inventory management

Inventory Management: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Inventory Management adalah pendekatan yang dilakukan perusahaan untuk melacak aliran atau rantai persediaan barang. Dimulai dari pengadaan barang di gudang dan berlanjut hingga keluarnya bahan baku atau stok. Manajemen persediaan yang efisien sangat penting untuk memastikan bisnis memiliki cukup produk yang disimpan untuk memenuhi permintaan konsumen. 

 

Apa itu Inventory?

Inventory adalah barang-barang yang disimpan di gudang perusahaan. Barang yang dimaksud disini adalah bahan yang digunakan dalam proses produksi bisnis untuk memenuhi permintaan pelanggan, yang mana terdiri dari bahan mentah dan produk jadi.

Inventory (Persediaan) mengacu pada semua stok dan bahan baku yang digunakan oleh perusahan dalam berbagai tahap produksi, yang kemudian akan dijual nantinya untuk mendapatkan keuntungan. Inventory merupakan salah satu aset yang paling penting dari sebuah bisnis karena perputaran persediaan merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi pemegang saham perusahaan.

 

Fungsi Inventory Management

Fungsi utama dari manajemen persediaan adalah membantu bisnis dalam menentukan jumlah stok yang tepat, mulai dari persediaan bahan mentah hingga produk yang sudah jadi. Dengan demikian, manajemen persedian hadir untuk mempermudah kegiatan operasional suatu perusahaan. Berikut beberapa fungsi lainnya dari manajemen persediaan:

 

Menjaga Kecukupan Stok

Dengan adanya manajemen persediaan, kini departemen produksi tidak perlu khawatir bahwa perusahaan akan kekurangan bahan baku atau barang. Sebab, manajemen persediaan akan mengontrol dan menjaga pasokan barang agar selalu cukup. Dengan begitu, perusahaan akan terhindar dari penyusutan persediaan. 

Caranya adalah dengan menetapkan batas minimum stok yang harus dimiliki  oleh bisnis, sehingga ketika stok mulai mendekati batas minimum tersebut, perusahaan dapat segera melakukan pemesanan ulang stok.

 

Menghindari Penyimpanan Stok yang Berlebihan

Salah satu fungsi dari manajemen persediaan adalah menjaga perusahaan agar terhindar dari penyimpanan stok yang berlebihan. Sebab, menyimpan terlalu banyak stok dapat mengakibatkan terbengkalainya persediaan yang ada. Oleh karena itu, perusahaan perlu menentukan jumlah stok yang tepat.

 

Meningkatkan Arus Kas (Cash Flow)

Fungsi kedua dari manajemen persediaan adalah berdampak signifikan dalam meningkatkan arus kas (cash flow) perusahaan. Dengan adanya manajemen persediaan yang efektif dan laporan arus kas yang baik, perusahaan dapat memastikan kas likuid yang cukup untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis. 

 

Memfasilitasi Operasi Produksi

Fungsi lainnya dari manajemen persediaan adalah memfasilitasi departemen produksi dalam operasionalnya. Manajemen persediaan memastikan bahwa persediaan bahan mentah untuk proses produksi tercukupi dengan baik. Serta, memfasilitasi departemen produksi dengan berbagai alat atau mesin produksi sehingga proses produksi barang jadi lebih efektif. 

 

Baca Juga: Kiat Memaksimalkan Manajemen Produksi dalam Perusahaan 

 

Manfaat Inventory Management

Manajemen persediaan sangat penting dalam semua aspek bisnis. Manajemen inventaris dapat membantu perusahaan mendapatkan visibilitas di seluruh rantai pasokan. Dengan adanya manajemen inventaris, perusahaan akan menikmati banyak keuntungan sebagai berikut:

 

Peningkatan Penjualan

Manfaat yang pertama dari manajemen inventaris dalam suatu perusahaan adalah membantu peningkatan penjualan bisnis. Perusahaan yang mengelola persediaan atau inventaris mereka secara aktif melaporkan peningkatan penjualan mulai dari 2% hingga 10%. 

 

Membangun Transparansi Informasi

Manajemen inventaris membantu perusahaan mengetahui keseluruhan informasi barang mulai dari tahap produksi hingga penjualan. Dengan adanya manajemen persediaan, perusahaan dapat mengetahui kapan barang diterima, diambil, dikemas, dikirim, diproduksi , dan sebagainya. 

Selain itu, manajemen inventaris juga membantu perusahaan untuk mengetahui kapan barang harus dipesan lebih banyak, kapan kelebihan stok, atau kapan kekurangan stok. Jadi, manajemen inventaris membantu perusahaan mengetahui berbagai informasi terkait ketersediaan barang.

 

Menurunkan Biaya Operasional Perusahaan

Praktik manajemen persediaan yang efektif mengakibatkan biaya penyimpanan persediaan jadi lebih rendah. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk stok barang yang tidak seharusnya. 

 

Peningkatan Efisiensi Kinerja Karyawan

Manajemen persediaan yang dikelola dengan baik dan efektif dapat menghemat waktu operasional sehingga meningkatkan produktivitas karyawan secara lebih besar bagi perusahaan dan klien.

 

Baca Juga: Berbagai Jenis Kegiatan Produksi yang Harus Anda Kenali

 

Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Dengan meningkatkan akurasi dan efisiensi perusahaan dalam pengelolaan persediaan, maka pelanggan akan semakin menyukai perusahaan Anda. Dengan demikian, pelanggan akan mempercayai perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka dan pelanggan yang percaya tentunya akan kembali lagi untuk menggunakan barang Anda.

 

Peningkatan Perputaran Persediaan

Optimalkan nilai barang yang dimiliki oleh bisnis dan tingkatkan perputaran persediaan dengan menyimpan lebih sedikit produk yang tidak terlalu menguntungkan, sambil meningkatkan stok pada barang yang menguntungkan bagi perusahaan.

 

Simpulan

Inventory management adalah metode yang berfungsi untuk menyederhanakan segala aktivitas pergudangan suatu bisnis. Dengan adanya manajemen persediaan, kini perusahaan dapat mengakses dan menentukan stok dan inventarisnya dengan efisien sehingga memperlancar seluruh operasi bisnis. Tak hanya itu, manajemen persediaan merupakan alat berharga bagi perusahaan untuk menghemat pengeluaran perusahaan.