pertanyaan interview user

Masuk ke Tahap Interview User? Perhatikan 8 Hal ini!

Apakah Anda saat ini sedang mempersiapkan diri untuk agenda interview user yang akan berlangsung dalam waktu dekat? Jika demikian, Anda sudah berada pada artikel yang tepat. Di sini akan dibahas secara tuntas mengenai 8 hal penting yang perlu Anda perhatikan seputar interview user, mulai dari apa itu interview user? Apa sajakah pertanyaan interview user? Sampai dengan tips-tips interview user.

Apa itu interview user ?

Interview user adalah tahapan interview yang harus dilalui oleh seorang calon kandidat yang melamar pekerjaan untuk posisi atau jabatan tertentu dalam sebuah perusahaan untuk menemukan kecocokan antara user dengan calon kandidat dimana pewawancara adalah user atau pimpinan pada posisi atau jabatan terkait.

Perbedaan interview user dan HRD yang paling mencolok terletak pada tujuannya. Saat interview HRD bertujuan untuk mengenal dan menggali lebih dalam tentang kepribadian calon kandidat serta untuk mengetahui kompetensi apa saja yang dimiliki oleh calon kandidat, interview user bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan teknis pekerjaan dan chemistry antara user dengan kandidat.

Oleh sebab itu, Anda benar-benar harus mempersiapkan diri ketika menghadapi sesi interview user dengan memperhatikan 8 hal penting di bawah ini:

 

1. Pahami Posisi Pekerjaan yang Anda lamar

Pada saat Anda melamar posisi pekerjaan di sebuah job portal online, tentu Anda pun membaca job description yang tertera di bagian badan iklan lowongan, bukan? Ada baiknya, Anda screenshot dan simpan di ponsel Anda bagian tersebut karena suatu saat pasti akan sangat berguna jika Anda sampai pada saat sesi interview user.

Pelajari setiap tugas yang nantinya akan diberikan perusahaan kepada Anda jika Anda diterima di posisi pekerjaan tersebut. Apa sajakah kemampuan yang perlu Anda kuasai untuk bisa diterima pada posisi atau jabatan tersebut? Dan jenis kegiatan apa yang nantinya perlu Anda lakukan jika diterima? Jika Anda benar-benar mempelajarinya secara detail, Anda akan dapat menarik perhatian user dan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di perusahaan yang bersangkutan.

 

2. Lakukan Riset pada Perusahaan

Selanjutnya, Anda perlu melakukan riset seputar informasi penting perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan sebelum sesi interview user Anda hadapi. Cari tahu seputar info profil perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta kelebihan dan kekurangan perusahaan yang akan Anda tuju agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

 

3. Kenali User Anda

Anda sudah yakin telah memahami posisi yang Anda lamar, dan telah melakukan riset pada perusahaan yang bersangkutan? Jika jawabannya adalah iya, kini saatnya Anda mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang siapa user yang akan melakukan interview pada Anda.

 

Baca Juga : 10 Cara Mempromosikan Diri Saat Interview Paling Efektif

 

Kabar baiknya adalah, biasanya perusahaan akan memberikan undangan interview dengan disertai nama pewawancara atau user. Ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh Anda sia-siakan untuk menggali informasi secara detail mengenai user Anda baik melalui internet maupun teman Anda yang telah bekerja lebih dulu di perusahaan tersebut. 

Cari informasi seputar siapa user Anda? Apa sajakah skill dan keahlian yang dimilikinya? Bagaimana tipikal karyawan yang disukainya? Apakah user lebih suka berbicara secara formal atau kasual dengan karyawannya? Dan masih banyak lagi.

 

4. Latihan Praktik di Depan Cermin untuk Menjawab Pertanyaan

Terlihat sepele, akan tetapi, latihan praktik menjawab pertanyaan pada saat interview user seringkali ditinggalkan oleh calon kandidat. Padahal, jika Anda mempelajarinya dan mau mempraktikkannya, hal ini akan sangat membantu meningkatkan sisi kepercayaan diri Anda. 

Anda bisa tahu bagaimana mimik wajah Anda ketika menjawab pertanyaan, Anda juga pasti paham, apakah intonasi dan nada bicara Anda sudah benar? Atau, perlukah Anda memperbaikinya? Semua akan terlihat ketika Anda benar-benar mempraktikkannya di depan cermin.

Dilansir dari sitepoint.com , pertanyaan seputar interview user biasanya berkaitan dengan 5W dan 1H:

Who? 

Identifikasi siapa atau perusahaan mana yang paling ideal menerima keahlian, skill, dan keterampilan dan layanan jasa Anda?

 

What? 

Apa masalah yang bisa Anda selesaikan dalam posisi yang Anda lamar?

 

Where? 

Apakah skill Anda bisa dikembangkan secara periodik dari waktu ke waktu?

Atau hanya mutlak dan stagnan di satu titik dan tidak bisa dikembangkan lagi?

 

When? 

Apakah Anda lebih suka dengan pekerjaan lapangan atau outdoor

Atau Anda cukup duduk di meja kerja, bekerja hanya dibalik layar?

 

Why? 

Mengapa saya harus menerima Anda bekerja? 

 

How? 

Bagaimana cara Anda menyelesaikan beberapa tugas dalam waktu yang singkat?

Bagaimana Anda berinteraksi dengan karyawan lain di tempat kerja?

 

5. Persiapan Peralatan yang Harus Dibawa Ketika Interview

Jangan lupa untuk mengecek kembali isi dalam tas Anda beberapa hari sebelum wawancara, paling tidak satu hari sebelum hari H. Hal ini sangat diperlukan karena dengan mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan pada saat interview user, Anda akan memiliki kepercayaan diri lebih daripada sebelumnya. 

Selain buku catatan kecil, pulpen, pensil, tipe-x, dan penghapus, Anda juga perlu mempersiapkan air minum, permen, cokelat, dan beberapa makanan ringan untuk menghilangkan nervous yang berlebihan pada diri Anda yang mungkin bisa muncul pada saat interview.

 

6. Datanglah Tepat Waktu!

Kesan pertama selalu menjadi bagian yang penting pada saat proses seleksi dan rekrutmen karyawan, terutama saat interview user. Apalagi, jika perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan adalah perusahaan yang membutuhkan kedisiplinan. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk datang tepat waktu atau 30 menit sebelum sesi interview user dimulai.

Jangan biarkan user memberi nilai minus kepada Anda karena Anda datang terlambat dan membiarkannya menunggu. Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal agar tidak terlambat datang saat interview user.

 

Baca Juga : Pulang Kerja Tepat Waktu Tanda Tak Produktif ?

 

7. Jangan Ragu untuk Bertanya 

Biasanya, pada saat interview user, pewawancara atau user akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya. Itu sebabnya, Anda perlu membuat daftar pertanyaan seputar pekerjaan yang akan Anda lamar kelak. Namun, alangkah baiknya Anda bersabar sampai saat itu tiba. Jangan bertanya terlebih dahulu sebelum user memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertanya.

Ketergesa-gesaan membuat user menganggap Anda adalah orang yang ceroboh dan tidak teliti. Bersabarlah, jawab pertanyaan dengan baik, dan jangan ragu untuk bertanya bila tiba waktunya diberikan oleh user.

 

8. Bersikap Sopan Saat Interview dan Tunjukkan Sisi Unik Anda

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika menghadapi sesi interview user adalah bersikap sopan saat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh user, dan jawab dengan menunjukkan sisi unik diri Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain.

 

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Gagal Interview

 

Tunjukan bahwa Anda spesial karena memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki orang lain. Anda spesial karena mampu menghadapi situasi sulit dengan tetap bersabar dan menjaga sikap Anda untuk tetap sopan. Anda spesial karena Anda adalah seorang problem solving yang baik, yang memandang masalah sebagai tantangan yang harus segera diselesaikan, dan begitu tantangan itu selesai, Anda sudah bersiap untuk tantangan-tantangan berikutnya.

Beberapa contoh sisi unik di atas tentunya tidak dimiliki oleh satu individu saja, oleh karena itu, alangkah baiknya tetap menyampaikan sisi unik yang Anda miliki secara jujur, proporsional, wajar, dan tidak melebih-lebihkan.

Anda tidak harus berpengalaman dalam hal interview user, karena semakin Anda berpengalaman dalam proses interview user, itu sama saja dengan menunjukkan bahwa Anda berkali-kali telah gagal sehingga harus mengikuti banyak interview user di perusahaan yang berbeda. Jika mungkin, cukup satu kali saja interview user harus Anda lalui, pelajari 8 hal penting di atas, dan jadikan interview user Anda sebagai satu kali pengalaman berharga selama-lamanya dalam hidup Anda.