fasilitas yang diharapkan

10 Fasilitas yang Diharapkan Karyawan Selain Gaji

Gaji memang menjadi salah satu fasilitas yang diharapkan oleh seorang karyawan saat bekerja. Karena gaji adalah upah yang diberikan sesuai kerja dan kapasitas. Tetapi ada fasilitas diluar gaji yang diharapkan karyawan. Misalnya saja penambahan susunan ruang kerja, jam kerja dan lain sebagainya. Fasilitas yang diharapkan ini selain dapat menambah semangat karyawan, juga bisa meningkatkan kinerja. Apa saja fasilitas kerja yang diharapkan karyawan selain gaji? Simak ulasannya.

 

Manfaat Pemberian Fasilitas Kerja

Pemberian fasilitas kerja selain gaji memiliki beberapa manfaat. Manfaat ini bisa memberikan dampak baik bagi karyawan maupun juga bagi perusahaan. Apa saja manfaat pemberian fasilitas kerja selain gaji?

  1. Meningkatkan motivasi bekerja karyawan yang akan berdampak pada hasil kinerja
  2. Karyawan merasa dihargai oleh perusahaan.
  3. Meningkatkan loyalitas karyawan
  4. Perusahaan menjaga karyawannya yang memiliki skill dan kapabilitas
  5. Memacu karyawan untuk bekerja lebih giat lagi. 
  6. Meningkatkan daya tarik perusahaan di mata calon karyawan di masa depan. Dengan sendirinya perusahaan lebih mudah menyaring tenaga kerja potensial dan berkualitas. 
  7. Menunjukkan kelebihan perusahaan dibandingkan perusahaan kompetitornya

 

10 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji

Apa saja fasilitas kerja yang diharapkan karyawan diluar gaji yang diterima? Berikut penjabarannya.

 

1. Tata Ruang Kerja yang Nyaman

Belakangan ini trend ruang bekerja di kantor sudah bergeser. Dari bentuk cubicle yang membosankan beralih ke penggunaan tata ruang kantor yang terbuka. Penataan ruang kantor jenis ini seringkali disebut sebagai open space office. 

Tata ruang kerja yang terbuka membuat karyawan tidak merasa sedang berada di kantor. Karyawan akan merasa nyaman dan mudah berinteraksi dengan sesama karyawan. Kerjasama antar divisi pun akan menjadi lebih terbuka dan cair.

 

Baca Juga : Tata Ruang Kantor Terbuka VS Tata Ruang Tertutup, Mana yang Terbaik?

 

2. Fasilitas Kebugaran dan Kesehatan

Fasilitas kebugaran bagi karyawan memiliki dampak positif. Karyawan akan menjadi tidak mudah sakit. Otomatis produktivitas karyawan akan tetap terjaga. Fasilitas kebugaran bisa berupa gym kecil di kantor, potongan harga ke fasilitas kebugaran, atau penyediaan layanan cek kesehatan berkala secara gratis. 

 

3. Pengakuan Kinerja

Pengakuan kinerja atau prestasi bagi karyawan sangat penting. Tidak melulu mengenai bonus uang. Tetapi pengakuan terhadap karyawan akan membuat karyawan merasa prestasinya diakui. Misalnya dengan membuat seremoni sederhana, memasang foto sebagai karyawan berprestasi atau mengadakan outing bersama. Jangan sampai perusahaan kehilangan karyawan terbaiknya hanya karena perusahaan luput memberi pengakuan atas kinerja.

 

4. Fasilitas Ramah Anak

Saat ini banyak sekali orang tua yang harus bekerja meninggalkan anak. Perusahaan yang memberikan fasilitas ruang untuk keluarga karyawan akan sangat dihargai. Contohnya adalah ruang day care yang bisa dimanfaatkan oleh karyawan yang memiliki balita. 

 

5. Kepedulian Terhadap Keluarga

Perusahaan yang memanusiakan karyawan akan menjadi perusahaan idaman. Misalnya saja kemudahan mengurus cuti melahirkan atau hamil. 

Kemudian fleksibilitas waktu bagi karyawan ketika salah satu anggota keluarganya sakit atau sedang mengalami kedaruratan. 

 

6. Fasilitas Makan Siang

Ini mungkin terdengar sepele. Tetapi kebutuhan makan adalah kebutuhan dasar yang dimiliki setiap orang. Termasuk bagi para karyawan. 

Jika perusahaan memberikan makan siang gratis dengan sendirinya waktu menjadi lebih efisien. Karyawan tidak perlu lagi keluar kantor hanya untuk mencari makan siang. Perusahaan pun menjaga kesehatan karyawannya dengan menyediakan menu yan sehat dan bersih. 

 

7. Jam Kerja Fleksibel

Waktu kerja yang fleksibel mulai menjadi idaman fasilitas yang diharapkan selain gaji saat ini. Terutama sejak terjadinya trend work from home bukan saja pada saat pandemi, namun juga jauh sebelum itu. Perusahaan yang memberikan kelonggaran jam kerja akan membuat karyawan nyaman. Selama target kerja terpenuhi sesuai standar kualitas maka produktivitas pun akan terus meningkat. 

 

8. Fasilitas Cuti

Fasilitas yang diharapkan berikutnya adalah pemberian cuti tambahan. Terlebih lagi jika ditambahkan dengan fasilitas cuti berbayar. Sehingga karyawan tetap merasa tenang ketika sedang mengambil cuti karena mereka tetap mendapatkan kompensasi.  Perusahaan juga bisa menambah hari cuti. Misalnya saja karyawan berhak mengambil cuti setiap hari ulang tahun mereka. Atau perusahaan memberikan cuti beberapa hari setelah seorang karyawan menyelesaikan proyek besar. 

 

Baca Juga: Mudah Mengajukan dan Mengelola Cuti Online dengan Software HRD

 

9. Fasilitas Rumah atau Tempat Tinggal

Fasilitas yang diharapkan selain gaji ini sangat menjadi pertimbangan terutama untuk perusahaan yang sedang membuka cabang baru. Sebagai contoh sebuah perusahaan melakukan ekspansi ke daerah lain. Untuk menjamin produktivitas maka perusahaan membutuhkan karyawan dari kota besar yang jauh dari cabang. Fasilitas pemberian rumah tinggal ini dapat menjadi pertimbangan utama bagi karyawan. 

 

software hris

 

10. Ruang Bermain dan Bersantai

Sudah banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas ini. Terutama bagi perusahaan yang bergerak di industri kreatif. Mereka menyadari karyawan bukanlah robot. Sehingga ketersediaan ruang bermain akan menjadi fasilitas yang diharapkan oleh karyawan. Di saat diskusi menemui kendala dan ide tidak kunjung muncul, maka sedikit refreshing dapat membantu karyawan untuk mendapatkan ide segar. Karyawan yang selalu fresh akan memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan. 

 

Itulah pembahasan mengenai beberapa fasilitas yang diharapkan selain gaji. Bagi para karyawan di era modern ini, gaji bukanlah satu-satunya fasilitas yang ingin didapatkan oleh karyawan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Fasilitas itu bisa berupa ruang kerja yang lebih nyaman dan terbuka, pola lingkungan kerja yang ramah terhadap anak dan keluarga, sampai dengan fleksibilitas jam kerja. 

Banyak keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari karyawan yang puas dengan perusahaan. Karyawan yang merasa nyaman otomatis memiliki loyalitas tinggi kepada perusahaan. Kinerja dan produktivitas pun dapat selalu terjaga dan mampu memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.