human capital development plan

Kiat Merancang Human Capital Development Plan

Pernahkah Anda mendengar tentang human capital development plan? Istilah human capital development adalah bagian penting dari departemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang memungkinkan perusahaan mengembangkan pemimpin dalam organisasi bisnis, meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan.

Selain itu perencanaan ini juga berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja, dan meningkatkan fungsi manajemen secara efisien dan efektif yang biasa dilakukan melalui berbagai pelatihan.

 

Mengapa Human Capital Penting dalam Perusahaan?

Karena hampir setiap pemimpin menganggap bahwa karyawannya adalah aset yang berharga, maka human capital dalam perusahaan pun juga dianggap penting untuk karyawan dan bisnis perusahaan. Berikut ulasan mengapa human capital dianggap sangat penting.

  1. Sumber daya manusia dapat berdampak besar dan berpengaruh pada bisnis di perusahaan. Selain tugas dan kepentingan karyawan dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Kehadiran mereka juga dianggap mempengaruhi laba dan langkah penting sebelum menyusun rencana.
  2. Masalah sumber daya manusia tidak boleh dipandang sebagai tambahan atau beban biaya, tetapi sebagai investasi yang akan memberikan feedback yang diharapkan. Dari sudut pandang sumber daya manusia, Anda dapat membantu meningkatkan pendapatan per karyawan, atau mengoptimalkan atau meminimalkan biaya per karyawan.
  3. Targetkan strategi pada industri dan bisnis dengan mempekerjakan karyawan Anda yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, jangan meniru praktik strategi perusahaan lain, terutama strategi dalam sepuluh tahun terakhir.
  4. Ketika mulai mempraktekkan strategi, pastikan semua strategi itu bekerja sama dan terintegrasi satu sama lain. Jika tidak, maka berarti ada yang salah dengan strategi tersebut.
  5. Membantu memaksimalkan nilai investasi perusahaan pada pelanggan ke depan. Ini berarti Anda harus berpikir ke depan tentang apa yang ingin Anda capai dan seperti apa hasil yang Anda inginkan. Karena itu, penting untuk merencanakan hasil apa yang Anda harapkan berdasarkan tolak ukur yang ada.

 

Baca Juga: Software SDM: Cara Jitu Memaksimalkan Produktivitas Karyawan

 

Kiat Merancang Human Capital Development Plan

Untuk merancang human capital development plan bukanlah proses yang cepat dan mudah karena prosesnya yang panjang dan hasilnya tidak bisa dirasakan dalam waktu singkat. Tak jarang, ada juga yang gagal karena kesulitan untuk menetapkan tujuan dari penerapan manajemen ini.

Karena itu, terdapat beberapa strategi yang bisa dipertimbangkan untuk merancang human capital development di perusahaan Anda.

  1. Tetapkan visi yang terarah, yang melibatkan pemahaman lengkap tentang sebuah perusahaan demi mencapai arah strategis yang jelas. Penting juga untuk memahami kendala anggaran, visi dan misi perusahaan, serta harapan juga syarat dari para stakeholders, dan kebutuhan tenaga kerja saat ini.
  2. Pahami dengan jelas tujuan dari human capital development plan antara kesenjangan dan keadaan saat ini dalam mengembangkan tujuan perencanaan SDM yang tidak hanya akan meningkatkan efisiensi seluruh karyawan dan juga perusahaan.
  3. Menyederhanakan proses perekrutan pada staf, sehingga tidak mengecilkan hati bagi karyawan saat ini dan calon karyawan. Penyederhanaan proses akan mengurangi pemborosan waktu dan uang, meningkatkan daya saing dan profitabilitas perusahaan yang akan menghasilkan prospek yang lebih berkualitas dan pemilihan bakat yang lebih baik.
  4. Mengenali prestasi dan kemampuan karyawan, juga dengan memberi insentif pada karyawan sebagai bentuk menghargai upaya karyawan dan alasan untuk terus bekerja lebih baik.
  5. Rencanakan perekrutan berdasarkan kebutuhan perusahaan dengan cara memilih kandidat dengan keterampilan yang tepat untuk posisi yang sedang dibutuhkan saat ini.

 

Software HRD LinovHR: Tingkatkan Pengelolaan Karyawan di Perusahaan Anda

Mengingat human capital development sangat dibutuhkan, maka meningkatkan pengelolaan karyawan di perusahaan pun tak kalah penting untuk diterapkan. Karenanya, LinovHR hadir untuk membuktikan eksistensinya sebagai vendor Software HRD terbaik dengan membantu banyak client dari berbagai perusahaan dalam mengelola karyawan dengan fitur canggih, seperti: 

  1. Employee Survey, untuk mengolah masukan dari para karyawan demi kemajuan perusahaan yang lebih impresif, serta mendapatkan informasi yang dijamin keamanan serta kerahasiaannya. 
  2. Performance Review, hadir demi meningkatkan kualitas kinerja dengan assessment agar menjadi sarana yang tepat untuk membantu karyawan mengembangkan dirinya jauh lebih baik. 
  3. Modul Competency, untuk memperjelas jenjang karier yang disediakan perusahaan agar karyawan semakin termotivasi dalam bekerja.

 

Baca Juga: 5 Isu Strategis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Merancang human capital development plan adalah awal yang baik untuk melibatkan karyawan dengan kualitas pekerjaannya sehingga menjadi lebih baik lagi. Ketika pengembangan sumber daya karyawan dilakukan dengan baik, maka mereka secara otomatis akan meningkatkan kualitas kerjanya jauh lebih baik. Lagi-lagi, perusahaan juga pasti akan mendapat keuntungan dengan pengelolaan sumber daya manusia berupa kualitas  karyawan yang unggul.