guerilla marketing

Segala Hal yang Perlu Diketahui Soal Guerilla Marketing

Pernahkah muncul di benak Anda sebenarnya apa sih Guerilla Marketing itu? Terdengar asing bukan? Karena memang kata ini jarang dipakai di Indonesia dan maknanya masih banyak yang tidak tahu dalam dunia pemasaran online. Namun, ternyata Guerilla Marketing merupakan strategi baru pemasaran humas penggunaan media online dengan mengandalkan kreativitas dan imajinasi yang membutuhkan waktu dan energi secara efektif. Lebih jelasnya, LinovHR akan mengulas seputar Guerilla Marketing beserta penerapannya dalam bisnis online.  

 

Apa itu Guerilla Marketing?

Diambil dari sumber Investopedia, pemasaran gerilya atau Guerilla Marketing adalah sebuah taktik pemasaran dengan menggunakan kejutan. Istilah ini diperkenalkan pleh Jay Levinson melalui buku bertajuk ‘Guerrilla Advertising’ pada tahun 1984. Istilah ini terinspirasi dari perang gerilya yang berbentuk perang tidak teratur dan penuh  kejutan seperti penyergapan, sabotase, penggerebekan dan sebagainya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Guerilla Marketing adalah adalah strategi periklanan modern yang menggunakan elemen surprise dalam praktik pemasaran online yang menekankan komunikasi sporadis yang berbiaya rendah dengan hasil yang optimal. 

 

software hris

Cara Implementasi Guerilla Marketing 

Tujuan dari Guerilla Marketing adalah untuk menciptakan konsep yang interaktif, komunikatif, unik serta menarik perhatian audiens untuk berpikir dan membicarakan tentang merek dan bisnis Anda dengan orang lain. Sehingga dapat menciptakan buzz atau keriuhan audiens dan meningkatkan potensi audiens akan membeli produk tersebut. Berikut adalah beberapa cara implementasi kegiatan Guerrilla Marketing pada bisnis Anda, diantaranya: 

 

Carilah komunitas yang tepat sesuai dengan jenis bisnis Anda

Untuk memasarkan produk dan jasa Anda, Anda harus mencari tahu dan pelajari apa yang komunitas tersebut sukai dengan bantuan media sosial. Lagipula, Anda harus membangun komunitas yang tepat sesuai dengan jenis bisnis Anda. Contohnya jika Anda ingin promosi makanan dari restoran Anda, lebih baik rekrut komunitas pecinta sepak bola dan juga manfaatkan momentum Piala Dunia bagi semua orang ingin nonton bareng. Dengan demikian, dalam seharian dipastikan restoran tersebut akan ramai, Anda hanya perlu menyelipkan sedikit pesan promosi di jeda iklan.

 

Berpikir outside the box

Guerilla Marketing merupakan taktik fleksibel yang menuntut banyak orang untuk berpikir out of the box dalam menghadapi perubahan yang terus menerus sesuai situasi tertentu. Contohnya adalah jika Anda tinggal di Swiss dan Facebook sedang mengalami down atau tidak dapat diakses, restoran Marche menerapkan strategi gerilya dengan cara menggratiskan beberapa menu andalannya. Untuk menyelaraskan pertemuan dengan filosofi Guerilla Marketing, Anda harus merencanakan sesuatu yang spesial dan menarik. Saat ini meningkatnya penetrasi internet di Indonesia, aktivitas pemasaran jenis ini telah menjalar ke ranah online atau dikenal sebagai Guerilla Digital Marketing.

 

Lakukan flash mob

Flash mob adalah bentuk promosi biasanya ditampilkan dengan menarik dan berbeda dari yang lain dengan melakukan teater jalan. Jika ingin menggunakan Youtube sebagai media pemasaran produk, gunakan ide Flash Mob untuk menarik perhatian audiens atau netizen dengan video menarik dari Flash Mob. Semakin menarik sebuah video flash mob, maka akan semakin mudah menyebar atau viral di sosial media.

 

Buat penawaran produk dengan konten yang menyentuh hati

Konten yang menyentuh hati memang selalu menciptakan efek viral tersendiri untuk setiap audiens. Ada dua tipe orang yang menjadi target pasar Anda, satu adalah dia yang merespon dengan otak kirinya, yang lain adalah orang yang merespon dengan otak kanannya. Dengan Guerrilla Marketing, Anda harus bisa menggapai kedua tipe orang tersebut dengan konten yang bagus. 

 

Misalnya, Anda membuat blog dengan membuat artikel yang berjudul ‘’50 Tips Ampuh Agar Cepat Closing Jualan Produk di Whatsapp’’. Itu salah satu penawaran yang ditujukan untuk orang yang merespon dengan otak kirinya apabila judul tersebut berisi sebuah angka dan data. Sedangkan, yang lain lebih merespon dengan otak kanan berdasarkan bentuk visual karena mereka bisa menikmati sesuatu dalam hal emosional. 

 

Update terhadap perubahan dan hal baru

Media sosial akan selalu berubah secara terus menerus seiring dengan perubahan teknologi. Mulai update taktik bisnis Anda versi terbaru untuk menerapkan selera pasar, ide bisnis dan rencana strategi untuk meningkatkan engagement dengan follower di media sosial. Ketika semua hal yang dibutuhkan sudah siap, maka lakukan implementasi dan lihat bagaimana hasilnya. 

 

Kapan Guerilla Marketing Dapat Digunakan? 

Hingga saat ini, Guerilla Marketing cocok diterapkan untuk semua bisnis kecil yang ingin mengurangi biaya pemasaran. Teknik pemasaran ini akan menghasilkan Viral Marketing bila dilakukan tepat. Jika Anda ingin menargetkan konsumen lebih muda dan cenderung merespon secara positif, maka Guerilla Marketing cocok buat Anda ingin memasarkan produk yang lebih edgy.  

 

Contoh Guerilla Marketing 

Penerapan contoh metode pemasaran ini sebenarnya sering dilihat di sekitar lingkungan Anda. Nah, apakah Anda menyadarinya?  Berikut adalah contoh Guerilla Marketing dalam bisnis online, diantaranya: 

IKEA

Anda yang hobi menata perabot rumah sudah pasti tak asing dengan IKEA, bukan? Perusahaan asal Swedia yang terkenal menjual berbagai perabot rumah unik ini mempunyai cara yang unik pula dalam memasarkan produk mereka.  IKEA berhasil menyampaikan pesan pemasaran dengan efektif dengan cara mengubah tangga utama di toko mereka menjadi satu set laci. 

 

Lindt

Produsen cokelat terkenal asal Swiss, Lindt juga pernah melakukan Guerilla Marketing. Chocolatier Lindt memasang telinga kelinci di mobil perusahaan mereka dan memberi isyarat pada kelinci Easter Lindt berwarna emas. Otomatis semua mata akan tertuju pada mobil unik tersebut lalu kemudian menyadari bahwa kelinci mobil itu adalah bagian dari Lindt. 

Itulah pembahasan tentang segala sesuatu yang perlu perusahaan ketahui soal Guerilla Marketing. Harap dicatat bahwa Guerilla Marketing melibatkan iklan kreatif yang dapat membawa pelanggan ke dalam pikiran dan emosi untuk bertindak atau membeli produk Anda. Guerilla Marketing dapat dikatakan berhasil ketika kampanye berhasil mencuri perhatian belaka, tetapi juga diikuti dengan kemunculannya di berbagai media online serta pengaruhnya terhadap tingkat penjualan.