games indoor

5 Games Indoor Yang Seru Untuk Karyawan

Sebuah perusahaan haruslah mempunyai fondasi yang kuat agar karyawan yang ada di dalamnya bisa berperan aktif dan juga fokus dalam menjalankan kewajibannya sebagai pekerja. Tidak hanya sampai disitu saja, karyawan juga diharapkan bisa semakin loyal pada perusahaan. Sementara itu, salah satu cara untuk menguatkan fondasi, perusahaan harus bisa membuat membuat para karyawannya nyaman selama bekerja. Salah satu caranya bisa dengan membuat games indoor yang dilakukan untuk para karyawan, waktunya sendiri bisa dilakukan kapan saja ketika sedang luang atau sedang ada acara khusus yang dibuat untuk semua karyawan perusahaan. Sebagai referensi, berikut ini adalah 5 games indoor yang seru untuk karyawan.

 

1. What is My Name

Games indoor what is my name sangat berguna terutama untuk bisa menunjang keaktifan, keakraban dan kreatifitas para karyawan yang sedang melakukan permainan. Sebelum memulai permainan, sebaiknya Anda menyiapkan dulu benda yang dibutuhkan yaitu kerta atau label dan juga pulpen, tidak sulit kan?

Nah, sebelum dimulai diskusikan terlebih dahulu siapa yang akan dijadikan target permainan. Caranya bisa diundi atau dipilih secara acak. Setelah itu, tuliskanlah 1 nama orang yang cukup terkenal atau bisa juga menuliskan tipe orang seperti dokter, periang dan yang lainnya di atas kertas. Tempelkanlah kertas tersebut pada target yang sudah terpilih, namun jangan sampai si target tau isi kertasnya ya.

Tunjuklah satu orang lainnya untuk memberitahukan isi kertas dengan cara memperagakannya. Target akan berusaha menebak apa isi di dalam kertas tersebut. Permainan ini akan menjadi sangat seru karena target mungkin bisa salah mengartikan apa yang diperagakan rekannya.

Game ini juga sangat tepat untuk diterapkan disela-selaprogram orientasi karyawanbagi karyawan baru agar mengenal satu sama lain dan saling akrab.

 

2. Truth or Lie

Selanjutnya adalah games indoor truth or lie, permainan ini juga terbilang cukup mudah. Berikanlah kertas kepada seluruh karyawan yang mengikuti permainan, lalu instruksikanlah pada mereka untuk menulis 3 kebenaran dan 1 kebohongan mengenai diri mereka sendiri. Kemudian masing-masing anggota lainnya harus menebak, manakah yang benar dan mana yang bohong.

Sementara itu, untuk 1 kebohongannya akan bersifat fiktif, misalnya seperti “saya pernah pergi ke luar angkasa,” sementara untuk 3 kebenaran lainnya harus berhubungan dengan kebohongannya dengan begitu anggota lain akan kesulitan ketika harus menebak. Permainan ini akan membantu para karyawan untuk semakin akrab.

 

3. World Geography

Games indoor world geography adalah permainan dalam ruangan yang akan melibatkan nama kota atau negara yang ada di dunia. Pertama, pilihlah peserta pertama untuk menyebutkan di mana kota kelahirannya, dan dilanjutkan oleh peserta selanjutnya namun menyebutkan nama kota secara acak diawali dengan huruf belakang yang sudah disebutkan oleh orang pertama. Misalnya saja, bila orang pertama menyebutkan Bandung, maka orang selanjutnya harus mengatakan nama kota dari huruf G seperti Gorontalo dan seterusnya. Bagi peserta yang tidak bisa atau lambat saat menjawab maka akan diberikan hukuman.

 

Baca Juga: 7 Games Team Building Yang Patut Anda Coba Untuk Kegiatan Outbound

 

4. Blind Drawing

Buatlah kelompok yang masing-masingnya terdiri dari 2 orang, setelah itu suruhlah mereka untuk saling membelakangi dengan memegang gambar yang harus bisa ditebak oleh teman 1 kelompoknya. Sementara itu, rekannya juga akan memang kertas kosong yang akan dipakai untuk menuliskan jawaban dari gambar yang telah diambil oleh teman 1 kelompoknya. Permainan dilarang memakai kata-kata, hanya boleh dengan gerakan saja.

 

5. The Trust Walk

Bentuk kelompok yang terdiri dari 2 orang. Salah satu dari rekan satu kelompoknya harus ditutup matanya sementara rekan yang lainnya akan memberikan instruksi agar bisa bisa menuntun teman 1 kelompok bisa sampai pada tujuannya. Permainan ini akan membentuk kepercayaan dan kerjasama dalam 1 tim.

 

Itulah 5 games indoor yang seru untuk karyawan. Pilih saja 1 permainan yang dianggap paling mudah namun menyenangkan. Sebaiknya saat akan mulai bermain, pilihlah pemimpin permainan yang aktif agar bisa membuat suasana makin seru.