pemasaran online

8 Tips Jitu Pemasaran Online Anti Meleset

Ingin mulai meningkatkan performa pemasaran online, tapi bingung harus fokus ke mana? Diperlukan pengetahuan tentang internet marketing dan keterampilan dalam menyusun teknik pemasaran bisnis yang tepat. Tapi, tanpa arahan yang jelas, sangat dipahami jika Anda takut gagal dalam bisnis online pertama mereka. Namun, hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi Anda dalam menerapkan strategi SDM menghadapi persaingan global untuk bisnis online. Ada 7 komponen pemasaran online yang dikenal sebagai Marketing Mix, yaitu produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence). 

 

Perbedaan Pemasaran Online dengan Pemasaran Offline

Pengertian pemasaran online dikenal sebagai pemasaran digital merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan media internet. Ada kedua manfaat pemasaran online yang bisa dirasakan antara lain:

  1. Menggunakan strategi pemasaran online termasuk hosting web, situs blog, email, SEO dan iklan di media sosial dan saluran online lainnya. 
  2. Tidak ada batasan waktu untuk melakukan strategi pemasaran online sehingga banyak pelanggan secara mudah mengunjungi situs web dan media sosial untuk berbelanja kapan saja sesuai dengan keinginan mereka.  

Sedangkan, pemasaran offline merupakan teknik pemasaran antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi dari awal pembelian hingga akhir. Pemasaran ini memiliki batasannya sendiri dengan menarik target pasar untuk datang ke toko. Sumber pemasaran offline yang digunakan berupa surat kabar, majalah, TV, radio dan brosur. 

 

Jenis Pemasaran Online

Berikut 6 jenis pemasaran online yang berfungsi sebagai cara kerja pemasaran online, diantaranya: 

Social Media

Cobalah untuk menjangkau audiens melalui iklan berbayar di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube dan Google Ads sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

 

Search Engine Optimization (SEO)

Cobalah untuk optimasi website dan blog mengenai produk atau layanan bisnis Anda dan mempromosikan di berbagai channel agar bisnis Anda bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian mesin pencari.  

 

Email Marketing

Gunakanlah pesan komersial seperti promo, penawaran produk, diskon, membership melalui email. Perusahaan dapat mengirimkan e-mail secara berkala kepada pelanggan setia. 

 

Affiliate Marketing

Pemasaran menggunakan afiliasi yang diminta untuk menempatkan iklan bisnis Anda di website atau media sosial sehingga bisnis Anda bisa mendapatkan banyak komisi atas hasil penjualan produk atau layanan. 

 

Influencer Marketing

Orang yang membawa pengaruh besar dapat membawa perubahan besar terhadap penjualan produk. Rekrutlah beberapa influencer yang dipercaya oleh setiap usaha ketika melakukan promosi, iklan atau ulasan terhadap produk atau layanan Anda.

 

Baca juga: Perbedaan Antara Marketing Mix 4P dan 7P

 

Kenapa Pemasaran Online dibutuhkan Perusahaan?

Kini perkembangan yang serba online membuat perusahaan harus beradaptasi. Berikut 3 alasan pemasaran online sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan perusahaan, diantaranya: 

 

Brand awareness yang lebih besar 

Pemasaran online dapat menciptakan brand awareness yang lebih besar dengan lingkup yang luas. Artinya, pemasaran online dapat menarik traffic secara berkelanjutan, mengubahnya menjadi prospek, dan hingga akhirnya menambah penjualan berkelanjutan.

 

Tingginya Leads Generation

Menghasilkan pasokan lead baru dan membangun sales funnel secara online adalah bagian penting dari pengembangan bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda dapat terus menambah basis konsumen yang pada akhirnya akan menambah pendapatan perusahaan dari loyalitas konsumen itu sendiri. 

 

Baca Juga: Apakah Brand Ambassador Penting untuk Menggaet Konsumen? 

 

Tingkat ROI yang lebih tinggi

Dengan adanya pengakuan branding dan pendapatan yang banyak, artinya ROI juga dapat menjadi lebih tinggi. Cobalah untuk menciptakan flow of traffic yang stabil dalam mengkonversi ke prospek dan penjualan agar mencapai hasil yang dapat terealisasi ketika audiens memberikan informasi kontak mereka atau melakukan pembelian produk atau jasa. 

 

8 Tips Pemasaran Online

Berkenaan dengan kepopuleran pemasaran daring, perusahaan pun mulai berlomba untuk menerapkannya dalam perusahaan. Berikut 8 tips pemasaran online yang harus diterapkan dalam bisnis Anda, diantaranya: 

 

1. Evaluasilah target pasar

Tentukan target pasar sesuai dengan jenis bisnis Anda dan juga tentukan cara melibatkan engagement dengan target pasar melalui channel bisnis Anda. Hal ini mempermudah Anda dapat menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan. 

 

2. Ubahlah jangkauan distribusi

Gunakanlah analisis resiko bisnis Anda dari perubahan jangkauan distribusi terhadap produk yang sering dicari oleh audiens. 

 

3. Pertahankan customer experience

Dengan cara ini, diperlukan suatu pelayanan dan komunikasi rutin kepada pelanggan meskipun ada kendala manajemen stok atau keterlambatan pengiriman barang.  Dengan begitu pelanggan pun akan merasa puas dan betah menggunakan produk Anda. 

 

4. Promosi silang

Agar pemasaran online dapat berjalan secara maksimal, pastikan untuk integrasi konten di saluran Anda di media sosial maupun di email dengan teknik pemasaran offline Anda. 

 

5. Kerjasama partner dengan Marketplace

Dalam upaya membangun kepercayaan pelanggan untuk berbelanja produk Anda, lebih baik mencari dan menawarkan kerjasama dengan partner baru di Marketplace. Dengan adanya Marketplace, produk Anda bisa muncul otomatis berdasarkan pencarian agar pelanggan bisa secara mudah membeli produk.   

 

6. Gunakan jasa penyedia layanan iklan 

Dalam upaya meningkatkan traffic pengunjung secara efisien dan juga meningkatkan penjualan produk, lebih baik gunakan layanan iklan berbayar di media sosial. Sehingga produk Anda menjangkau konsumen yang lebih luas. 

 

7. Buatlah program afiliasi atau reseller produk

Untuk optimasi pemasaran online dengan menjangkau pasar yang lebih luas, perlu diterapkan sistem affiliasi atau reseller dalam meningkatkan penjualan produk Anda. 

 

8. Tinjaulah perjalanan pembeli 

Untuk mengetahui proses perjalanan pembeli saat membeli produk atau layanan, perlu dicapai jangkauan pasar dengan memperbarui buyer persona serta menghadirkan konten berisi pesan yang relevan dan berfungsi sebagai panduan pembelian. 

 

Itulah beberapa tips di atas yang patut dicoba sehingga bisnis Anda bisa berkembang pesat dengan prospek besar yang bagus dan mengarah pada tujuan akhir usaha kedepannya. Tak perlu cemas, jika strategi pemasaran bisnis online Anda sudah tepat, maka kekayaan akan datang secara cepat serta produktivitas dan pertumbuhan ekonomi akan terjaga dengan baik. Mudah-mudahan tips di atas dapat membantu perusahaan Anda semakin berkembang, ya!