core competencies

7 Core Competencies HRD dalam Perusahaan

Ada berbagai macam kompetensi yang diperlukan untuk mendukung operasional. Core competencies atau kompetensi inti berperan penting. Sebab, kompetensi inti inilah yang akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan perusahaan. Setiap divisi atau posisi mempunyai core competencies yang berbeda. 

 

Pengertian Core Competencies

Core competencies atau kompetensi inti adalah kapabilitas atau kemampuan dari karyawan yang membentuk keunggulan strategis dalam suatu bisnis. Perkembangan bisnis beberapa tahun terakhir mengharuskan perusahaan  fokus pada kompetensi inti bagi setiap posisi agar posisi yang ada dapat memberikan kinerja terbaiknya dalam sebuah perusahaan. Beberapa contoh core competencies  yang umum dan dibutuhkan di berbagai divisi adalah kemampuan analitis, berpikir kritis, dan problem solving. 

Bahkan HRD yang memiliki kewajiban untuk mengelola core competencies dalam perusahaan pun memiliki core competencies yang wajib dikuasai agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Core Competencies Wajib  HRD

Jika merujuk ke proses tradisional, tanggung jawab HRD hanya seputar pengelolaan, rekrutmen, penggajian, dan lain-lain. Namun, perkembangan bisnis yang kian pesat membuat HRD menangani hal lain yang lebih beragam seperti merancang employer branding dan bersaing dengan kompetitor saat melakukan rekrutmen. Hal ini tentu tidak mudah. Itulah sebabnya kompetensi seorang HR turut berkembang seiring dengan bertambahnya tanggung jawab dan fungsi nya. 

Core competencies yang harus dimiliki HRD antara lain: 

 

Komunikasi yang efektif

Seorang profesional HRD harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif. Hal ini dikarenakan HRD berhubungan langsung dengan banyak orang, baik kandidat maupun karyawan. HRD harus secara aktif mendengarkan untuk memahami perspektif orang lain serta membawa diskusi yang lebih terbuka bahkan dengan jajaran manajerial. Komunikasi yang efektif juga membantu HRD untuk menangani keluhan karyawan serta mengelola konflik perusahaan.

 

Membangun Relasi

Membangun relasi antara karyawan dan divisi lain adalah salah satu komponen penting untuk menyatukan bisnis. Relasi ini membantu  memaksimalkan potensi perusahaan dan mempertahankan perusahaan di tengah kompetisi. Oleh karena itu, para profesional HRD harus membangun hubungan antar setiap departemen agar dapat berkembang bersama. Selain itu, lingkungan tempat kerja memiliki individu yang beragam. Profesional HRD harus memperkenalkan kebijakan yang  inklusif agar semua orang merasa terlibat dalam perusahaan.

 

Keterampilan Beradaptasi

Dunia bisnis berubah setiap saat. Banyak perubahan yang ada akan mempengaruhi pola kerja dan kebijakan dalam perusahaan. Untuk membina lingkungan kerja yang sehat, HRD harus menyusun taktik  untuk membuat karyawan tetap terlibat secara aktif dalam kondisi apapun. Contohnya dalam pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, HRD dapat menetapkan program work from home untuk menekan kemungkinan infeksi COVID-19 di lingkungan kerja serta membangun dukungan mental bagi karyawan yang merasa burn out saat work from home.

 

Keterampilan Teknologi

Digitalisasi tidak dapat dihindari. HRD profesional harus mampu beradaptasi dengan teknologi baru. Implementasi teknologi dalam ruang lingkup HED dapat mempermudah kinerja lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh, Software HRD dari LinovHR dapat mengelola dan mengotomatisasi segala tugas administrasi mulai dari pengelolaan gaji, absensi, penyusunan program pelatihan dan pengembangan, rekrutmen, dan lain-lain. Dengan begitu HRD punya waktu lebih untuk memfokuskan perhatian kepada aspek lain yang urgent. 

 

Terus Belajar

Budaya perusahaan yang sehat adalah budaya yang mendukung proses pembelajaran secara kontinu. HRD pun juga wajib mempelajari perkembangan SDM  agar mampu menyesuaikan diri dengan perusahaan yang ada. Untuk mendukung program pembelajaran, HRD bisa menyusun berbagai pelatihan dan pengembangan karyawan guna memperbaiki atau meningkatkan skill tiap-tiap divisi termasuk HRD itu sendiri. 

 

Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah salah satu atribut core competencies terpenting HRD. Sebab tantangan kerja HRD kian kompleks dan membutuhkan analisis lebih dalam mengenai hal ini.  Sangat penting untuk menganalisis situasi dan membuat keputusan secara kritis. Berpikir kritis juga membantu menghasilkan perspektif rasional untuk menghadapi situasi sulit dengan mudah. 

 

Kemampuan Interpersonal

Orang-orang dengan keterampilan interpersonal tinggi adalah komunikator yang baik secara intuitif dan manajer yang efisien. Keterampilan interpersonal memungkinkan seseorang untuk berhasil berkomunikasi dengan orang lain di tempat kerja dan di komunitas yang lebih luas. Mengekspresikan rasa hormat, menyelesaikan konflik, dan mendengar dengan baik adalah keterampilan interpersonal yang layak dipelajari untuk setiap profesional HRD. Beberapa orang terlahir dengan kemampuan seperti ini, tetapi kemampuan interpersonal semua  orang dapat ditingkatkan lebih baik dengan latihan. 

 

Software HRD LinovHR: Kelola Core Competencies Tiap Divisi Lebih Efektif

Seperti yang diketahui, HRD memiliki peranan dan tanggung jawab yang cukup besar bagi perkembangan karyawan. Tanpa HRD, perusahaan akan kesulitan untuk memaksimalkan kinerja karyawan dengan tepat. Sayangnya kinerja HRD sering terhambat akibat berbagai pengelolaan administrasi yang masih dijalankan dengan sistem manual. Padahal, ada tugas HRD lain yang menunggu dan harus diselesaikan dengan cepat dan cermat, yaitu mengelola core competencies atau kompetensi inti karyawan. 

Jumlah karyawan yang tak sebanding dengan HRD juga menjadi masalah lain yang dihadapi. Setiap periode tertentu HRD akan menyelenggarakan competency assessment untuk meninjau seberapa perkembangan kompetensi karyawan di perusahaan. Kemudian HRD juga harus menetapkan core competencies baru apa saja yang harus dimiliki tiap divisi atau posisi. 

Untuk menyukseskan pengelolaan core competencies, Software HRD dari LinovHR melalui modul competencies mampu membantu HRD mengelola kompetensi lebih mudah. Dengan demikian perkembangan tiap divisi dan individu dapat dikembangakn secara kontinu dan lebih sistematis. Masih banyak modul dan fitur yang dapat memudahkan HR dalam menjalankan tugas-tugasnya,  Hubungi kami lebih lanjut,lewat sini!  Dan mudahkan semua pekerjaan anda sebagai seorang HR