Human Capital Management: Arti, Manfaat, Tugas, dan Strateginya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Human Capital Management: Arti, Manfaat, Tugas, dan Strateginya
Isi Artikel

Apa itu Human Capital Management (HCM)? Pengertian singkat istilah tersebut adalah strategi peningkatan SDM karyawan sebuah perusahaan sebagai sebuah bentuk investasi.

Pasalnya, pegawai merupakan aset yang dapat meningkatkan produktivitas, nilai, dan popularitas perusahaan melalui keterampilan yang mereka miliki.

Jadi, dalam praktiknya, HCM akan melibatkan serangkaian proses dan praktek dalam suatu siklus kerja karyawan secara menyeluruh.

Mulai dari proses recruitment, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, hingga pengembangan karier. Proses yang sangat panjang, namun memberikan banyak sekali manfaat untuk perusahaan.

Apa itu Human Capital Management

Menurut situs ibm, Human Capital Management adalah sebuah proses dan alat yang digunakan untuk menarik, merekrut, melatih, mengembangkan, mengelola, dan mempertahankan karyawan untuk mencapai tujuan bisnis.

Setiap perusahaan bergantung pada karyawan untuk mencapai tujuan dan hasil yang sesuai keinginan. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengembangkan keterampilan utama karyawan.

Disinilah fungsi human capital management yaitu membantu melakukan identifikasi kesenjangan keterampilan, melakukan pelatihan, dan rekrutmen tenaga yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Manfaat Human Capital Management

Lantas, apa saja manfaat dari pelaksanaan strategi HCM tersebut?

1. Membentuk Karyawan Unggul

Segala proses pelaksanaan HCM akan menghasilkan pegawai yang bekerja secara efektif, efisien, dan produktif.

Supaya mempermudah pemantauan progress, Anda tidak perlu melakukannya secara konvensional, karena bisa memanfaatkan software LinovHR yang memantau keseluruhan aktivitas dan progress karyawan sejak hari pertama bekerja.

2. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Human Capital Management juga membantu perusahaan meningkatkan kepuasan karyawan, karena dapat memberikan apresiasi yang tepat terhadap perkembangan yang ditunjukkan.

Mulai dari kenaikan jenjang karier, pengembangan keterampilan, dan kompensasi material yang memuaskan. Hal ini otomatis menambah loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

3. Menemukan Kandidat yang Tepat dan Mengetahui Kelemahan

Penempatan karyawan (talent acquisition) sering tidak sesuai hingga menimbulkan kelemahan terhadap perusahaan.

Melalui strategi HCM, perusahaan jadi lebih mudah mengenali kelebihan dan kelemahan karyawan, sehingga dapat melakukan penempatan yang sesuai. Begitu pula pegawai dapat mengetahui kekurangan diri dan memperbaikinya.

4. Membantu dalam Menemukan Weakness

Bagian besar dari HCM adalah menyediakan alat bagi karyawan yang memungkinkan mereka menilai diri mereka sendiri. Ketika seseorang dapat mengidentifikasi area yang lemah, mereka cenderung lebih antusias untuk memperbaikinya.

Hal ini bisa membantu perusahaan dalam menyesuaikan kriteria pada saat melakukan pengembangan kemampuan karyawan atau saat melakukan rekrutmen untuk mengisi posisi yang kosong secara efektif.

5. Membuat Proses Rekrutmen Lebih Efektif

Human capital management yang baik dapat membuat proses perekrutan jadi jauh lebih efektif dalam menarik kandidat yang berkualitas.

Hal ini disebabkan karena perusahaan mampu membuat strategi yang tepat dalam proses perekrutan.

6. Membuat Karyawan Berada pada Posisi yang Tepat

Human capital management dapat membantu perusahaan dalam mencocokan setiap kandidat pada posisi yang tepat sehingga kandidat bisa bekerja secara maksimal dalam menggunakan kemampuan mereka. 

Dengan begitu, karyawan bisa mendapatkan kepuasan dalam bekerja dan perusahaan bisa mendapatkan manfaat dari produktivitas, efisiensi, serta loyalitas yang besar pada karyawan.

Baca Juga: Kiat Merancang Human Capital Development Plan

7. Membentuk Pendekatan antara Perusahaan dengan Karyawan

Membentuk pendekatan yang jauh lebih baik merupakan upaya untuk mendorong atasan untuk sering berkomunikasi dan terbuka dengan karyawan, dan ini adalah bagian yang dilakukan dari human capital management yang efektif.

Jika dilakukan tepat sasaran, memungkinkan manajemen dan karyawan akan berkomunikasi secara bebas dan terbuka.

Sehingga tercipta budaya yang positif. Budaya yang positif dapat mendukung perkembangan karyawan dan merasa jauh lebih diterima dan bertahan dalam waktu yang lama.

Hal ini tentu tidak lepas dari HCM yang tepat dalam perusahaan.

8. Meningkatkan Skill Komunikasi

Sebagian besar HCM fokus pada transparansi dan komunikasi yang terbuka. Hal ini dapat dengan cepat membidik karyawan yang mungkin tidak berkembang karena kurangnya keterampilan komunikasi dan membantu untuk menemukan cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut.

9. Meningkatkan Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan

Program HCM menampilkan fungsionalitas tinjauan yang kuat yang memungkinkan Anda untuk terus melacak kemajuan dan perkembangan karyawan.

Fungsionalitas ini memungkinkan perusahaan dengan mudah mengidentifikasi area lemah di mana keterampilan karyawan perlu ditingkatkan.

Ini juga memastikan bahwa karyawan tetap mengikuti perkembangan terbaru di bidangnya dengan merekomendasikan pelatihan sesuai kebutuhan dan mendorong pertumbuhan organik.

Bagian terbaiknya adalah karyawan mengambil peran aktif dalam proses tersebut, sehingga mereka menjadi lebih mandiri dan lebih mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang berubah, yang menguntungkan perusahaan secara keseluruhan.

10. Meningkatkan ROI Perusahaan

Return of Investment (ROI) perusahaan juga pasti mengalami peningkatan berkat meningkatnya keterampilan dan produktivitas karyawan.

Melalui kesepadanan kompensasi yang perusahaan tawarkan, secara otomatis pegawai akan berusaha memberikan yang terbaik sebagai imbal balik.

7 Tugas Terkait Human Capital Management

Ada tujuh tugas utama dari pelaksanaan strategi HCM supaya dapat tercapai sesuai harapan. Apa saja?

  1. Perencanaan SDM dengan baik, dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan sebagai prioritas.
  2. Rekrutmen dan seleksi karyawan berkualitas.
  3. Pengembangan kualitas karyawan.
  4. Manajemen kinerja pegawai secara menyeluruh, mulai dari penetapan tujuan hingga evaluasi berkala.
  5. Pemberian kompensasi berikut manfaat sesuai dengan kinerja karyawan.
  6. Manajemen bakat, sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi kemampuan karyawan secara tepat dan mengoptimalkan pengembangannya.
  7. Menganalisa data SDM melalui progress yang ditunjukkan, dapat dibantu oleh software HR seperti LinovHR.

Strategi Human Capital Management yang Bisa Diterapkan di Perusahaan Anda

Untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia, HR perlu memprioritaskan pengalaman karyawan dan menjadi pendorong efektivitas perusahaan dan strategi bisnis.

Berikut adalah empat strategi HCM yang dapat Anda implementasikan dalam perusahaan Anda.

1. Mengembangkan Strategi Komunikasi Internal

Upayakan untuk menjangkau seluruh karyawan, khususnya dalam proses transisi. Sampaikan apa yang perlu mereka capai, situasi yang sedang terjadi, tantangan di depan, dan segala informasi terperinci.

Buat mereka memahami apa yang perusahaan inginkan dan peranan mereka dalam mencapainya. 

2. Mendengarkan Karyawan

Bukan sekadar menyampaikan keinginan, berikan kesempatan karyawan untuk mengutarakan pendapat. Buat sesi tanya jawab dan biarkan mereka menyampaikan pemikiran, kemudian lakukan diskusi secara terbuka.

Hal ini akan membuat mereka merasa berharga dan lebih semangat berkontribusi pada perusahaan. 

3. Menyelaraskan Tujuan Human Capital Management dengan Perusahaan

Pastikan Key Performance Indicator (KPI) manajemen SDM selaras dengan KPI perusahaan. Mengapa demikian? Supaya karyawan dan perusahaan sama-sama siap menghadapi tantangan yang ada di depan.

Ketika tiada keselarasan, tentunya lebih sulit bagi kedua belah pihak menghadapi kompetitor atau perubahan pasar.

4. Investasi dengan Software HRD

Melakukan pemantauan kinerja karyawan secara konvensional tentu menghabiskan banyak waktu dan tenaga dengan hasil yang kurang maksimal. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan bantuan software HRD untuk mempermudah tugas tersebut. LinovHR merupakan pilihan perangkat lunak terbaik dan akurat untuk kebutuhan tersebut.

Kembangkan Strategi Human Capital Management Perusahaan dengan LinovHR

software hris

Di dalam menjalankan strategi Human Capital Management, mengapa memilih LinovHR?

Pasalnya, software yang satu ini mampu menjadi solusi untuk pengembangan sumber daya manusia sekaligus peningkatan strategi perusahaan yang lebih unggul melalui banyak modul yang ditawarkan.

Modul-modul tersebut, antara lain: payroll, learning, and development, absensi, hingga penyimpanan database. Melalui modul-modul tersebut, investasi terhadap karyawan yang diharapkan dari penerapan HCM akan tercapai.

Sekali lagi, karyawan merupakan investasi paling berharga perusahaan, oleh karenanya patut disediakan lahan untuk berkembang.

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter