human capital management

Strategi Human Capital Management untuk Peningkatan Pengelolaan SDM

Human capital management (HCM) adalah pendekatan SDM yang berfokus pada orang yang menyatukan berbagai proses sumber daya manusia untuk bekerja sebagai satu kesatuan, mulai dari perekrutan, hingga penggajian dan tunjangan, dan manajemen tenaga kerja dan kinerja. 

Dengan strategi manajemen sumber daya manusia yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaat dari proses manajemen karyawan yang lebih efisien dan hemat biaya.

Kunci HCM strategis adalah memperlakukan karyawan Anda seperti investasi. Untuk melakukan itu, Anda harus memperhitungkan semua bagian dari siklus hidup karyawan, mulai dari perekrutan hingga pensiun. Tanpa mempertimbangkan hal ini, strategi manajemen sumber daya manusia Anda tidak akan pernah seefektif yang seharusnya.

 

Manfaat Strategi Human Capital Management yang Akurat

Setelah mengetahui apa itu human capital management, penting juga bagi Anda untuk mengetahui strategi dari HCM. Strategi HCM mengacu pada pengelolaan karyawan, mempekerjakan karyawan yang tepat, melatih mereka, meningkatkan keterampilan mereka, memanfaatkan pengetahuan mereka secara maksimal, yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan.

Mari kita lihat manfaat dari strategi manajemen sumber daya manusia yang dapat meningkatkan perusahaan!

 

Membentuk Karyawan Unggul

Human capital management diarahkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan secara keseluruhan. Alih-alih mempekerjakan seseorang untuk melatihnya, software ini memungkinkan Anda melacak kemajuan karyawan sejak hari pertama.

Tentu saja, selama Anda mematuhi strategi human capital management saat merekrut seorang karyawan, Anda seharusnya sudah memiliki kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Proses selanjutnya dirancang untuk membantu karyawan tersebut berkembang, yang menguntungkan karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

 

Menemukan Kandidat yang Tepat

Manfaat lainnya dari human capital management adalah membuat talent acquisition lebih mudah dan efektif. Akuisisi yang efektif juga melibatkan penggunaan proses induksi yang tepat, yang harus mencakup sesi interaktif yang membuat karyawan baru mengetahui tentang kebijakan perusahaan dan dengan berbagai aspek dalam melakukan pekerjaan mereka.

 

Membantu dalam Menemukan Weakness

Bagian besar dari HCM adalah menyediakan alat bagi karyawan yang memungkinkan mereka menilai diri mereka sendiri. Ketika seseorang dapat mengidentifikasi area yang lemah, mereka cenderung lebih antusias untuk memperbaikinya.

 

Membentuk Pendekatan antara Perusahaan dengan Karyawan

Membentuk pendekatan yang jauh lebih baik merupakan upaya untuk mendorong atasan untuk sering berkomunikasi dan terbuka dengan karyawan, dan ini adalah bagian yang dilakukan dari human capital management yang efektif. Jika dilakukan tepat sasaran, memungkinkan manajemen dan karyawan akan berkomunikasi secara bebas dan terbuka.

 

Meningkatkan Skill Komunikasi

Sebagian besar HCM fokus pada transparansi dan komunikasi yang terbuka. Hal ini dapat dengan cepat membidik karyawan yang mungkin tidak berkembang karena kurangnya keterampilan komunikasi dan membantu untuk menemukan cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut.

 

Meningkatkan Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan.

Program HCM menampilkan fungsionalitas tinjauan yang kuat yang memungkinkan Anda untuk terus melacak kemajuan dan perkembangan karyawan. Fungsionalitas ini memungkinkan perusahaan dengan mudah mengidentifikasi area lemah di mana keterampilan karyawan perlu ditingkatkan.

Ini juga memastikan bahwa karyawan tetap mengikuti perkembangan terbaru di bidangnya dengan merekomendasikan pelatihan saat dibutuhkan. Bagian terbaiknya adalah karyawan mengambil peran aktif dalam proses tersebut, sehingga mereka menjadi lebih mandiri dan lebih mampu beradaptasi dengan situasi dan lingkungan yang berubah, yang menguntungkan perusahaan secara keseluruhan.

 

Strategi Human Capital Management yang Bisa Diterapkan di Perusahaan Anda

Untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia, HR perlu memprioritaskan pengalaman karyawan dan menjadi pendorong efektivitas perusahaan dan strategi bisnis. Berikut adalah empat strategi HCM yang dapat Anda implementasikan dalam perusahaan Anda.

 

Mengembangkan Strategi Komunikasi Internal.

Menjangkau setiap karyawan dengan komunikasi yang relevan memang menjadi hal penting. Karyawan yang merasa terinformasi dengan baik tentang apa yang terjadi di tempat kerja berkinerja lebih baik dan lebih produktif. Selama masa perubahan dan transisi, strategi komunikasi internal yang efektif meningkatkan manajemen sumber daya manusia.

 

Mendengarkan Karyawan

Setiap kali perusahaan menerapkan kebijakan baru, karyawan membutuhkan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat mereka. Proses ini bisa sesederhana memberikan sesi tanya jawab, di mana karyawan dapat menyampaikan pendapat mereka.

Mendengarkan karyawan akan mengirimkan pesan yang kuat bahwa perusahaan peduli dengan apa yang mereka pikirkan, dan ini dapat membantu meningkatkan semangat kerja. Hal ini juga memberi Anda kesempatan untuk melihat apakah karyawan bingung tentang perubahan. Komunikasi dua arah adalah jantung dari manajemen sumber daya manusia yang hebat.

 

Menyelaraskan Tujuan HCM dengan Perusahaan

Tujuan utama dibalik pencapaian keselarasan ini adalah upaya pengelolaan sumber daya manusia yang dapat mengatasi tantangan bisnis. Bicaralah dengan pimpinan perusahaan secara teratur dan pastikan KPI manajemen sumber daya manusia Anda selaras dengan KPI perusahaan.

 

Baca Juga : 5 Alasan Perusahaan Harus Menggunakan Sistem KPI

 

Investasi dengan Software HRD

Menggunakan software HRD akan membantu perusahaan dalam meningkatkan sumber daya manusia yang semakin unggul. Pastinya dibutuhkan software yang lengkap dan pastinya aman seperti LinovHR.

 

software hris

 

LinovHR merupakan solusi untuk mengembangkan sumber daya manusia sekaligus meningkatkan strategi perusahaan yang lebih unggul. Dengan banyak modul yang ditawarkan seperti payroll, learning and development, absensi, hingga penyimpanan database.

Pembentukan strategi human capital management sangat penting untuk pengemabngan karaywan agar semakin berkembang. Karyawan merupakan investasi paling berharga dalam sebuah perusahaan, oleh karena itu patut Anda sediakan lahan untuk berkembang agar semakin unggul.

 

Gunakan LinovHR agar tujuan Anda akan terwujud secepat mungkin!

Karena semua #EasyWithLinovHR. Good luck!