Pentingnya Compliance Training di Perusahaan! Untuk Apa?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Pentingnya Compliance Training di Perusahaan! Untuk Apa?
Isi Artikel

Saat ini, compliance training menjadi elemen kunci untuk memastikan bahwa perusahaan dan karyawannya beroperasi sesuai dengan standar etika, hukum, dan keamanan yang berlaku. 

Melalui training ini, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mematuhi regulasi yang telah ditetapkan.

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis pelatihan kepatuhan serta pentingnya masing-masing dalam memastikan keselamatan, kesejahteraan, dan integritas perusahaan.

 

Apa itu Compliance Training?

Compliance training adalah sebuah pelatihan mengenai kepatuhan terhadap undang-undang, kebijakan, dan peraturan. Pelatihan ini wajib diberikan kepada karyawan.  

Tujuannya tidak lain untuk mengurangi risiko tanggung jawab hukum, memastikan keselamatan dan keamanan kerja, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik secara keseluruhan. 

Jenis pelatihan kepatuhan ini bermacam-macam. Mulai dari pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pelatihan cyber security, dan pelatihan kepatuhan peraturan di perusahaan.

Setiap pelatihan ini menyediakan konten yang spesifik untuk menjaga karyawan dan perusahaan supaya mereka tetap selaras dengan aturan yang berlaku.

 

Mengapa Compliance Training Penting?

Compliance Training atau pelatihan kepatuhan pada karyawan memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis.

Pertama, pelatihan ini berfungsi untuk memastikan bahwa karyawan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku, sehingga mereka dapat bekerja dengan optimal.

Selain itu, kepatuhan karyawan terhadap regulasi sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian jika terjadi pelanggaran.

Pasalnya, melanggar peraturan dapat menyebabkan kerugian finansial yang besar. Di Amerika sendiri, perusahaan harus membayar hingga 4 juta dolar AS akibat melakukan pelanggaran. 

Selain risiko kerugian finansial, risiko keamanan juga turut mengintai, terutama jika perusahaan tidak memberikan pelatihan keamanan cyber dengan serius. 

Sebab, kejahatan di dunia cyber saat ini semakin meningkat, sehingga menuntut perusahaan untuk meningkatkan aspek keamanannya.

Oleh karena itu, penyelenggaraan pelatihan keamanan siber menjadi sedemikian penting karena bertujuan untuk melindungi perusahaan dari pelanggaran dan ancaman data. 

Pelatihan kepatuhan juga berfokus pada aspek etika, menciptakan lingkungan kerja yang aman dan inklusif. 

Sementara itu, kurangnya kepatuhan karyawan terhadap regulasi atau peraturan dapat merusak reputasi perusahaan, menyebabkan tingkat turnover tinggi, dan kesulitan menarik bakat terbaik. 

Dengan demikian, investasi dalam pelatihan kepatuhan bukan hanya mengurangi risiko finansial dan keamanan. Akan tetapi, juga memperkuat keterlibatan karyawan serta membangun reputasi perusahaan yang positif.

 

Baca Juga: 10 Aspek Penting HR Compliance dan Cara Menjalankannya

 

Jenis-jenis Compliance Training

Pelatihan Kepatuhan sendiri memiliki berbagai jenis atau tipe yang dapat diterapkan. Beberapa diantaranya adalah:

 

1. Pelatihan Etika

Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan memahami dan menjunjung tinggi kode etik perusahaan.

Tujuannya tidak lain untuk menghindari perilaku yang tidak dapat diterima di tempat kerja, seperti diskriminasi dan pelecehan berbasis gender. 

Pelatihan ini juga mencakup beberapa topik, seperti praktik anti suap, menghindari konflik kepentingan, dan penyalahgunaan zat-zat tertentu.

 

2. Pelatihan DE&I

Ada pula pelatihan DEI atau Diversity, Equity, & Inclusion dalam compliance management training.

Fokus dari pelatihan ini adalah mempromosikan lingkungan kerja yang inklusif dan adil bagi semua karyawan. 

Pelatihan ini membahas topik seperti kesadaran diri, kepekaan budaya, dan dampak kesetaraan dalam kolaborasi di tempat kerja. 

Pelatihan ini penting untuk menarik bakat dan mempertahankan karyawan yang beragam.

 

3. Pelatihan Cyber Security

Perkembangan teknologi tak terlepas dari ancaman yang menyertainya. Karena itu, pelatihan mengenai cyber security menjadi hal penting yang harus dilakukan perusahaan.

Jenis pelatihan ini menekankan pentingnya keamanan dan privasi data serta praktik terbaik dalam menghadapi ancaman siber. 

 

4. Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pelatihan K3 juga termasuk dalam salah satu contoh compliance training. Ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman secara fisik bagi karyawan dan klien

Hal ini meliputi penanganan bahaya di tempat kerja yang dapat menyebabkan cedera, kecelakaan, atau penyakit, dengan berfokus pada kepatuhan undang-undang dan praktik kesehatan dan keselamatan yang relevan.

 

5. Pelatihan Kepatuhan Khusus Industri

Pelatihan ini disesuaikan dengan regulasi khusus dalam industri tertentu di mana perusahaan beroperasi. 

Hal ini penting untuk memastikan bahwa karyawan memahami dan mematuhi regulasi yang berlaku dalam konteks bisnis mereka.

 

Tips Menjalankan Compliance Training di Perusahaan

Dalam menjalankan pelatihan kepatuhan di perusahaan, ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk meningkatkan efektivitas program tersebut. Berikut adalah tipsnya:

 

1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Pertama, pastikan materi pelatihan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua karyawan. 

Semakin sederhana bahasa yang digunakan, semakin besar kemungkinan pesan akan tersampaikan dengan jelas. 

Manfaatkanlah berbagai metode seperti video, karakter animasi, atau infografis untuk menjelaskan konsep-konsep kepatuhan dengan cara yang menarik dan relevan bagi karyawan.

 

2. Pastikan Topik Mencakup Hal-hal Penting

Anda juga dapat memastikan bahwa pelatihan mencakup topik-topik yang penting dan relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Anda dapat memanfaatkan sumber daya seperti perpustakaan online untuk memilih kursus yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Dengan cara ini, Anda dapat fokus pada konten yang spesifik untuk perusahaan, sambil memastikan bahwa dasar-dasarnya telah tercakup.

 

3. Buat Pelatihan Tetap Singkat

Selanjutnya, hindari ceramah yang panjang dan terkesan kompleks.

Pisahkan materi pelatihan menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dicerna, seperti video pendek. 

Misalnya, pendekatan microlearning dapat membantu karyawan untuk menangani topik kepatuhan secara lebih efektif serta memastikan bahwa pembelajaran intinya akan lebih mudah diingat dalam jangka panjang.

 

4. Berinvestasi Pada Platform Pelatihan Kepatuhan yang Tepat

Untuk menciptakan program pelatihan yang efektif, Anda dapat berinvestasi pada platform yang tepat. 

Dengan menggunakan software yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa pelatihan tersedia bagi karyawan kapanpun dibutuhkan.

Serta, gunakan platform yang dapat menyimpan catatan digital atau bukti pelatihan. Hal ini bisa saja diperlukan untuk keperluan litigasi atau audit di masa depan.

 

5. Penetapan dan Pelacakan KPI

Tentukan dan lacak Key Performance Indicators (KPI) yang tepat untuk program pelatihan kepatuhan Anda. 

Hal ini akan membantu Anda untuk memantau tingkat keberhasilan program.

Pengukuran ini bukan hanya dari segi penyelesaian pelatihan oleh karyawan, tetapi juga dari segi penerapan praktik kepatuhan yang dipelajari di tempat kerja.

Dengan memahami dan mengukur dampak pelatihan secara menyeluruh, Anda dapat membuat perbaikan yang lebih baik dalam program pelatihan kepatuhan Anda.

 

Mudahkan Compliance Training dengan Learning Management System LinovHR

Di tengah bisnis yang terus berkembang, mematuhi peraturan dan kebijakan hukum menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga reputasi mereka dan menghindari risiko hukum. 

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa karyawan memahami dan mematuhi peraturan tersebut adalah melalui program pelatihan kepatuhan

Mudahkan proses pelatihan kepatuhan di perusahaan Anda dengan memanfaatkan Software Learning Management System (LMS) dari LinovHR.

Learning Management System

LMS LinovHR bukan hanya sebuah platform pengelolaan pembelajaran, tetapi juga merupakan solusi lengkap dan terintegrasi yang didesain untuk menyederhanakan dan meningkatkan efektivitas program pelatihan di perusahaan. 

Dilengkapi berbagai modul dan fitur canggih, perusahaan dapat dengan mudah merancang, menyusun, mengelola, dan memantau keberhasilan setiap program training.

 

Modul LMS - LinovHR
Modul LMS – LinovHR

 

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, mengambil langkah untuk memilih menyediakan compliance training dengan LMS LinovHR adalah tindakan cerdas untuk memastikan perusahaan dan karyawan tetap relevan dan kompeten di tengah era digital saat ini.

Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan karyawan dengan LinovHR? Segera ajukan demonya dan dorong karyawan untuk meningkatkan keterampilan penting melalui program pelatihan digital yang terorganisir dengan baik!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Lala
Lala

SEO Content Writer yang andal dengan kemampuan analisis tinggi terkait bidang HR dan mampu mengubahnya menjadi artikel informatif dan teroptimasi secara SEO.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru