surat pengalaman kerja

Pentingnya Surat Pengalaman Kerja untuk HR & Karyawan

Ketika melamar pekerjaan, karyawan akan menyertakan berbagai dokumen penunjang. Surat pengalaman kerja adalah salah satunya. Surat ini akan membantu Anda sebagai job seeker mendapatkan pekerjaan impian Anda. Sementara bagi HRD, surat ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk menerima karyawan. Bagaimana bisa? Simak ulasannya berikut ini! 

 

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang dikeluarkan suatu perusahaan atau organisasi untuk menunjukkan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan selama beberapa waktu tertentu. Surat ini adalah bukti yang kredibel. Surat kerja ini hanya diperuntukkan kepada karyawan dengan catatan riwayat kerja yang baik dan telah bekerja lebih dari setahun. Adapun informasi yang dijelaskan dalam surat pengalaman ini adalah job desc dan sikap karyawan selama bekerja, lama hubungan kerja, dan penyebab putusnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. 

 

Alasan Karyawan Membutuhkan Surat Pengalaman Kerja

Persaingan bisnis semakin ketat, apalagi persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Perusahaan selalu berusaha untuk mendapatkan karyawan terbaik yang cocok dengan kondisi perusahaan. Surat pengalaman kerja secara tidak langsung adalah rekomendasi dan petunjuk bahwa karyawan telah bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa alasan kenapa surat pengalaman kerja menjadi penting :

  • Membuktikan Pengalaman Bekerja
  • Sebagai Syarat Administrasi untuk Melamar
  • Sebagai Bukti bukan Kutu Loncat
  • Penarikan Dana BPJS

 

Pentingnya Surat Pengalaman Kerja bagi HRD

Pencarian kandidat yang berkualitas dan cocok pun tak kalah sulitnya dengan mencari kerja bagi job seeker. Ditambah lagi persaingan dalam mendapatkan kandidat dengan kompetitor yang semakin ketat, HRD wajib melakukan manajemen SDM dengan menyeleksi semua kandidat secara keseluruhan. Bagi HRD, surat pengalaman kerja berguna sebagai bahan pertimbangan untuk menerima lamaran kerja. Memang banyak pencari kerja di luar sana yang memiliki berbagai kualifikasi dan talenta. Akan tetapi, tidak semua kandidat cocok dan sesuai dengan perusahaan. 

Surat ini tak hanya merujuk mengenai hard skill dan job desc, tetapi juga merujuk mengenai sikap karyawan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Nah, berbagai informasi yang ada dalam surat pengalaman kerja akan menunjukkan bagaimana gambaran sikap dan loyalitas karyawan jika karyawan akhirnya bergabung dalam perusahaan. Hal ini sangat penting untuk mengendalikan tingkat employee turnover atau jumlah karyawan yang mengajukan resign. 

 

Baca Juga: 7 Program Kerja HRD untuk Turunkan Turnover Karyawan

 

Format Surat Pengalaman Kerja

Sama halnya dengan surat resmi yang ada dalam perusahaan, surat pengalaman kerja juga mempunyai format tertentu. Format ini hanya bisa digunakan dan disetujui oleh pihak yang berwenang, seperti manajer atau supervisor. Di bawah ini adalah format surat pengalaman kerja: 

    1. Kop Surat. Posisi kop surat ada di bagian atas dan menunjukkan identitas perusahaan berupa nama perusahaan, logo, alamat, nomor telepon, dan email.  
    2. Judul. Bagian judul diletakkan setelah kop surat dan menjadi penanda surat tersebut.  Fungsinya tak lain adalah untuk menunjukkan kepentingan surat agar tak tertukar dengan surat atau lampiran lain. 
    3. Nomor Surat. Sistem penulisan nomor surat biasanya disesuaikan dengan aturan suatu perusahaan atau organisasi. Contohnya adalah No. 01/HRD/VII/2020. 
    4. Identitas Penyusun Surat. Suatu surat resmi pasti dibuat oleh pihak yang berwenang dalam perusahaan. Bagian ini memuat nama lengkap dan jabatan dari pihak yang berwenang untuk menyusun dan menandatangani surat agar tidak terjadi pemalsuan surat.
    5. Identitas Karyawan.  Posisi identitas karyawan berada di bawah identitas penyusun surat. Informasi yang ditampilkan berupa nama lengkap karyawan dan  alamat sesuai KTP. 
    6. Kontribusi atau Keterampilan. Pada bagian ini memuat lama waktu bekerja, kontribusi,  keterampilan, sikap karyawan, dan alasan berakhirnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Dapat disertakan pula pandangan dari pimpinan atau manajer terhadap kinerja karyawan.

 

  • Penutup
  • Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  • Tanda Tangan dan Nama Terang

 

 

Baca Juga: 7 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Portofolio

 

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja sebenarnya cukup sederhana dan mudah dibuat. Namun, penyusunannya membutuhkan ketelitian agar tak salah tulis. Inilah contoh surat pengalaman kerja agar Anda semakin memahaminya: 

 

Contoh 1 

SURAT PENGALAMAN KERJA

NO XXI./HRD/VI-2020

 

Yang bertanda tangan dibawah ini: 

        Nama : Rosina Saputri

        Jabatan : Manajer HRD 

 

Dengan ini menerangkan nama yang tersebut dibawah ini: 

     Nama : Satrio Wibowo

     Tempat/Tgl Lahir : Denpasar, 5 Agustus 1996

     Alamat : Jl Kota Baru No 13, Bogor

Telah bekerja pada PT Aman Sentosa sebagai staff finance. Mulai bekerja sejak 19 Maret 2019 s/d 15 Agustus 2020. Yang bersangkutan berhenti karena habisnya masa kontrak di PT Aman Sentosa. Selama bekerja, saudara Satrio Wibowo telah menunjukkan reputasi dan dedikasi yang baik. Atas nama perusahaan kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini.

 

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan seperlunya.

 

                                                                                                                                                 Jakarta, 17 Agustus 2020

                                                                                                                                                      PT Aman Sentosa

 

                                                                                                                                                         Rosina Saputri

                                                                                                                                                          Manajer HRD

 

Contoh 2 

 

BIDAN PRAKTEK MANDIRI (BPM)

SOESRINI SOMARNO

Jl. Sentosa Damai, Tangerang. Telp : 021-78645

 

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor: XXX/VI/2019

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Soesrini Somarno

Alamat : Jl. Sentosa Damai, Tangerang

 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama : Saftri Ayu

Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 13

 

Telah bekerja di Klinik Soesrini Somarno sejak tanggal 12 Agustus 2018 sampai 16 Januari 2020 dengan jabatan terakhir sebagai bidan. Selama menjadi karyawan kami, saudara Safitri Ayu telah mampu bekerja dengan baik dan menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya. Dalam hal ini saudara Safitri Ayu telah mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar pihak yang berkepentingan maklum.

 

Tangerang, 16 Agustus 2020

 

 Soesrini Somarno

 

Surat pengalaman kerja dapat memperlancar komunikasi dan ekspetasi awal antara HRD dan karyawan. Dengan begitu, dapat terbentuk hubungan kerja yang baik di awal. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, alasan mengapa karyawan dan HRD membutuhkan surat pengalaman kerja. Semoga penjelasan ini dapat membantu menambah wawasan Anda!