pitch deck

Panduan Membuat Pitch Deck untuk Mendapatkan Investor

Apakah Anda baru memasuki dunia startup dan sedang membutuhkan pendanaan awal? Persiapan awal yang harus Anda lakukan adalah mempresentasikan program bisnis Anda kepada investor.

Untuk menampilkan presentasi yang menarik di mata investor, Pitch Deck adalah hal penting bagi Anda untuk menunjukan kelayakan Anda mendapatkan pendanaan.

Tetapi masih banyak yang belum mengetahui Pitch Deck itu sendiri. Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami Pitch Deck dan juga cara membuatnya.

 

Pengertian Pitch Deck

Pitch Deck adalah presentasi singkat yang membantu Anda untuk menjelaskan rencana bisnis yang sedang dijalankan. Atau, Pitch Deck adalah presentasi singkat berbentuk slide yang akan membantu untuk menyampaikan informasi bisnis Anda kepada audiens.

Selain menjelaskan rencana bisnis, Pitch Deck juga dapat membantu Anda saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau mencari co-founder bisnis Anda.

Pitch Deck berisi tentang penjelasan singkat mengenai program bisnis yang akan Anda jalani dan juga tujuan dari bisnis tersebut.

Tujuan dari pembuatan Pitch Deck ini adalah untuk mendapatkan dana investor. Agar dapat menarik minat investor, Pitch Deck tidak bisa asal buat. 

Investor dan juga audiens hanya membutuhkan garis besar dari program bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus bisa mempresentasikan program bisnis Anda secara singkat dan juga informatif.

 

Baca juga: 10 Tips Menggaet Investor Untuk Bisnis

 

Cara Membuat Pitch Deck

Setelah Anda memahami tentang Pitch Deck. Langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat Pitch Deck bisnis Anda sendiri. Berikut ini adalah cara membuat Pitch Deck untuk menarik minat investor.

 

  • Buat Pitch Deck Berjumlah 10-12 Slide

Karena Anda hanya membutuhkan waktu singkat untuk mempresentasikan rencana bisnis Anda, buatlah secara singkat Pitch Deck yang akan digunakan. Idealnya, jumlah slide yang dibutuhkan berjumlah 10 hingga 12 slide.

Agar presentasi Anda lebih menarik lagi, jangan terlalu memasukan banyak tulisan di dalam presentasi Anda. Cukup memasukan gambar atau keyword, dan untuk melengkapinya Anda bisa menjelaskannya secara langsung.

 

  • Cantumkan Nama Founder dan Tim

Bisnis yang sukses di dalamnya terdapat tim pendukung yang turut membantu penyuksesan bisnis. Jangan lupa cantumkan founder dan juga nama tim yang tergabung dalam bisnis Anda.

Sebutkan nama dan jelaskan job description dari tiap bagian. Bagian ini juga berfungsi sebagai proses pengenalan dan juga pendekatan dengan investor dan juga audiens. Jelaskan job description tiap orang secara rinci agar investor lebih yakin untuk mendanai bisnis Anda.

 

  • Tampilkan Gambaran Contoh Produk Bisnis

Dalam bagian ini, tampilkan gambar tentang produk bisnis Anda secara detail. Jika produk bisnis Anda adalah software, tampilkan screenshot mengenai software Anda dengan lengkap.

 

  • Jelaskan Potensi Dasar dalam Bisnis Anda

Bagian ini Anda diminta untuk menjelaskan seberapa besar potensi bisnis Anda di pasaran. Pada poin ini Anda menjelaskan latar belakang kenapa Anda membuat bisnis.

Pada penjelasan potensi dasar inilah yang menjadi penentuan investor untuk mendanai bisnis Anda. tampilkan grafik yang menjadi kerugian di masa lalu dan juga pertumbuhan potensial di masa depan. Sehingga investor akan menghitung ROI (Return on Investment) dan juga potensi pada investasi mereka.

 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Minutes Of Meeting

 

  • Jelaskan Pesaing Bisnis Anda

Selanjutnya, jelaskan mengenai pesaing bisnis Anda.

Sebutkan kekurangan yang ada pada pesaing bisnis Anda dan juga kelebihan apa yang bisnis Anda punya untuk mengungguli pesaing bisnis. Jangan lupa untuk menyebutkan strategi bisnis yang akan Anda dan tim jalani.

 

  • Sampaikan Kondisi Keuangan Bisnis Anda

Dana menjadi sumber utama untuk menjalankan suatu bisnis. Untuk itu, Anda bisa jelaskan kondisi mengenai keuangan yang ada pada bisnis Anda.

Investor akan melihat laju keuangan pada bisnis Anda. Biasanya poin yang dilihat adalah laporan laba rugi, perkiraan penjualan, dan laporan arus kas.

 

  • Jelaskan Risiko yang Mungkin Terjadi

Risiko dalam merintis suatu bisnis pasti akan terjadi. Jelaskan risiko apa saja yang mungkin akan terjadi pada bisnis Anda. Hal tersebut agar investor bisa lebih yakin dan juga tidak menyiakan dana yang telah mereka keluarkan.

 

Baca juga: 7 Tips Manajemen Anggaran dalam Pengelolaan Karyawan

 

Tips Menggaet Investor dengan Pitch Deck

Pengemasan ide yang menarik adalah strategi yang tepat untuk menggaet minat para investor. Dana yang diberikan oleh investor akan membantu laju bisnis Anda semakin pesat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menggaet minat Investor.

 

  • Buatlah presentasi yang menarik
  • Yakinkan investor dengan presentasi dan juga penjelasan mengenai bisnis Anda
  • Bangun hubungan yang baik dengan investor
  • Kuasai presentasi Anda dengan latihan terus-menerus
  • Berpikir praktis
  • Ajukan dana yang memang dibutuhkan dalam bisnis Anda
  • Buat solusi dari bisnis Anda

 

Kesimpulan

Pitch Deck adalah informasi singkat mengenai informasi bisnis, tujuan bisnis, hingga strategi bisnis yang akan ditujukan kepada investor atau konsumen.

Tujuan utama Pitch Deck ini adalah untuk mendapatkan dana dari para investor. Bagi Anda yang sedang merintis sebuah usaha, Pitch Deck dapat membantu Anda untuk presentasi di hadapan investor.

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah mempunyai gambaran tentang Pitch Deck yang akan Anda buat. Buat semenarik mungkin dan kuasai dengan baik sehingga bisnis Anda bisa mendapatkan dana investor.

Jangan lupa untuk terus berlatih agar Anda lebih fokus kepada tujuan dari bisnis. Seorang investor akan melihat kesiapan dan juga keseriusan bisnis dari persiapan yang Anda lakukan.