inventaris perusahaan

7 Inventaris Perusahaan yang disediakan untuk Karyawan

Meminjamkan inventaris perusahaan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menunjang keberlangsungan proses kerja. Beberapa barang yang bisa dipinjam itu meliputi sarana maupun prasarana. Terdapat beberapa alasan perusahaan meminjamkan aset atau barang-barangnya kepada karyawan. 

Peminjaman sejumlah barang inventaris kepada karyawan akan memudahkan dan mempercepat proses kerja. Karena barang-barang yang diberikan pastinya sudah dilakukan pengecekan kualitas barang sehingga para karyawan bisa mengoperasikannya dengan baik.

Alasan lain mengapa perusahaan memberikan pinjaman inventaris adalah memberikan fasilitas kepada karyawan agar terciptanya kenyamanan dalam bekerja. Jadi, para karyawan tidak perlu membawa barang pribadi mereka dan hanya tinggal memanfaatkan segala fasilitas yang diberikan. Tentu saja hal ini akan menambah kenyamanan dalam bekerja. 

Di bawah ini terdapat beberapa contoh daftar inventaris perusahaan yang umum dipinjamkan kepada karyawan. 

 

  • Laptop atau Komputer

Laptop atau komputer merupakan salah satu barang penting yang harus tersedia di perusahaan. Karena kedua barang tersebut merupakan alat utama yang digunakan karyawan pada saat bekerja.

Penggunaan laptop atau komputer bisa dikatakan efektif karena proses kerja bisa dilakukan secara cepat. Maka dari itu, laptop maupun komputer merupakan barang wajib yang harus dipinjamkan.

 

  • Printer 

Selain laptop atau komputer, printer juga merupakan barang yang menjadi daftar pinjaman inventaris perusahaan kepada karyawan.  Tidak dipungkiri walau di beberapa kantor sudah menerapkan paperless, beberapa perusahaan baik kecil maupun besar masih menggunakan kertas untuk melakukan kegiatan penting seperti surat-menyurat, pembuatan kontrak kerja, hubungan kerja sama, dan lainnya.

 

Baca Juga: Software Absensi dan Penggajian: Solusi Kelola Payroll dan Kehadiran

 

  • Meja dan Kursi

Agar para karyawan bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan nyaman, pastinya di setiap kantor akan menyediakan meja dan juga kursi untuk digunakan oleh tiap karyawan. Jumlah meja dan kursi yang digunakan akan dicatat ke dalam daftar inventaris agar persediaannya bisa terus menucukupi jumlah karyawan.

 

Baca Juga: Karyawan Tiba-Tiba Mangkir! HRD Harus Bagaimana? 

 

  • Alat Tulis

Alat tulis yang menjadi barang yang dipinjamkan perusahaan antara lain berupa pensil, pulpen, rautan, spidol, highlighter, dan yang lainnya. Alat tulis akan selalu tersedia untuk kebutuhan penting seperti tanda tangan, pencatatan, dan sebagainya.

 

  • Kendaraan 

Jika karyawan Anda memiliki tugas yang mengharuskan mereka untuk bekerja di luar kantor seperti bertemu dengan client, atau melakukan dinas luar, kendaraan menjadi barang penting untuk dipinjamkan kepada karyawan.

 

  • Alat Makan

Menyediakan alat makan di dalam kantor juga tidak boleh terlupakan. Karena setelah lama melakukan aktifitas kerja kurang lebih selama 4 jam, tubuh juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Dengan menyediakan alat makan dan juga minum, karyawan bisa dengan mudah menggunakannya di saat waktu istirahat.

 

Baca Juga: Apakah Perusahaan Wajib Memberikan Uang Makan Kepada Karyawan? 

 

  • Handphone

Agar komunikasi dengan client atau kepada pihak di luar kantor tidak tercampur dengan urusan pribadi, terdapat perusahaan yang memberikan pinjaman handphone kepada beberapa karyawan yang akan berhubungan dengan pihak luar. Jadi komunikasi dan urusan bisnis perusahaan bisa berjalan dengan efektif.

 

Kelola Barang Pinjaman Kepada Karyawan dengan Modul Personnel Administration dari LinovHR!

Inventaris perusahaan yang disediakan untuk karyawan bertujuan agar karyawan betah dan nyaman bekerja di kantor. Agar aset yang diberikan bisa selalu terpantau, perusahaan harus selalu melakukan pencatatan dan pengelolaan inventaris perusahaan dengan baik.

Salah satu cara terbaik agar pengelolaan inventaris perusahaan bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan memanfaatkan Modul Personnel Administration dari LinovHR.

Kegunaan dari modul tersebut akan mengelola seluruh informasi karyawan yang berkaitan dengan aset perusahaan yang diberikan secara otomatis dan juga efektif.

Dengan memanfaatkan modul Personnel Administration, divisi HR perusahaan dapat mengelola data informasi sumber daya manusia secara detail. Jadi, kesalahan dalam penginputan atau pencatatan data akan terminimalisir jika memanfaatkan modul ini.

Pendata segala barang pinjaman kepada karyawan dengan rinci dan lengkap juga bertujuan agar perusahaan dapat melakukan pemeliharaan inventaris berkala yang lebih baik. Pihak karyawan pun juga dapat mempertanggungjawabkan segala barang yang digunakan dengan sebaik-baiknya. 

Ingin info lebih lanjut soal modul Personnel Administration? Hubungi LinovHR sekarang juga! 

LinovHR.COM/Contact-Us/