enneagram personality test

Cari Tahu Jenjang Karir Terbaik Anda Berdasarkan Enneagram Test

Dalam memilih sebuah karir, diperlukan pertimbangan dan kemampuan yang matang.

Seringkali orang keliru atau salah memilih karir yang sesuai dengan kemampuan atau keinginan orang tersebut.

Salah satu cara yang saat ini bisa digunakan dalam membantu seseorang menentukan jenjang karirnya yaitu dengan melakukan tes kepribadian.

Enneagram Test adalah salah satu tes kepribadian yang ada saat ini. Maka dari itu, dalam artikel ini, LinovHR akan membahas mengenai cara mengetahui jenjang karir terbaik melalui tes kepribadian satu ini.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

Apa itu Enneagram Personality Test?

Tahukah Anda, bahwa Enneagram Test merupakan salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia saat ini setelah MBTI test?

Enneagram sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni Ennea yang artinya sembilan, dan juga Grammos yang artinya gambaran akan sesuatu. Secara harfiah Enneagram berarti penggambaran yang ada sembilan.

Namun, arti luas dari Enneagram Test adalah sebuah tes yang digunakan untuk mencari tahu jenis kepribadian yang dimiliki oleh setiap manusia.

Dalam tes ini, kepribadian manusia tersebut dibedakan menjadi 9 jenis kepribadian, yang memiliki hubungan dan juga karakteristiknya masing-masing.

Selain dapat mengetahui kepribadian dari seseorang, tes satu ini juga bisa menggambarkan kelebihan, kelemahan, sifat, pemikiran, insting, dan juga perasaan dari seseorang. Secara sederhana tes ini membantu untuk mengetahui hal-hal yang melekat di dalam diri seseorang.

 

Baca juga: Self Esteem Bantu Tingkatkan Jenjang Karir Anda Lebih Cerah

 

Tipe-Tipe Kepribadian dari Enneagram Test

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa di dalam Enneagram Test, terdapat sembilan (9) kepribadian yang digambarkan, diantaranya:

 

  1. The Reformer

Tipe yang pertama ini disebut juga sebagai tipe perfeksionis yang suka dengan kesempurnaan. Orang dengan tipe satu ini, memiliki standar yang tinggi akan suatu hal. Selain itu, orang dengan tipe reformer ini memiliki rasionalitas yang tinggi, begitu juga dengan idealismenya.

Orang-orang dengan tipe ini cenderung memiliki jiwa yang kuat dan selalu terobsesi dengan kesempurnaan. Tipe karir yang cocok untuk orang dengan kepribadian ini, yaitu akuntan, editor, arsitek, atau juga ahli bedah.

 

  1. The Helper

Orang-orang dengan tipe kedua ini memiliki jiwa penolong atau peduli dengan orang lain. Kepribadian ini digambarkan dengan orang yang memiliki hati lembut dan rela berkorban demi kepentingan orang lain.

Orang dengan tipe ini cenderung memiliki rasa yang tulus dan selalu berempati dengan orang lain. Secara mudahnya, orang dengan tipe kepribadian satu ini suka bekerja dan menolong orang lain. Tipe karir yang cocok untuk The Helper, yaitu suster, Doula, kerja pada lembaga amal/non-profit, Wedding Photographer.

 

  1. The Achiever

Penuh semangat, energi, ambisius, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi adalah gambaran yang pas untuk orang-orang dengan tipe kepribadian ini.

Orang dengan kepribadian satu ini memiliki orientasi pada pencapaian atau prestasi. Orang dengan kepribadian ini suka dengan tantangan dan cenderung melakukan banyak pekerjaan di dalam satu waktu. Mereka sangat ahli dan mampu untuk mengambil keputusan dengan cepat, serta tidak suka membuang waktu untuk terlalu banyak berpikir.

Tipe karir yang cocok untuk The Achiever, yakni pengusaha, CEO, Marketing Director, Desainer.

 

  1. The Individualist

Individualist adalah tipe kepribadian yang sensitif, introspektif, kreatif, ekspresif, dan mampu untuk mengekspresikan dirinya kepada banyak orang.

The Individualist sangat menginginkan kebebasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, dan menyukai melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passionnya. Tipe pekerjaan yang pas untuk kepribadian ini, yaitu seniman, penulis, agensi periklanan, pekerjaan yang berhubungan dengan social media.

 

  1. The Investigator

Sesuai dengan namanya, kepribadian ini memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka cenderung suka untuk mencari tahu hal-hal yang baru, dan gemar untuk selalu berpikir sepanjang waktu.

Orang-orang dengan kepribadian ini ditandai dengan mandiri, inovatif, pandai menemukan suatu solusi. Namun, mereka tidak suka berada di lingkungan yang terdapat banyak orang, dan cenderung membutuhkan waktu lebih banyak untuk diri sendiri.

Tipe karir yang cocok bagi kepribadian ini, yaitu jurnalis, engineer, researcher, web developer.

 

  1. The Loyalist

The Loyalist memiliki komitmen, tanggung jawab, dan kesetiaan yang tinggi. Selain itu, mereka juga seorang pekerja keras dan memiliki hati yang hangat bagi orang-orang di sekitarnya.

Tipe loyalist selalu mencari hal yang aman bagi hidupnya, mereka tidak suka untuk mengambil risiko yang bisa membahayakan hidupnya. Disamping kelebihannya itu, seorang loyalist seringkali kurang percaya diri, mudah cemas, dan selalu meragukan dirinya sendiri.

Tipe karir yang cocok untuk the loyalist, yakni bankir, paralegal, dokter gigi.

 

  1. The Enthusiast

Tipe kepribadian yang ketujuh ini suka sekali dengan kebebasan dan tidak menyukai keterikatan dengan aturan.

The Enthusiast selalu memiliki aura yang positif dan bisa menghadirkan kegembiraan di antaranya orang banyak. Tipe ini cenderung mengambil keputusan dengan cepat, dan kurang matang. Serta memiliki tingkat spontanitas yang tinggi.

Tipe karir yang cocok dengan tipe kepribadian ini adalah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas yang tinggi, seperti content creator, penata rambut, aktor, chef, dan sejenisnya.

 

  1. The Challenger

Tipe orang yang menyukai tantangan adalah gambaran yang cocok untuk The Challenger. Orang tipe ini cenderung dominan, memiliki rasa percaya diri tinggi, dan berjiwa melindungi.

The Challenger tidak suka dikontrol oleh orang lain, karena sifatnya yang dominan tersebut, orang-orang tipe ini sangat mandiri dan memiliki semangat tinggi, yang lebih ke arah otoriter, egois, dan kurang peka terhadap lingkungannya.

Tipe karir yang cocok untuk orang dengan tipe kepribadian ini, yaitu CEO, jajaran direksi perusahaan, pemimpin/atasan.

 

  1. The Peacemaker

Tipe kepribadian yang terakhir yaitu Peacemaker yang memiliki ciri easygoing, santai, hangat, dan mudah bergaul dengan orang lain.

Orang dengan tipe terakhir ini cenderung menghindari konflik, penyabar, optimis, dan disenangi oleh banyak orang. Namun, tipe kepribadian satu ini cenderung pemalu, pasif, selalu mencari aman, dan tertutup dengan orang lain.

Tipe karir yang cocok dengan kepribadian ini, yaitu guru, artis, dosen, dan sejenisnya.

 

Baca juga: Pentingkah Karyawan Mengikuti Tes Kepribadian MBTI?

 

Tujuan Melakukan Enneagram Test

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tujuan dari setiap dilakukannya tes kepribadian pastinya untuk mengetahui tipe atau jenis kepribadian yang terdapat pada setiap orang.

Begitu juga dengan Enneagram Test, dimana tujuan utamanya yaitu untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang ke dalam sembilan (9) bentuk kepribadian.

Nantinya kepribadian tersebut, bisa menentukan mana lingkungan, pekerjaan, pasangan yang cocok dengan tipe kepribadian tersebut.

Perlu diingat bahwa, setiap tes kepribadian tidak selalu memiliki hasil yang akurat atau maksimal. Semuanya tetap tergantung dari individu itu sendiri. Tes kepribadian hanya membantu orang-orang untuk mengenal dirinya lebih dalam lagi, sehingga mereka bisa memposisikan dirinya dengan baik di dalam lingkungan sosial dan bermasyarakat.

 

Baca Juga: Pentingnya Culture Fit Test Untuk Kandidat

 

Selain itu, Enneagram Test juga dapat membantu individu dalam mengidentifikasi pekerjaan atau karir yang cocok untuk orang tersebut, berdasarkan tipe kepribadian yang mereka miliki dari hasil tes yang sudah dilakukan.

Demikianlah pembahasan mengenai Enneagram Test dan juga jenjang karir yang cocok berdasarkan tipe kepribadian tersebut. Dapat disimpulkan bahwa Enneagram Test adalah salah satu tes kepribadian yang banyak digunakan saat ini setelah MBTI.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi memahami apa itu Enneagram Test. Beserta dengan fungsi dan kemampuannya dalam mengidentifikasi karir seseorang.

Semoga bermanfaat!