bahaya menggunakan tes kepribadian dalam rekrut karyawan

Kalau Anda baca judul kali ini pasti Anda sangat terkejut, tapi sebenarnya artikel ini dibuat karena alasan yang sangat logis. Dikarenakan tidak lulusnya tes kepribadian seorang kandidat, Anda bisa saja kehilangan kandidat yang berpotensi.

Salah satu yang penting mengenai kesuksesan jangka panjang ialah: Bisnis Anda akan melangkah sejauh tim yang Anda bentuk tetap bertahan.

Steve Jobs pernah berkata,”Hal besar dalam bisnis tidak pernah diciptakan oleh hanya satu orang. Tetapi diselesaikan oleh sebuah tim.” Walaupun hal ini adalah sesuatu yang jelas, tapi sebenarnya sangat rentan kehilangan arah. Anda dapat memiliki ide yang luar biasa dan strategi untuk mengembangkan perusahaan Anda, tapi kalau Anda tidak memiliki tim yang solid yang menyokong Anda maka semua itu akan sia – sia.

Membangun tim yang kuat tidak hanya dimulai dengan mengetahui diri sendiri, tetapi juga memahami strategi untuk mengarahkan bisnis Anda ke arah yang seharusnya. Mampu melihat rintangan di masa depan yang mungkin menghambat strategi Anda. Sadari kekuatanmu. Sadari kelemahanmu. Kemudian pekerjakan orang yang sesuai dengan karakter Anda.

Orang pertama yang saya pekerjakan benar – benar melengkapi saya. Apakah Anda adalah orang yang sangat teliti dalam mengerjakan sesuatu? Mungkin seorang admin bukan pekerja pertama yang Anda butuhkan. Apakah Anda adalah orang yang berjiwa pejuang dalam menjual barang atau jasa tapi kurang dalam menjalin hubungan dengan pelanggan? Pekerjakan seseorang yang mempunyai pengalaman dalam menyediakan perhatian untuk melayani pelanggan. Mengevaluasi diri sendiri adalah hal yang penting dalam memperkerjakan orang secara efektif, dan ini adalah langkah pertama untuk membangun tim yang tepat untuk bisnis Anda.

Setelah Anda melakukan evaluasi diri yang jujur, Anda akan menyadari orang – orang dengan keahlian tertentu yang Anda butuhkan di tim. Kita membeli buku tes kepribadianInsights Discovery’suntuk memenuhi kebutuhan. Setiap akan mencari karyawan baru, gevaluasi permintaan kebutuhan posisi yang ada apakah sejalan dengan keseimbangan kepribadian di kantor, hal ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas orang seperti apa yang akan membuat tim lebih baik lagi.

Pernah ada yang berpesan untuk berhati – hati dalam melakukan tes kepribadian, misalnya : Tes tersebut jangan digunakan sebagai alat ukur tunggal dalam memperkerjakan atau memecat seseorang karena nantinya akan menjerumuskan Anda kedalam masalah hukum. Yang lebih penting, manusia adalah makhluk hidup yang kompleks. Mereka lebih dari sekedar tulisan, warna, atau kategori dalam sebuah hasil tes kepribadian. Pengalaman kerja, pendidikan, dan bahkan sesuatu yang tidak dapat dilihat seperti bagaimana seseorang bisa masuk ke dalam tim Anda dan menyatu seolah – olah sudah bekerjasama lama, hal seperti itu harusnya menjadi bahan pertimbangan. Kalau saya hanya mengandalkan tes kepribadian, saya akan kehilangan orang – orang yang hebat untuk dipekerjakan. Ini hanya alat sederhana untuk hal kompleks dalam seni mempekerjakan seseorang.

Hal kedua untuk membangun tim yang solid adalah dengan mengembangkan orang yang sudah ada. Di kantor secara rutin membuat jadwal training dimana karyawan dapat meningkatkan keahlian mereka dan mengenal kekurangan masing-masing. Sebagai hasilnya, tim akan secara konsisten terus berkembang dan berimprovisasi dalam bekerja dan berkomunikasi satu dengan lainnya. Kita bahkan memiliki meja besar di tengah ruangan dimana setiap orang dapat melihat teman sekerja pada meja tersebut berikut dengan kelebihan dan kekurangannya pada posisi yang sesuai dengan korelasi tersebut. Mengenal keahlian dan karakter tiap orang membantu kita dalam berkomunikasi dan melayani satu sama lain tanpa bersinggungan ke arah yang salah. Tim yang kuat adalah tim yang bersatu dengan visi yang sama tapi dengan keahlian yang berbeda – beda.

Buatlah strategi yang baik, jujur dengan diri sendiri, pekerjakan orang sesuai dengan budaya dan kemampuan yang dibutuhkan, kemudian kembangkan tim Anda. Orang – orang di sekitar Anda adalah salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan jangka panjang dalam bisnis Anda.

Ditulis oleh William Vanderbloemen, pendiri dan CEO dari Vanderbloemen Search Group dan diterjemahkan dan diedit oleh Januardi untuk LinovHR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>