Selain Untuk Navigasi, Fungsi GPS di HP Bisa Pantau Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

fungsi gps
Isi Artikel

Seperti yang sudah kita ketahui dan rasakan, sekarang ini teknologi sudah mendominasi kehidupan di masyarakat modern.

Smartphone merupakan salah satu bukti nyata dari dominasi teknologi di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam smartphone sendiri, terdapat beragam teknologi penunjang yang dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Salah satu fungsi penting yang tersemat di dalam sebuah smartphone yaitu GPS atau Global Positioning System. GPS pada smartphone berguna untuk navigasi dan mencari lokasi berdasarkan titik koordinat melalui bantuan satelit.

Namun nyatanya, fungsi GPS yang ada dalam ponsel lebih dari itu. Di dalam dunia kerja GPS juga bisa berguna untuk memantau karyawan dan bahkan untuk absensi.

Untuk lebih jelasnya, baca artikel dari LinovHR hingga tuntas berikut ini.

 

Baca juga: Mobile Absensi Dilengkapi dengan GPS Tracking, Penting atau Tidak?

 

Fungsi GPS yang Harus Anda Ketahui di HP

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Ada memahami dulu fungsi dasar dari sebuah GPS yang ada pada setiap smartphone saat ini.

Berikut adalah beberapa fungsi GPS di HP:

 

1. Sistem Navigasi

Fungsi pertama GPS di dalam sebuah HP yaitu sebagai sistem navigasi yang berguna sebagai panduan dalam memberikan arah.

Fungsi ini banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin menuju ke suatu tempat, namun tidak mengetahui secara pasti rute maupun arah yang harus ditempuh.

Dengan adanya GPS, maka kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan cepat dan mudah.

 

2. Melacak dan Mencari Lokasi

Fungsi kedua yaitu berguna untuk melacak dan juga mencari lokasi dari target yang telah ditentukan oleh pengguna.

Anda hanya perlu menggunakan aplikasi seperti Google Maps, untuk melacak dan mencari lokasi yang Anda inginkan. Perlu dicatat bahwa, aplikasi penunjuk lokasi seperti Google Maps, sangat bergantung dan membutuhkan sebuah GPS agar bisa berfungsi.

geotagging
geotagging pada sistem absensi online

Aplikasi Absensi Online LinovHR juga memiliki fungsi gps yaitu terkait proses geotagging pada sistem absensi online.

Dengan Aplikasi Absensi dari LinovHR HR dapat memantau dari mana karyawan melakukan proses pencatatan kehadiran. Apakah sesuai dengan lokasi atau malah tidak sesuai.

 

 

3. Mencari Rute Alternatif

Fungsi selanjutnya yaitu berguna untuk mencari rute alternatif. Fungsi ini tentunya akan sangat membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan panjang.

GPS dapat dengan mudah menemukan rute alternatif yang lebih baik, jika sewaktu-waktu terjadi sebuah kendala pada rute awal perjalanan Anda.

 

4. Memberikan Informasi Durasi Perjalanan

Fungsi keempat yaitu GPS juga dapat berguna untuk memberitahu pengguna mengenai durasi perjalanan yang sedang mereka lakukan.

Melalui fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengetahui estimasi perjalanan yang mereka lakukan, untuk sampai ke tempat tujuan mereka.

 

5. Berguna untuk Berbagai Aplikasi

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak aplikasi yang ada pada smartphone, membutuhkan GPS untuk melacak dan mengetahui lokasi Anda.

Contoh aplikasi yang sangat membutuhkan GPS dalam menjalankannya yaitu seperti, Grab, Gojek, Google Maps, dan aplikasi sejenisnya yang membutuhkan akses lokasi Anda.

 

6. Melacak Keberadaan Smartphone

Fungsi yang terakhir yaitu berguna untuk melacak smartphone yang hilang. Rata-rata smartphone yang ada saat ini, tersemat fitur “Find My Device”.

Fitur ini berguna untuk mengetahui lokasi smartphone Anda yang hilang maupun dicuri oleh orang. Untuk menjalankan fitur ini, dibutuhkan sebuah GPS, karena nantinya smartphone akan dilacak melalui sistem GPS yang ada pada smartphone tersebut.

 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Pelacak GPS, Cara Terbaik Pantau Pekerjaan Karyawan

 

Cara Atasi Fungsi GPS di HP yang Tidak Akurat

Meskipun memiliki fungsi dan peran yang penting, GPS pada smartphone tidak selalu menunjukkan hasil yang akurat. Tidak sedikit juga orang yang dibuat bingung karena tidak akuratnya GPS pada smartphone mereka.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar GPS pada smartphone Anda bisa akurat kembali, yakni:

 

Melakukan Optimasi Manual

Perlu Anda ketahui, bahwa GPS yang ada pada smartphone Anda, sangat bergantung pada koneksi internet yang Anda miliki.

Artinya, apabila koneksi internet yang Anda miliki buruk atau tidak optimal, hal itu tentunya bisa mengganggu keakuratan dari GPS itu sendiri.

Maka dari itu, pastikan bahwa internet atau koneksi yang Anda miliki baik dan optimal. Selain itu, pada sebagian smartphone terdapat fitur High Accuracy GPS, yang berguna untuk meningkatkan akurasi dari GPS itu sendiri. Anda bisa mengakses fitur tersebut melalui setting.

 

Menggunakan Aplikasi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi GPS yang tidak akurat yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi ketiga atau third party app.

Anda bisa mengunduh aplikasi GPS Optimizer untuk mengatasi permasalahan tersebut. Setelah selesai mengunduh, selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti step atau langkah yang diberikan untuk mengaktifkan aplikasi GPS Optimizer tersebut.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan perusahaan dalam mengantisipasi GPS yang tidak akurat ataupun Fake GPS yaitu Hexnode UEM.

 

Kesimpulan

Setelah Anda memahami fungsi GPS di HP, beserta dengan cara-cara yang diperlukan untuk mengatasi GPS yang tidak akurat. Maka dapat disimpulkan bahwa GPS merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam sebuah smartphone atau HP.

Selain fungsi utamanya yang berguna sebagai navigasi atau petunjuk lokasi dan arah. GPS juga diperlukan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lain yang ada pada sebuah smartphone, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses lokasi.

 

mobile ess

 

Saat ini, GPS juga berguna bagi perusahaan untuk melakukan absensi bagi para karyawannya. Melalui modul Time Attendance dari Aplikasi Absensi berbasis GPS LinovHR, perusahaan dapat memantau lokasi dari setiap karyawan yang melakukan absen, meskipun tidak bekerja di kantor sekalipun, melalui GPS yang ada pada smartphone mereka.

Dengan begitu, segala bentuk kecurangan absensi dapat diatasi dengan cepat, mudah, dan akurat! Coba demonya sekarang juga, mumpung LinovHR bagi-bagi diskon pemakaian 100% alias GRATIS!

 

Itulah pembahasan mengenai fungsi GPS. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat memaksimalkan fungsi dan juga manfaat dari GPS yang ada pada setiap smartphone Anda.

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter