23 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Kelebihan dan Kekurangan
Isi Artikel

Pada saat test wawancara sebuah perusahaan, tentu saja, ada banyak pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda, salah satunya adalah pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

Pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview pada dasarnya dibutuhkan oleh tim HRD sebuah perusahaan untuk mengukur kepribadian, cara kerja, pandangan, dan bagaimana cara berkomunikasi seorang kandidat dalam lingkungan kerja dan kepada atasannya kelak.

Seperti yang telah dibahas situs glassdoor.com, sesi wawancara perusahaan bisa menjadi sangat intim. Bisa jadi, Anda yang baru bertemu dengan pewawancara beberapa saat lalu, tiba-tiba saja menyerang Anda dengan serangkaian pertanyaan yang mendalam.

 

Alasan Adanya Pertanyaan Interview Kelebihan dan Kekurangan

Mungkin Anda juga bertanya-tanya mengapa seorang HR selalu menanyakan kelebihan dan kekurangan ketika sedang melakukan perekrutan karyawan baru.

Mungkin jawabannya cukup simpel, yaitu untuk mengukur berbagai kualitas yang kandidat miliki.

Tentunya menanyakan kelebihan dan kekurangan dari calon kandidat tidak tanpa alasan. Perusahaan ingin mengetahui cara terbaik mereka berkomunikasi dengan Anda jika nantinya Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Meskipun demikian, seorang HR juga tidak akan menelan mentah-mentah pernyataan yang telah Anda buat, melainkan memberikan beberapa tes lainnya untuk memastikan pernyataan yang Anda ucapkan benar adanya.

 

Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Apa kelebihan Anda? Apa kekurangan Anda? Serta masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan serupa yang cukup membuat Anda grogi.

Pertanyaan-pertanyaan semacam inilah yang nantinya memberikan kontribusi besar mengenai siapa diri Anda, bagaimana cara Anda merefleksikan diri dalam pekerjaan dengan jawaban jujur milik Anda.

Itu sebabnya, sesi pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview bisa menjadi momok paling menakutkan.

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami kejadian serupa, berikut adalah cara terbaik tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan interview seputar kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

 

 1. Jawab Pertanyaan dengan Jujur

Akan sangat mudah mengakui kelebihan-kelebihan yang Anda miliki dengan penuh kejujuran. Akan tetapi, beda halnya ketika Anda dihadapkan pada pertanyaan tentang kelemahan-kelemahan yang Anda miliki yang harus dijawab secara jujur.

Kuncinya adalah, apapun kelemahan atau kekurangan yang Anda miliki, usahakan Anda menjawabnya dengan jujur dan penuh percaya diri.

Setiap orang pasti memiliki kelemahan, hanya saja, Anda perlu mengungkapkan kelemahan yang Anda miliki dengan disertai solusi untuk mengatasinya sehingga jika kelak diterima di dalam lingkungan perusahaan, kekurangan tersebut tidak akan menghambat kinerja Anda.

 

Baca Juga :  Dibalik Pertanyaan Interview: Apa Rencana anda 5 Tahun Kedepan?

 

2. Jangan Terlalu Rendah Diri untuk Mengungkapkan

 

Kelebihan dan Kekurangan
Pertanyaan Interview Kelebihan dan Kekurangan

 

Ketika mengungkapkan kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki pada saat interview, sebaiknya ungkapkan secara wajar. Jangan terlalu rendah diri terutama ketika mengungkapkan kekurangan yang Anda miliki.

Buang jauh pikiran negatif yang muncul di benak Anda ketika Anda menjawab pertanyaan seputar kekurangan diri Anda.

Kabar baiknya adalah, ada sebagian atasan yang lebih menghargai versi jawaban Anda.

Menjawab kekurangan yang Anda miliki pada saat interview sejelas-jelasnya adalah tindakan berani yang kemungkinan besar akan dihargai atasan Anda dan menjadikan Anda kandidat terpilih untuk perusahaan.

 

3. Jangan Salahkan Orang Lain

Ada banyak cara menjawab kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki tanpa menyalahkan orang lain, tentunya.

Ketika Anda menyebutkan kekurangan Anda yang suka marah dan karena orang di sekitar Anda sulit diatur, atau, Anda yang tidak mudah bersosialisasi karena orang di sekitar Anda tidak bisa diajak kerjasama.

Anda sama saja dengan menyalahkan orang lain dan menganggap diri Anda lah yang paling benar.

Tentu saja, contoh di atas adalah tindakan yang keliru, karena bagaimanapun, kekurangan Anda selalu menjadi tanggung jawab Anda, bukan orang lain.

Jika Anda pernah melakukan kesalahan serupa, sebaiknya jangan diulangi, segera ubah sikap Anda agar sesuai dengan nilai-nilai dan budaya positif yang dimiliki oleh perusahaan tempat Anda bekerja kelak.

 

Baca Juga : Awas, 7 Pertanyaan Interview ini Sebenarnya Menjebak Anda

 

4. Jawab Sesuai Porsinya

 

Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dan Kekurangan

 

Berikan jawaban Anda secara profesional ketika ditanya tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki pada saat interview. Jangan terlalu panjang, juga jangan terlalu singkat, serta jangan terlalu mendramatisir keadaan, ungkapkan secara wajar tanpa melebih-lebihkan.

Jika Anda terlalu singkat dalam memberikan jawaban, Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak kritis. Namun, jika Anda terlalu panjang menguraikan jawaban Anda, Anda akan dianggap orang yang suka melebih-lebihkan.

Kedua hal tersebut sebaiknya Anda hindari karena tidak baik dan akan merugikan diri Anda jika tetap Anda lakukan.

 

5. Buat Daftar tentang Kelebihan dan Kekurangan yang Anda Miliki

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview adalah membuat list tentang kelebihan dan kekurangan Anda.

 

Contoh Jawaban Kelebihan Diri Sendiri

Jauh-jauh hari sebelum interview, persiapkan diri Anda untuk membuat list mengenai segala kemampuan yang Anda miliki.

Buat juga daftar tentang pencapaian-pencapaian Anda di tempat kerja sebelumnya. Pastikan untuk memilah kemampuan dan pencapaian-pencapaian Anda terutama yang erat kaitannya dengan bidang perusahaan yang Anda lamar.

Tujuannya adalah agar kemampuan yang Anda miliki dapat berguna di perusahaan baru yang Anda lamar kelak.

 

Menjawab Kelebihan dan kekurangan
Menjawab Kelebihan dan kekurangan

 

Berikut adalah beberapa contoh list kemampuan dan pencapaian yang bisa Anda pakai untuk menjawab pertanyaan kelebihan Anda saat interview:

 

1. Ingin Mempelajari Hal Baru

Perusahaan pastinya akan menyukai kandidat yang memiliki rasa ingin mempelajari hal-hal baru. Karena pada kenyataannya, banyak sekali hal baru yang akan mereka pelajari ketika telah diterima kerja.

Selain itu, perusahaan akan menilai Anda sebagai orang yang mau keluar dari zona nyaman. Namun, Anda tetap harus berkomitmen penuh sesuai dengan pernyataan Anda.

 

2. Memiliki Passion dalam Bidang yang Dilamar

Bekerja sesuai dengan passion atau hasrat merupakan nilai tambah jika Anda benar-benar memilikinya.

Perusahaan akan menilai hal tersebut secara positif karena pekerjaan-pekerjaan yang nantinya dibebankan kepada Anda dapat Anda kerjakan dengan senang hati.

 

3. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan komunikasi yang baik menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menonjolkan hal tersebut kepada HR ketika sedang interview.

Dengan begitu, Anda dinilai dapat menjalin hubungan kerja yang baik nantinya.

 

4. Mempunyai Komitmen Tinggi

Komitmen yang tinggi pada pekerjaan merupakan salah satu kelebihan yang disukai perusahaan. Tandanya, Anda merupakan orang yang siap memberikan dedikasi tinggi kepada kemajuan perusahaan.

Namun, Anda perlu menjawab dalam taraf yang normal. Artinya, jangan terlalu melebih-lebihkan pernyataan Anda karena hal ini tidak diperlukan.

 

5. Memiliki Inisiatif Tinggi

Anda dapat memberikan pernyataan bahwa Anda memiliki inisiatif yang tinggi dalam bekerja.

Tentunya Anda harus dapat memperlihatkan kelebihan tersebut seperti manajemen waktu yang baik, memiliki ide yang out of the box, serta senang membantu rekan kerja yang lain.

 

6. Dapat Mengatur Waktu Dengan Baik

Manajemen waktu yang baik tentunya akan berguna ketika Anda mendapatkan pekerjaan nantinya. S

etiap perusahaan pastinya menginginkan karyawan yang memiliki manajemen waktu yang baik karena hal tersebut mencerminkan integritas serta kinerja Anda kedepannya.

Dengan memasukkan jawaban ini ke dalam kelebihan Anda, maka potensi Anda untuk dilirik oleh HRD akan lebih baik.

 

7. Rapi dalam Bekerja

Bekerja tidak hanya membutuhkan kecepatan waktu dalam menyelesaikannya. Namun, membutuhkan ketepatan dalam mengerjakannya.

Oleh karena itu jika Anda adalah orang yang rapi dalam bekerja maka perusahaan menilai Anda adalah seseorang yang memperhatikan detail serta sesuai dengan aturan yang ada.

 

8. Mudah Beradaptasi dengan Cepat

Mampu beradaptasi dengan cepat merupakan salah satu poin kelebihan di mata perekrut.

Bentuk adaptasi ini bermacam-macam, seperti adaptasi alur pekerjaan, anggota tim, dan lingkungan kerja.

Orang yang mudah beradaptasi terlihat luwes dan bisa ditempatkan di berbagai posisi. Oleh karena itu, perekrut menilai kelebihan ini sebagai kelebihan yang positif.

 

9. Mampu Berpikir Kreatif

Apabila sedang melakukan interview untuk posisi kreatif seperti graphic designer, content creator, atau posisi lainnya yang sejenis, kelebihan ini wajib untuk disebutkan.

Pekerjaan untuk posisi tersebut dinilai memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi, sehingga kelebihan ini menjadi sangat penting.

Untuk semakin meyakinkan perekrut, berikan beberapa contoh portofolio atau hasil karya kreatif yang pernah dikerjakan.

 

10. Mampu untuk Multitasking

Jika Anda mampu untuk melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, Anda dapat menyebutkan poin kelebihan ini.

Sikap multitasking ini dapat menjadi poin plus untuk pelamar. Pasalnya, pekerjaan dianggap akan mudah diselesaikan dengan cepat.

 

11. Percaya Diri

Sikap percaya diri adalah salah satu kelebihan yang membuat pelamar menjadi unggul.

Ketika menyebutkan kelebihan ini, Anda perlu memberikan bahasa tubuh yang mendukung untuk menyakinkan perekrut.

Gunakan gestur yang percaya diri, namun tidak berlebihan. Anda juga dapat menceritakan pengalaman percaya diri Anda untuk semakin menyakinkan perekrut.

 

12. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Memiliki jiwa kepemimpinan adalah salah satu contoh kelebihan yang biasa digunakan untuk posisi manajerial atau kepemimpinan.

Kelebihan ini dianggap membuat kandidat menjadi unggul karena orang yang memiliki jiwa kepemimpinan akan mampu untuk membimbing atau menginspirasi sesama rekan kerja.

 

Contoh Jawaban Kekurangan Diri Sendiri

Anda juga perlu membuat list kekurangan yang Anda miliki serta solusi dari kelemahan Anda. Jika Anda menyebutkan kelemahan Anda serta cara pemecahannya pada sesi interview.

Anda bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda adalah seorang problem solving yang baik bagi perusahaan Anda kelak.

 

Jawaban Kelebihan dan Kekurangan
Jawaban Kelebihan dan Kekurangan

 

Jika Anda adalah seorang fresh graduate dengan minim pengalaman, perlihatkan ketertarikan Anda pada jabatan yang Anda lamar. Anda juga bisa menjabarkan mengenai langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk menunjang karir Anda nantinya.

Berikut beberapa contoh jawaban yang dapat Anda lakukan untuk menjawab pertanyaan kekurangan Anda saat interview:

 

1. Belum Memiliki Pengalaman yang Cukup

Umumnya, jawaban seperti itu disampaikan ketika Anda adalah seorang fresh graduate. Namun, Anda harus menyertakan pula bagaimana cara Anda mengatasi masalah tersebut sehingga HRD menilai Anda adalah seorang yang mampu berusaha.

Anda dapat menyertakan upaya penyelesaian dari masalah tersebut seperti sedang mengikuti kurus, pernah mengikuti seminar pelatihan skill, dan lainnya.

 

2. Kurang Sabar

Kurang sabar dalam melakukan pekerjaan memang merupakan hal yang tidak baik. Hal ini akan menimbulkan potensi kesalahan dalam bekerja dan lainnya. Namun, Anda perlu menceritakan bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan tersebut.

Anda dapat mengatakan bahwa rasa kurang sabar itu muncul ketika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dengan segera.

 

3. Kurang Mampu Berbahasa Asing

Bahasa asing saat ini memang merupakan hal yang patut dipelajari dan diasah. Namun, jika Anda memang benar-benar tidak baik dalam berbahasa asing, Anda dapat sampaikan hal ini kepada HRD ketika interview kerja.

Anda dapat menceritakan upaya memperbaikinya seperti sedang mengikuti kursus bahasa dan sebagainya.

 

4. Kurang Percaya Diri

Kurangnya percaya diri pasti akan menimbulkan masalah dalam bekerja. Anda mungkin kurang percaya diri ketika ingin menyampaikan pendapat atau berbicara kepada orang banyak.

Namun, Anda perlu memastikan kepada recruiter bahwa Anda dapat dan sedang memperbaikinya. Seperti mengikuti workshop, webinar, atau seminar mengenai public speaking.

 

5. Sering Lupa

Lupa memang hal yang manusiawi karena hal tersebut tidak dapat dihindari. Namun, Anda dapat mengatakan hal ini beserta dengan solusi yang Anda punya.

Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menempel beberapa catatan penting, membuat alarm pengingat, dan lain-lain.

 

6. Orang yang Keras Kepala

Keras kepala merupakan salah satu kekurangan yang sering disampaikan kepada HRD ketika interview kerja. Namun, Anda perlu mengatakan pula bagaimana cara Anda memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Anda dapat mencari solusi seperti berusaha meminta pendapat orang lain terhadap diri Anda, lebih suka mendengarkan daripada berbicara, dan lain-lain.

 

7. Tidak Dapat Berbagi Pekerjaan

Pastinya tidak semua pekerjaan dapat Anda selesaikan dengan sendiri. Anda perlu meminta bantuan atau memberikan tugas kepada rekan kerja lainnya.

Oleh karena itu, solusi yang perlu Anda sampaikan adalah dengan merencanakan pembagian tugas yang baik jika Anda berhasil diterima di perusahaan tersebut.

 

8. Sulit Mengambil Keputusan

Sulit mengambil keputusan dapat menjadi salah satu contoh kekurangan yang Anda sebutkan saat interview.

Rasa ragu memang bisa membuat Anda mengalami berbagai kesulitan. Namun, Anda perlu mengetahui solusi untuk mengatasinya.

Pada saat menyebut kekurangan ini, jelaskan juga kepada perekrut bahwa Anda memiliki solusi untuk mengatasinya.

9. Suka Overthinking

Sifat overthinking seringkali dialami oleh sebagian orang dan dapat menjadi kekurangan yang Anda sebutkan saat interview.

Jelaskan kepada perekrut bahwa Anda memiliki kekurangan ini, namun tetap memiliki solusi untuk mengatasinya.

Misalnya, Anda tetap optimis dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu meskipun terlalu memikirkan tugas yang dikejar deadline.

 

10. Terlalu Kritis pada Diri Sendiri

Contoh kekurangan berikutnya adalah memiliki sikap yang terlalu kritis terhadap diri sendiri.

Meskipun sikap ini berdampak positif pada hasil pekerjaan, namun Anda akan mudah lelah dan cenderung tidak membutuhkan bantuan.

Pada saat menjelaskannya, jawablah dengan memberikan solusi. Misalnya, Anda selalu mengapresiasi diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

11. Kurang Lancar Berbicara di Depan Umum

Kekurangan ini memang tidak mudah untuk dipelajari. Kemudian, tak semua posisi juga mewajibkan untuk memiliki kemampuan ini.

Namun, kekurangan ini akan memicu hambatan apabila posisi yang Anda lamar memiliki tugas untuk berbicara di depan umum.

Jelaskan kepada perekrut mengenai kekurangan ini. Sampaikan juga bahwa Anda tetap berusaha mempelajari kemampuan ini secara perlahan.

Apakah Anda seorang fresh graduate ataupun seseorang dengan pengalaman di tempat kerja sebelumnya, jangan pernah meremehkan sesi tanya jawab seputar kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

Pelajari dengan seksama, berikan jawaban terbaik, dan tunggu kabar gembira dari perusahaan yang Anda lamar. Selamat mencoba! .

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter