sistem evaluasi

8 Kelebihan Sistem Evaluasi Kinerja dalam Perusahaan

Kinerja perusahaan dan karyawan selalu mengalami naik turun karena beberapa hal, bisa dari faktor eksternal dan internal perusahaan. Sistem evaluasi kerja karyawan menjadi salah satu cara tepat untuk memberikan penilaian. Hasil dari penilaian sangat berguna untuk perkembangan bisnis. Karena hal inilah setiap perusahaan selalu menyediakan sistem evaluasi yang optimal untuk memfasilitasi penilaian karyawan. 

 

Apa yang Dimaksud Sistem Evaluasi?

Sistem evaluasi kinerja adalah cara sistematis untuk memeriksa seberapa baik kinerja seorang karyawan dalam pekerjaannya. Penggunaan istilah sistematik menyiratkan bahwa proses harus direncanakan dengan matang agar tidak menyebabkan penilaian yang bias dan tidak tepat sasaran. Tujuan evaluasi kinerja harus didiskusikan sebelum proses dikembangkan agar memperoleh penilaian yang tepat sasaran. Setelah selesai dilakukan penilaian, maka perusahaan akan menganalisis hasilnya dan menentukan keputusan atau strategi yang akan diambil. 

 

performance review

Apakah Perusahaan Membutuhkan Sistem Evaluasi Kinerja? 

Jika ingin mengembangkan seluruh aspek dan meningkatkan kinerja, maka perusahaan butuh sistem evaluasi kerja. Memiliki sistem evaluasi kinerja yang efektif benar-benar dapat membuat perbedaan dalam kinerja. Evaluasi yang rutin dapat  meningkatkan komunikasi tim, memotivasi karyawan untuk terus berjuang, serta memfasilitasi pertumbuhan secara keseluruhan. Sistem yang efektif juga membantu menyingkirkan pengaruh buruk dalam lingkungan kerja sebelum pengaruh tersebut mempengaruhi dan menghambat kinerja seluruh organisasi.

 

8 Kelebihan Sistem Evaluasi Kinerja 

Seperti yang telah disebutkan di atas, sistem penilaian kinerja dibutuhkan dalam perusahaan dan berperan sebagai salah satu media peningkatan dan pengembangan perusahaan. Agar lebih jelas memahami mengapa perusahaan perlu menerapkan sistem evaluasi, berikut kelebihan dari sistem evaluasi kinerja: 

 

1. Perbaikan Kontinu

Siapapun yang peduli dengan pekerjaan pasti selalu ingin menjadi lebih baik. Perbaikan kualitas kerja yang lebih baik penting bagi perusahaan untuk mengembangkan kinerja dan karyawan untuk meningkatkan potensi karir. Perbaikan yang kontinu juga membuka kesempatan untuk belajar dan berkembang lebih luas. Selain itu, perbaikan juga sangat berguna untuk mempertahankan posisi perusahaan ketika berhadapan dengan kompetitor. 

 

2. Perencanaan Tujuan

Evaluasi tidak hanya menjadi cerminan dari kinerja, tetapi juga harus menjadi gerbang diskusi tentang apa yang ingin dicapai oleh seorang karyawan dan perusahaan di masa depan melalui kolaborasi bersama. Perencanaan tujuan yang spesifik membantu karyawan untuk mengembangkan dengan tujuan pribadi. Dengan demikian karyawan dan perusahaan mampu bekerja sesuai target yang efektif.

 

Baca Juga: Metode SMART dan Pengaruhnya dalam Pencapaian Tujuan

 

3. Membantu Kenaikan Jabatan dan Promosi

Sebagian besar perusahaan mengaitkan kenaikan jabatan dan promosi dengan tanggung jawab tambahan dalam kinerja karyawan. Hasil dari evaluasi dapat membantu karyawan berprestasi dalam kenaikan jabatan dan promosi. Sistem akan menilai apakah seorang karyawan siap untuk kenaikan gaji dan jabatan.  Jika karyawan tersebut perlu belajar dan tumbuh sebelum melangkah ke posisi baru, proses evaluasi akan menampilkan aspek apa saja yang perlu diperbaiki dari karyawan. 

 

4. Meningkatkan Motivasi 

Proses evaluasi yang dilakukan dengan matang dapat meningkatkan motivasi karyawan. Semua proses akan menunjukkan bahwa perusahaan memperhatikan perkembangan karyawan di perusahaan. Karyawan dapat memahami apa saja yang harus ditingkatkan dari kinerjanya dan melihat pencapaian sesama rekan yang menerima penghargaan karena telah bekerja dengan baik. Upaya perusahaan untuk memberikan bimbingan yang cermat dan memberikan hasil penilaian dapat membuat karyawan bersemangat untuk melangkah dan mengambil tanggung jawab baru. 

 

5. Merencanakan dan Merancang Program Pelatihan

Penilaian kekuatan dan kelemahan karyawan berguna bagi HRD untuk merencanakan dan merancang program pelatihan. Para karyawan diberikan pelatihan yang tepat untuk mengatasi kelemahan dan mengembangkan kekuatan mereka. Isi dan metode pelatihan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan karyawan. Dengan begitu karyawan dapat mengimplementasikan keterampilan baru mereka di perusahaan demi perkembangan yang lebih baik. 

 

6. Meningkatkan Hubungan Karyawan dan Manajemen

Persamaan paham dan hubungan yang harmonis adalah awal dari kerja sama yang sinergis. Penilaian kinerja juga merupakan kesempatan bagi karyawan untuk mendiskusikan masalah terkait pekerjaan dengan atasan mereka serta bersama-sama mencari cara untuk menyelesaikannya. Komunikasi pada akhirnya memfasilitasi suasana kerja yang baik dan secara langsung menguntungkan bagi kedua pihak. Hubungan dan komunikasi yang baik pula dapat mengurangi dampak atau potensi konflik yang akan menghambat kinerja. 

 

7. Mendukung Pembelajaran yang Berkelanjutan

Pembelajaran yang berkelanjutan harus ditanamkan sebagai bagian dari budaya perusahaan. Semua lapisan dalam perusahaan dapat menggunakan pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan kualitas diri.  Evaluasi berkontribusi besar pada pola pikir dan perspektif yang berhubungan dengan dunia kerja. Melalui evaluasi juga karyawan dapat merasa semakin tertantang untuk mempelajari hal baru. 

 

8. Landasan Tindakan dan Keputusan Masa Depan 

Sistem evaluasi berfungsi untuk mendemonstrasikan secara lebih lengkap bagaimana kinerja semua pihak dalam perusahaan dalam satu periode. Hasil dari evaluasi juga digunakan untuk memprediksikan apa yang terjadi di masa depan, termasuk potensi dan resiko yang bisa saja terjadi. Landasan inilah yang membantu perusahaan untuk mengambil tindakan dan keputusan di masa depan agar tidak terjebak atau salah melangkah. 

Itulah beberapa kelebihan dari penerapan sistem evaluasi. Dalam penerapan sistem evaluasi, dibutuhkan kerjasama antara kerjasama antara karyawan, manajerial, dan HRD untuk mendiskusikan perkembangan kinerja. Software HRD dari LinovHR dapat memaksimalkan sistem evaluasi yang terukur dan terdokumentasi dengan baik. Salah satu contoh dari fitur Software HRD LinovHR yang mendukung sistem evaluasi adalah fitur result yang menampilkan hasil evaluasi karyawan, baik dari atasan dengan karyawan, sesama karyawan, dan evaluasi mandiri karyawan. Untuk informasi selengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!