan teladan
  • Mendapatkan sertifikat training
  • Dan masih banyak lagi.

 

Kekurangan

Anda juga perlu membuat list kekurangan yang Anda miliki serta solusi dari kelemahan Anda. Jika Anda menyebutkan kelemahan Anda serta cara pemecahannya pada sesi interview, Anda bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda adalah seorang problem solving yang baik bagi perusahaan Anda kelak.

Jika Anda adalah seorang fresh graduate dengan minim pengalaman, perlihatkan ketertarikan Anda pada jabatan yang Anda lamar. Anda juga bisa menjabarkan mengenai langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk menunjang karir Anda nantinya.

 

Baca Juga : Fresh Graduate VS Karyawan Berpengalaman, Rekrut yang Mana ?

 

Jika Anda melamar di bidang pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan statistik dan angka, Anda bisa mengatakan kekurangan Anda di pelajaran Matematika, akan tetapi, selipkan juga jawaban bahwa Anda sedang berusaha mengatasinya hingga saat ini.

Apakah Anda seorang fresh graduate ataupun seseorang dengan pengalaman di tempat kerja sebelumnya, jangan pernah meremehkan sesi tanya jawab seputar kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Pelajari dengan seksama, berikan jawaban terbaik, dan tunggu kabar gembira dari perusahaan yang Anda lamar. Selamat mencoba!.