jenis kompetensi

Jenis-Jenis Kompetensi Menurut Beberapa Ahli

Kompetensi merupakan hal yang tidak asing lagi dalam sebuah perusahaan. Terdapat berbagai jenis kompetensi yang mempengaruhi kinerja karyawan. Yang dimaksud kompetensi sendiri adalah kemampuan seseorang dalam melakukan tugas atau bidang pekerjaan sesuai dengan skill yang mereka miliki. Kompetensi berkaitan dengan pengetahuan serta kesediaan seseorang untuk melakukan sesuatu agar menghasilkan keuntungan.

Lantas, apa saja jenis kompetensi yang ada dalam perusahaan? Ada beberapa jenis kompetensi yang dijelaskan menurut beberapa ahli. Mari kita gali jenis-jenis yang ada lebih dalam! 

 

Palan

Dalam buku berjudul Competency Management, Palan menyebutkan bahwa kompetensi adalah karakteristik dasar individu yang mempunyai hubungan dengan referensi atau efektivitas pekerjaan atau situasi khusus. Menurut Palan kompetensi diklasifikasikan ke dalam 4 jenis, antara lain:

 

  • Kompetensi Inti

Kompetensi inti adalah keinginan suatu organisasi untuk mendapatkan kompetensi dan nilai-nilai secara universal dan berlaku di seluruh organisasi yang diidentifikasi pada rangkaian diskusi kelompok agar menghasilkan daftar singkat.

 

Baca Juga: Cara Membuat Uji Kompetensi untuk Pegawai

 

  • Kompetensi Fungsional

Kompetensi fungsional adalah kompetensi yang menjelaskan aktivitas kerja dan hasil output seperti pengetahuan dan skill yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.

 

  • Kompetensi Perilaku

Kompetensi perilaku merupakan dasar yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan. Kompetensi ini dapat diidentifikasi dengan menggunakan teknik wawancara perilaku atau basis data generik.

 

  • Kompetensi Peran

Kompetensi peran lebih merujuk pada sebuah peran yang harus dijalankan pada setiap anggota tim.

 

Kunandar 

Sementara itu, menurut Kunandar kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang harus ada dalam seseorang untuk  mewujudkan kinerja  secara tepat dan efektif. Jenis kompetensi yang dijelaskan menurut Kunandar antara lain:

  • Kompetensi Intelektual

Kompetensi intelektual adalah pengetahuan yang dimiliki setiap orang untuk menjalankan tugasnya.

 

  • Kompetensi Fisik

Adalah kekuatan fisik yang diperlukan untuk melakukan aktivitas kerja di tempat kerja masing-masing individu.

 

  • Kompetensi Pribadi

Kemampuan seseorang untuk memahami, mewujudkan, mengenali, serta mentransformasikannya.

 

  • Kompetensi Sosial

Perilaku seseorang yang menjadi dasar pemahaman diri yang menjadi bagian dari lingkungan bersosial.

 

  • Kompetensi Spiritual

Kemampuan seseorang untuk memahami dan mengimplementasikan ilmu-ilmu agama yang dipercaya.

 

Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer

Penjelasan kompetensi menurut Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer hampir serupa dengan Kunandar, kompetensi adalah karakteristik utama yang wajib dimiliki oleh seseorang agar mampu melakukan tugas dalam pekerjaan. 

Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer dalam buku yang berjudul Surya Dharma tahun 2003 menjelaskan bahwa kompetensi terdiri dari 2 jenis, yakni: 

 

  • Kompetensi Dasar atau Threshold Competency

Adalah ciri utama yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan tugasnya, seperti halnya kemampuan membaca, menggambar, menulis, dan sebagainya.

 

  • Kompetensi Pembeda atau Differentiating Competency

Sedangkan untuk kompetensi pembeda adalah faktor-faktor yang membedakan antara seseorang dengan kinerja yang tinggi dengan orang yang memiliki kinerja yang rendah.

 

Charles E. Jhonson

Charles E. Johnson  berpendapat bahwa kompetensi merupakan kemampuan umum yang dimiliki seseorang untuk pekerjaan tertentu. Kompetensi yang dijelaskan menurut Charles E. Johnson terbagi kedalam 3 jenis, yaitu:

 

  • Kompetensi Pribadi atau Personal Competence

Adalah kemampuan individu pada hal yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian seseorang.

 

  • Kompetensi Profesional atau Professionalism Competence

Kemampuan seseorang pada setiap hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas tertentu yang diberikan di tempat kerjanya.

 

  • Kompetensi Sosial atau Social Competence

yang dimaksud kompetensi sosial adalah kemampuan individu yang berkaitan dengan kehidupan sosialnya.

 

Baca Juga : Menentukan Indikator Kompetensi Karyawan Bersama Software HRD LinovHR

 

Pemberlakuan kompetensi kepada sumber daya manusia di sebuah perusahaan adalah agar bisa melakukan persaingan bisnis secara sehat dengan memiliki karyawan yang berkompeten. Selain itu, kompetensi memiliki banyak manfaat yang dirasakan bagi karyawan maupun perusahaan.

Bagi perusahaan, kompetensi bermanfaat untuk mengefektifkan proses rekrutmen, melakukan program pelatihan yang berfokus pada kompetensi yang diinginkan perusahaan, proses penilaian akan lebih konsisten, memudahkan dalam mengambil keputusan, serta memudahkan jika sewaktu-waktu terjadi perubahan melalui identifikasi kompetensi untuk kebutuhan perusahaan.

Sedangkan manfaat kompetensi bagi karyawan adalah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan kerja, memantapkan dalam pemilihan karir, serta mendapatkan penilaian kinerja dengan hasil yang lebih objektif.

Demikianlah penjelasan mengenai kompetensi beserta jenisnya yang dijelaskan menurut beberapa ahli. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai jenis kompetensi.