Graphic Designer: Arti dan Daftar Pertanyaan Interviewnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Graphic Designer: Arti dan Daftar Pertanyaan Interviewnya
Isi Artikel

Seorang graphic designer bukan hanya seorang tukang gambar, tetapi mereka adalah arsitek visual yang mampu mengubah ide-ide menjadi karya seni inspiratif.

Semakin maju perkembangan teknologi juga berdampak terhadap pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang digital. Sebutnya saja seperti pekerjaan digital marketing, programming, IT developer, graphic designer, social media specialist dan masih banyak lagi  yang lainnya. 

Demand pekerjaan dalam design graphic juga semakin meningkat, bahkan beberapa perusahaan sanggup membayar uang lebih untuk mendapatkan desainer grafis yang mampu memvisualisasikan kebutuhan perusahaan mereka.

Kali ini LinovHR akan membahas seluk beluk tentang graphic designer, mulai dari penjelasan graphic designer adalah, berapa gaji, hingga job description.

 

Deskripsi Tentang Graphic Designer

Graphic designer adalah salah satu profesi menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik itu untuk digunakan di media cepat atau juga media digital. Seorang desainer grafis akan bertanggung jawab atas visualisasi pada media promosi perusahaan. 

Tugasnya adalah bagaimana menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara visual agar lebih menarik.

Seorang desainer grafis bekerja dengan mengolah informasi untuk kemudian diterjemahkan dalam elemen-elemen desain seperti garis, warna, bentuk dan sebagainya. Selain itu, desainer grafis juga perlu berpegang pada prinsip komposisi, harmony, balance, dan unity dalam membuat desain.

 

Keterampilan dan Kualifikasi Graphic Designer

Umumnya, jika Anda seorang lulusan sekolah desain, maka Anda akan otomatis bisa menjadi seorang desainer grafis. Tapi, bukan berarti bila Anda bukan dari sekolah desain Anda tidak bisa menjadi graphic designer.

Seperti banyak pekerjaan lainnya, menjadi seorang graphics designer juga memerlukan beberapa keterampilan yang bisa mendukung Anda dalam mengerjakan tugas dan bisa menghasilkan desain yang indah. 

Jika Anda memang tertarik untuk menjadi desainer grafis, setidaknya Anda harus menguasai keterampilan dan kualifikasi berikut ini.

 

1. Kreatif

Kemampuan utama untuk menjadi seorang graphic designer adalah kreatifitas. Ini juga menjadi unsur penting dalam berkarier di bidang ini. Anda nantinya akan dihadapkan dengan berbagai macam project dengan beragam tema, gaya dan juga konsep sehingga perbedaan harus Anda lakukan di setiap project yang dijalankan. 

Bayangkan jika Anda tidak bisa kreatif? Pasti Anda akan kewalahan menangani berbagai proyek dan desain Anda akan menjadi monoton.

 

2. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Tidak hanya harus lihai dalam penggunaan software, seorang graphic designer juga diharuskan untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus baik dalam tulisan maupun lisan. Hal ini karena graphic designer akan sering bertemu dengan client dalam sebuah project yang mereka kerjakan.

Tak hanya dalam penyampaian seorang desain grafis juga harus menjadi pendengar yang baik. Karena mereka diwajibkan mengerti kemauan client dari segi kritik dan juga saran.

 

3. Time Management

Proses mengerjakan desain memang bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan kemahiran orang. Sehingga, kemampuan memahami manajemen waktu untuk seorang graphic designer adalah kewajiban.

Mereka harus bisa menyesuaikan jumlah waktu yang diberikan, target, dan kualitas hasil yang memadai sesuai kemampuan yang mereka miliki.

Untuk itu, sangat penting bagi seorang desain grafis untuk pintar membagi waktu mereka agar semua desain bisa selesai dengan tepat waktu.

 

4. Kerjasama Tim

Graphic designer juga harus bisa bekerja dalam tim. Seringkali desainer grafis akan bekerja bersama beberapa orang dalam kelompok. Misalnya desain grafis dalam tim marketing, atau dalam tim digital marketing. 

Oleh karena itu, mereka harus dapat bekerja sama dalam tim, baik itu brainstorming atau menyampaikan masukan dan solusi. dikarenakan tugas mereka akan sering dipasangkan dengan beragam divisi seperti divisi social media, divisi digital marketing, dan semua divisi yang membutuhkan design grafis.

 

Baca Juga: Seperti Apa Prospek Karier Seorang Developer?

 

Apa Saja Job Description Graphic Designer?

Selain membuat visual concept seorang graphic designer beberapa tugas dan tanggung jawab di antaranya adalah:

  1. Persiapan dalam segala bentuk material untuk diubah ke bentuk visual.
  2. Merencanakan konsep dari semua informasi serta material yang diberikan oleh client.
  3. Membuat ilustrasi konsep dengan membuat contoh kasar dari ilustrasinya.
  4. Menyelesaikan project yang diberikan dan juga mengkoordinasikannya terhadap pihak yang bersangkutan seperti agency, art service, percetakan dan lain-lain.
  5. Melakukan brainstorming dengan client serta memberikan masukan atas desain yang ingin dibuat sesuai dengan target audience yang diinginkan.
  6. Mengilustrasikan atau membuat gambar yang mengidentifikasi pesan dari client atau art director.
  7. Merevisi design sesuai keinginan client.
  8. Melakukan quality check terhadap ilustrasi sebelum di publish atau dicetak.

 

Prospek Karir dan Gaji Graphic Designer

Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga sangat berpengaruh terhadap prospek karier dan gaji seorang graphic designer.

Biasanya graphic designer akan bekerja sebagai salah satu bagian tim berbarengan dengan copywriter, fotografer, illustrator, desainer, account executive, developer web, dan marketing specialist. 

Sedangkan tahapan pengerjaannya dimulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan data, membuat ide dan gagasan baru, planning, dan technical process lainnya.

Berikut ini adalah gambaran tempat graphic designer bekerja:

  1. Advertising Agency.
  2. Branding Consultant.
  3. Production House.
  4. Freelancer.
  5. Perusahaan swasta.

Lalu bagaimana dengan gaji graphic designer? Mengutip dari glassdoor rentang gaji seorang graphic designer berkisar dari Rp6.000.000 per bulan hingga Rp15.000.000 per bulannya, belum termasuk dengan bonus dari kinerja individu. Tentu kisaran gaji ini juga tergantung dari besar kecilnya perusahaan.

 

Daftar Pertanyaan Interview Graphic Designer

Berikut ini daftar pertanyaan yang mungkin keluar pada saat sesi interview untuk posisi graphic designer:

 

Pertanyaan 1: Apa yang menginspirasi kamu dalam desain grafis?
Jawaban yang baik: “Saya mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber, termasuk seni tradisional, alam, dan desain modern. Saya juga senang menjelajahi tren terbaru dan teknologi terkini dalam desain grafis.”

 

Pertanyaan 2: Bisa jelaskan proses kreatif Anda dalam mengerjakan proyek desain?
Jawaban yang baik: “Saya mulai dengan riset mendalam untuk memahami kebutuhan klien dan target audiens. Kemudian, saya membuat sketsa kasar dan menciptakan beberapa konsep berbeda sebelum memilih yang terbaik untuk dikerjakan.”

 

Pertanyaan 3: Bagaimana Anda mengelola proyek dengan tenggat waktu yang ketat?
Jawaban yang baik: “Saya membuat jadwal yang terstruktur dan mengatur prioritas dengan baik. Saya juga selalu berkomunikasi secara terbuka dengan tim terkait untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam proses dan menjaga agar proyek tetap berjalan sesuai rencana.”

 

Pertanyaan 4: Bagaimana Anda menangani komenan yang negatif?
Jawaban yang baik: “Saat saya menerima hal tersebut, saya melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Saya mendengarkan dengan seksama, bertanya pertanyaan untuk memahami kekhawatiran klien, dan berusaha menemukan solusi yang memuaskan bagi semua pihak.”

 

Pertanyaan 5: Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan tim kami?
Jawaban yang baik: “Saya sangat tertarik dengan reputasi perusahaan dalam menciptakan desain yang inovatif dan berdampak. Saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi positif bagi tim dengan keahlian dan pengalaman yang saya miliki dalam desain grafis.”

Seperti itulah ringkasan LinovHR untuk graphic designer, jadi bagi anda yang berminat terjun dalam dunia graphic designer bisa mulai disiapkan keahlian yang bersangkutan dengan graphic designer, baik dari soft skill dan juga hard skill.

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter