hobi

Butuh Uang Tambahan? Inilah 7 Hobi yang Dapat Menjadi Pekerjaan dan Menghasilkan Uang!

Setiap orang biasanya punya beberapa hobi tertentu. Hobi dilakukan untuk mengisi kekosongan dan selingan di atas kegiatan utama berdasarkan ketertarikan yang sangat kuat terhadap sesuatu. Bila ditekuni, Anda bisa menjadikan hobi sebagai cara mendapatkan uang tambahan di samping penghasilan utama, loh! 

Apa saja sih macam macam hobi  yang dapat menjadi pekerjaan dan menghasilkan uang? 

 

Fotografi

Apakah Anda suka mengabadikan sebuah objek? Lalu, apakah hasilnya hanya tersimpan di album atau di upload di social media? Jika masih melakukan hal tersebut, Anda bisa mencobanya dengan menjual hasil foto tersebut ke platform online yang tersedia. Selain menjualnya ke platform digital, Anda bisa menjadi fotografer model atau fotografer produk.

 

Videografi 

Selain fotografi, hobi dalam bidang videografi ini juga sangat banyak diminati. Skill yang satu ini memiliki kemampuan yang spesifik dan biasanya dilengkapi dengan berbagai macam alat yang memadai. 

Karena banyaknya permintaan dalam bidang videografi, kegiatan ini bukan lagi menjadi hobi sampingan saja tetapi dijadikan sebagai pekerjaan utama. Contoh dari kegiatan hobi ini adalah membuat video pernikahan atau prewedding.

 

Musik

Anda suka bermain musik? Bila Anda mampu bermain musik dengan baik, Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan yang menghasilkan. 

Anda dapat memulainya dengan merekam sesi ketika bermain musik kemudian mengunggahnya di youtube agar bisa didengar banyak orang.  Lalu. Anda pun bisa bermain musik di cafe atau acara pernikahan. Pundi-pundi uang pun akan terkumpul tanpa Anda sadari.

 

Baca Juga: Produktif Bekerja Menggunakan Konsep 5S ala Jepang

 

Menulis 

Salah satu hobi yang dapat menjadi pekerjaan dan menghasilkan uang selanjutnya adalah menulis. 

Saat ini kegiatan menulis ini semakin banyak diminati. Banyak orang yang menyalurkan hobinya ini dengan menjadi seorang penulis konten artikel atau blogger.  

Anda bisa menghasilkan uang dari setiap orang yang telah membaca hasil karya tulis Anda. Karena hobi ini terbilang mudah dan murah, banyak dari para pelajar dan anak muda memanfaatkan kegiatan ini sebagai ladang bisnis.

 

Memasak  

Kegiatan memasak mungkin menjadi kegiatan sehari-hari. Tetapi, kegiatan yang satu ini bisa Anda jadikan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Buatlah makanan dengan tampilan yang menarik dan juga memiliki rasa yang lezat, lalu foto hasil masakan Anda dan upload ke sosial media. 

Dengan bantuan sosial media, hasil masakan Anda akan lebih cepat dikenal oleh banyak orang dan akan mendatangkan keuntungan. Selain itu, Anda bisa menjualkan ke sesama rekan kerja Anda.

 

Baca Juga: Cara untuk Mengatasi Fenomena FOMO Agar Lebih Fokus Bekerja

 

Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki kreativitas yang tinggi dan suka membuat kerajinan tangan yang unik, hobi kerajinan tangan bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Saat ini banyak sekali orang-orang yang suka mengoleksi kerajinan tangan tetapi sangat sulit untuk menemukan penjualnya. Maka dari itu, kondisi ini bisa menjadikan peluang yang menguntungkan bagi Anda dengan menjual hasil kerajinan tangan secara online.

 

Desain Grafis

Banyak orang yang baru membuka usaha secara online dan berlomba-lomba membuat logo, desain produk, dan juga iklan yang menarik. Tetapi, tidak semua para pemilik usaha bisa mendesain produk mereka sendiri. Padahal, salah satu trik penjualan barang dan jasa adalah desain campaign yang menarik. 

Jika Anda memiliki skill dalam bidang desain, hobi ini bisa menjadi pekerjaan dan sangat menguntungkan. Anda bisa menawarkan jasa membuat desain kepada para pemilik usaha dan menentukan tarifnya.

 

Berbelanja 

Saat ini, kegemaran akan berbelanja bukan lagi untuk berfoya-foya atau menghabiskan uang. Jika Anda memiliki hobi ini, cobalah untuk membuka jasa titip atau jastip. 

Kegiatan jastip sudah banyak dilakukan oleh banyak orang dengan menjual kembali barang yang sudah mereka belanjakan dengan menambahkan ongkos belanja dari setiap barang. Hobi ini secara tidak langsung juga menolong banyak orang yang tidak mempunyai akses untuk membeli barang tertentu seperti orang yang tinggal di wilayah luar kota. 

Bagaimana? Apakah Anda memiliki salah satu hobi di atas? Jika Anda selalu tekun menjalani hobi dengan baik, bukan tidak mungkin hobi Anda bisa jadi uang! Kin hobi pun bukan lagi sekadar kegiatan pengisi waktu luang, tetapi juga bisa menghasilkan uang. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!