Pengertian Learning Management System dan Manfaatnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pengertian Learning Management System dan Manfaatnya
Isi Artikel

Learning Management System hadir sebagai inovasi teknologi baru di dunia pendidikan, terutama akibat pasca pandemi COVID-19 yang membuat seluruh kegiatan belajar mengajar harus beralih ke sistem digital.

LMS menawarkan fleksibilitas dan penghematan biaya, serta memudahkan tenaga pengajar dan siswa atau mahasiswa dalam mengakses konten atau materi perkuliahan.

Namun, sistem ini juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah pelatihan sehari-hari yang muncul di lingkungan perusahaan.

Hingga saat ini, penggunakan Learning management system sudah banyak diadopsi oleh perusahaan untuk memfasilitasi program pelatihan karyawan secara online.

Pengertian Learning Management System

Learning Management System (LMS) adalah platform digital yang dirancang untuk membuat, merencanakan, dan pengelolaan materi pembelajaran online. LMS menyediakan berbagai fitur, seperti penyediaan materi pembelajaran, pemantauan perkembangan peserta didik, serta penilaian kinerja.

LMS juga dapat diakses melalui aplikasi perangkat lunak maupun berbasis web, memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, LMS digunakan perusahaan untuk penilaian kinerja serta dapat digunakan untuk berbagai jenis pelatihan mulai dari onboarding karyawan baru hingga pengembangan keterampilan khusus dan peningkatan kinerja.

Menurut survei Brandon Hall Group, 42% perusahaan telah mengadopsi LMS untuk pelatihan karyawan, sementara 20% lainnya sedang mempertimbangkan penggunaan LMS dalam waktu dekat.

Hal menjadi referensi penting bagi perusahaan yang ingin melakukan pelatihan dan pengembangan SDM melalui learning Management System.

Baca Juga: 6 Fitur LMS (Learning Management System) yang Penting, Apa Saja?

Jenis Learning Management System

Learning Management System merupakan platform perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola proses pembelajaran. Berikut merupakan jenis-jenis LMS berdasarkan beberapa faktor:

1. Berdasarkan Sumber (Source):

  • Open-Source LMS: LMS yang bersifat gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Moodle dan Sakai.
  • Proprietary LMS: LMS jenis ini berbayar dan dikembangkan oleh perusahaan tertentu. Contohnya adalah Blackboard Learn dan Canvas.
  • Cloud-Based LMS: LMS ini dihosting di cloud dan dapat diakses melalui internet. Contohnya adalah Google Classroom dan Schoology.
  • Installed LMS: LMS ini diinstal di server lokal dan dikelola sendiri oleh organisasi.

2. Berdasarkan Penyimpanan:

  • Cloud-Based LMS: Data dan akses disimpan di cloud, menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas.
  • Hosted LMS: Disimpan di server tradisional (non-cloud), memberikan kontrol lebih besar atas data dan infrastruktur.

3. Berdasarkan Fungsi:

  • Academic LMS: Dirancang khusus untuk institusi pendidikan, dengan fitur seperti penilaian online, forum diskusi, dan manajemen nilai.
  • Corporate LMS: digunakan oleh perusahaan untuk pelatihan karyawan, dengan fitur seperti pelacakan kemajuan, sertifikasi, dan manajemen kompetensi.

4. Berdasarkan Ukuran Organisasi:

  • Enterprise LMS: Untuk organisasi besar dengan fitur canggih dan skalabilitas tinggi.
  • Small and Medium-Sized Business (SMB) LMS: Untuk bisnis kecil dan menengah dengan fitur yang lebih sederhana dan harga yang lebih terjangkau.

Fungsi dan Kegunaan LMS

Learning Management System (LMS) yang juga dikenal sebagai platform pengelolaan konten online, berfungsi sebagai sarana untuk mendistribusikan materi pelatihan dan pendidikan kepada karyawan atau pengguna eksternal melalui internet.

LMS menyajikan konten dalam format yang mudah diakses, diunduh, dan dipelajari dari berbagai lokasi yang memiliki koneksi internet. Dua keunggulan utama dari LMS adalah fleksibilitas dan efisiensi biaya yang ditawarkannya.

Manfaat Learning Management System

Selain bermanfaat dalam proses pembelajaran, LMS juga memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dengan meningkatkan efisiensi pelatihan, pengelolaan konten, pelacakan kinerja, serta mengurangi biaya. Berikut manfaat LMS bagi perusahaan:

1. Hemat Biaya

Salah satu keuntungan menggunakan LMS adalah mengurangi biaya pelatihan secara signifikan. Daripada mengeluarkan banyak biaya untuk instruktur, fasilitas, transportasi, dan hari-hari di luar kantor, dengan LMS Anda dapat membuat dan menyelenggarakan konten secara online sehingga karyawan baru dapat menerima pelatihan yang sama berkualitasnya dengan yang disediakan di kantor.

Selain itu, jika Anda menawarkan kombinasi pembelajaran, di mana sebagian pelatihan orientasi dilakukan secara online melalui e-learning dan sebagian lagi dilakukan secara langsung, LMS yang baik akan memudahkan penjadwalan dan pengelolaannya.

2. Kegiatan Pelatihhan Lebih Efisien

Dengan menggunakan sistem LMS, pelatihan dan materi orientasi dapat diakses secara penuh melalui perangkat seluler, memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk mengakses materi pembelajaran kapan pun diperlukan.

3. Kemudahan Mengelola Data

Setiap perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola materi dan informasi penting lainnya secara terpusat. Solusi LMS ini efisien dan praktis, dengan keuntungan penyimpanan data yang aman.

Fitur Learning Management System LinovHR

Fitur LMS sangat bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam menyelenggarakan pelatihan dan pembelajaran karyawan di perusahaan.

Dengan adanya LMS, perusahaan dapat menyediakan fasilitas pelatihan yang menarik, sambil membantu menekan pengeluaran berlebih.

Aplikasi LMS LinovHR membantu banyak perusahaan dalam mendukung pelatihan dan pembelajaran karyawan untuk menguasai kemampuan dan kompetensi baru. LMS LinovHR dilengkapi dengan fitur lengkap, seperti:

  • Go to e-Learning: Fitur ini memungkinkan karyawan mengikuti pelatihan dengan materi yang tersedia di aplikasi.
  • Course: Fitur kursus memungkinkan HR membuat pelatihan lengkap dengan silabusnya.
  • Category Learning: HR dapat membuat kategori kursus atau pelatihan yang akan diselenggarakan.
  • Question Type: HR atau administrator bisa membuat berbagai tipe pertanyaan untuk materi pembelajaran, kuis, atau umpan balik.
  • Feedback Theme: Memudahkan HR membuat pertanyaan umpan balik terkait pelatihan yang telah diikuti karyawan.
  • e-Learning Overview: Memberikan ringkasan data e-Learning, mulai dari data peserta hingga data tracking-nya.
  • Quiz: Fitur untuk memberikan kuis guna mengukur pemahaman karyawan.
  • ESS Request e-Learning: Memungkinkan karyawan mengajukan pengembangan skill dan kompetensi yang dibutuhkan.

Dengan fitur-fitur lengkap dari LMS LinovHR, Anda dapat menyelenggarakan pelatihan karyawan secara efektif tanpa harus bertemu secara langsung.

Terapkan Learning Management System Bersama LinovHR

Learning Management System

Pelatihan karyawan adalah salah satu hal penting dalam menunjang bisnis perusahaan.

Platform LMS merupakan solusi yang membantu proses pembelajaran dengan menyediakan akses bahan pelatihan secara online. Meskipun sering dikaitkan dengan kelas daring, namun peran LMS tidak hanya sebatas itu, terutama dalam konteks pengembangan karyawan di perusahaan.

Dengan memberikan pelatihan kepada karyawan, perusahaan dapat mengatasi skill gap yang terjadi dan menambah keterampilan karyawan sehingga tetap relevan dengan persaingan bisnis.

Maka dari itu, sudah saatnya untuk perusahaan beralih menggunakan Software Learning Management System dari LinovHR untuk menciptakan pelatihan yang tepat guna bagi perusahaan.

Dengan menggunakan Learning Management System LinovHR perusahaan dapat mendigitalisasi semua proses pelatihan karyawan mulai dari perencanaan, implementasi, sampai dengan evaluasi. Ini karena software LMS LinovHR punya fitur yang lengkap.

Penggunaan Software LMS LinovHR mampu menjawab tantangan dan hambatan yang sering ditemui oleh perusahaan ketika mengadakan pelatihan.

Mulai dari sulitnya meningkatkan keterlibatan peserta, sulitnya membuat silabus pelatihan sebagai panduan pembelajaran dan indikator pencapaian, sampai bagaimana mengadakan penilaian dalam pelatihan.

Semua tantangan tersebut bisa diatasi dengan satu perangkat saja yaitu software LMS LinovHR.

Jangan tunda lagi, dapatkan kemudahan dalam pelaksanaan pelatihan karyawan perusahaan dengan Software LMS dari LinovHR!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter