decision tree

Decision Tree: Merumuskan Keputusan di Antara Banyak Pilihan

Dalam keadaan yang mengharuskan untuk menarik keputusan secara cepat dan tepat, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Untuk itu, decision tree adalah solusi yang tepat bagi Anda untuk mempermudah dalam menyimpulkan sebuah keputusan khususnya dalam bisnis.

 

Pengertian Decision Tree

Decision tree adalah pohon keputusan yang akan mengubah banyak data menjadi suatu keputusan. Decision tree merupakan sebuah alat pendukung dalam pengambilan keputusan yang menggunakan konsep dalam bentuk pohon. 

Decision tree atau pohon keputusan adalah pengambilan keputusan secara objektif dan melalui perhitungan yang sangat matang. Cabang tersebut dimulai dari root node hingga leaf node.

Teknik dari penggunaan pohon keputusan ini adalah dengan menggabungkan node atau keputusan yang nantinya akan disambungkan oleh cabang yang bergerak ke bawah. Menggunakan konsep pohon keputusan akan membantu Anda untuk memberikan pandangan yang seimbang karena didasarkan perhitungan risiko dan juga kemudahan yang kemungkinan akan didapat pada setiap keputusan.

Dalam lingkup kerja, pohon keputusan dapat membantu para karyawan untuk mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara objek, dan juga memilih salah satu yang terbaik dari banyaknya keputusan.

Penggunaan teknik decision tree atau pohon keputusan ini cukup populer karena mudah dimengerti dan juga diinterpretasikan oleh banyak orang.

Manfaat Menggunakan Decision Tree

Untuk mengambil sebuah keputusan dari banyaknya solusi, menggunakan teknik pohon keputusan adalah pilihan yang tepat. Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan decision tree atau pohon keputusan ini.

 

Memberikan Kejelasan

Menggunakan teknik pohon keputusan dapat memberikan kejelasan dari setiap risiko, pilihan, dan tujuan dari pengambilan keputusan. Sehingga Anda dapat menentukan tindakan yang memiliki kemungkinan terbaik.

 

Efisien Waktu

Menggunakan teknik pohon keputsan akan menampilkan informasi yang tepat dan cepat sehingga Anda tidak perlu memakan waktu yang lama dalam mengambil sebuah keputusan

 

Memperkecil Pengaruh Orang Lain

Mempertimbangkan keputusan orang lain dalam mengambil keputusan memang bisa menjadi sebuah pilihan. Tetapi, jika terlalu mengandalkan keputusan orang lain akan berisiko pada hasil keputusan Anda.

 

Baca Juga: Dapatkan Investor dengan Menggunakan Pitch Deck

 

Kelebihan Menggunakan Decision Tree

Menggunakan decision tree atau pohon keputusan ini akan memudahkan Anda untuk menemukan beberapa keputusan dan memilihnya secara tepat. Untuk itu, terdapat beberapa kelebihan yang Anda dapatkan jika menggunakan teknik pohon keputusan ini.

  • Objek keputusan yang tadinya bersifat umum dan sangat luas, dapat diubah menjadi lebih spesifik
  • Menghilangkan beberapa elemen perhitungan yang tidak digunakan, dan hanya memasukkan sampel uji berdasarkan kriteria
  • Mudah untuk dianalisis
  • Dapat dibuat secara numerik atau kategori
  • Mudah dimengerti dan juga dipahami banyak orang
  • Mudah untuk mengklasifikasikan objek terbaik, terburuk, dan juga objek yang diharapkan
  • Dapat dikombinasikan dengan metode keputusan lainnya

 

Kekurangan dari Decision Tree

Walau memiliki ragam kelebihan, decision tree atau pohon keputusan memiliki kekurangan. Diantaranya: 

  • Kurang stabil, karena perubahan kecil yang terdapat dalam objek dapat menghasilkan perubahan besar dalam struktur pohon keputusan yang optimal
  • Overlap, jika dalam pengambilan keputusan terdapat banyak data yang membutuhkan waktu dalam pengambilan keputusan
  • Pohon keputusan bisa saja error jika dalam jumlah besar
  • Sulitnya dalam mendesain pohon keputusan yang optimal

 

Cara Membuat Decision Tree

Jika Anda sudah memahami kelebihan dan juga kekurangan dari decision tree, maka Anda sudah siap untuk membuatnya. Pohon keputusan ini bisa dibuat secara digital dan juga manual.

Membuat decision tree secara digital bisa menggunakan software dan juga website seperti :

  • Lucidchart
  • Miro
  • Smartdraw 

 

Selain menggunakan digital, Anda dapat membuat sendiri pohon keputusan secara manual. Berikut ini adalah cara membuat decision tree secara manual.

 

Tulis Keputusan yang Akan Anda Ambil

Pertama, buat keputusan yang akan Anda ambil.

Siapkan kertas lembar, Anda bisa memulai dengan membuat kotak di paling atas. Lalu buat garis pada setiap pilihan solusi yang dibuat. Tulis setiap solusi-solusi yang akan Anda buat. Buatlah setiap garis dengan jarak yang jauh agar Anda dapat memperluas setiap pilihan berikutnya.

 

Selalu Pertimbangkan Garis yang Dibuat

Setelah Anda membuat garis solusi, jangan lupa untuk mempertimbangkannya. Jika keputusan yang dibuat masih belum pasti, buatlah lingkaran kecil pada pada ujung garis.

Jika Anda ingin menambahkan solusi lain, buatlah kotak di ujung garis. Tetapi jika sudah tidak ada solusi yang ingin ditambahkan, biarkan ujung garis tersebut kosong.

 

Lanjutkan Pada Proses yang Sama

Jika sudah membuat perpanjangan keputusan dari setiap garis, ulangi pada proses yang sama.

Gambarlah garis baru di samping persegi atau lingkaran yang Anda buat. Lalu tuliskan solusi di atas garis tersebut. Ulangi proses tersebut hingga Anda menyelesaikan setiap garis solusi.

 

Tetapkan Nilai Pada Setiap Kemungkinan Solusi

Jika setiap garis solusi sudah menemukan hasil, buatlah nilai pada setiap hasilnya. Penentuan nilai bisa dibuat berupa angka atau nilai angka atau penilaian abstrak.

 

Baca Juga: Apa Lapangan Kerja Adalah Solusi Mengurangi Pengangguran?

 

Penerapan Decision Tree

Selain membantu dalam mengambil keputusan, banyak hal yang bisa digunakan dalam menggunakan konsep ini. Contoh penerapan konsep pohon keputusan ini digunakan oleh perusahaan adalah untuk:

 

Melihat Peluang Pertumbuhan

Salah satu contoh dari penerapan decision tree ini adalah untuk melihat prospek pertumbuhan bisnis dilihat dari data historis. Konsep ini akan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan perubahan dalam strategi bisnis dilihat dari data historisnya

 

Mencari Konsumen Baru

Sebuah perusahaan wajib mencari konsumen baru untuk mempertahankan bisnis. Strategi yang digunakan perusahaan adalah mempelajari perilaku konsumen, kemudian menentukan konsumen mana yang akan diincar.

 

Decision tree atau pohon keputusan bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat keputusan secara cepat dan tepat. Selain memiliki beberapa kelebihan yang akan memudahkan Anda, konsep pohon keputusan juga memiliki beberapa kekurangannya. Maka dari itu, buatlah pohon keputusan ini dengan lengkap agar dapat menemukan sebuah keputusan dan jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan dari setiap solusi.