Seiring berjalannya waktu ditemukan beberapa kendala yang dialami oleh Wajib Pajak pada saat mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Salah satu kendala tersebut adalah lupa EFIN pajak.

E-FIN Pajak adalah sebuah kode verifikasi untuk pendaftaran e-filing DJP Online. Karena fungsi utama EFIN Pajak hanya untuk pendaftaran e-filing DJP online, maka jika sewaktu-waktu EFIN Pajak Anda lupa, maka Anda tidak perlu khawatir.

 

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Efin Pajak

 

Jika memang Anda melupakan semua yang telah Anda daftarkan melalui e-filling DJP online, maka hal ini berarti Anda orang yang tepat masuk dalam artikel LinovHR yang dapat memberikan solusi bagi Anda. E-FIN Pajak untuk yang lupa:

  • Username yang digunakan untuk mengetahui nomor pokok wajib pajak (NPWP)

  • Password ini didapatkan saat pengajuan kode aktifasi EFIN

  • Email digunakan untuk menerima bukti SPT elektronik dan menkonfirmasi pengiriman SPT dengan kode verifikasi

 

4 Cara Atasi Lupa EFIN Pajak

1. Jika Anda lupa username, maka Anda harus melihat NPWP anda yang ada ditangan anda dalam bentuk kartu, kecuali hilang dan lupa menaruhnya. Bila kemungkinan ini terjadi, Anda dapat membuat kembali kartu NPWP Anda ke KPP terdekat.

2. Jika Anda lupa alamat email terdaftar, maka Anda harus membuat kembali email baru untuk didaftarkan kembali di akun EFIN pajak online Anda.

3. Jika Anda lupa kode password, maka Anda bisa mengajukan kembali permintaan pencetakan ulang EFIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan mengisi formulir cetak ulang EFIN Pajak yang telah ditentukan dalam lampiran Peraturan Direktur Jenderal tersebut dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

  • Menyerahkan fotokopi identitas seperti KTP Wajib Pajak dan fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau fotokopi Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak

  • Menunjukkan asli kartu identitas diri Wajib Pajak

Setelah itu, Anda bisa menyerahkan berkas tersebut ke petugas pajak, dan EFIN Pajak Anda pun langsung dicetak. 

4. Jika Anda lupa EFIN Pajak Anda, maka Anda bisa mendapatkan solusinya yaitu dengan melakukan reset password dan mengganti email. Jika Anda juga lupa EFIN pajak dan tidak menyimpan arsipnya, maka Anda harus minta kepada petugas KPP. Caranya anda kembali membaca nomor 1 masalah Lupa Kode Password. Berikut tutorial cara mengganti pasword dan email akun pajak, diantaranya:

  • Setelah Anda berhasil membuat email baru. Anda harus catat nama email dan passwordnya. untuk arsip nantinya.

  • Buka situs pajak https://djponline.pajak.go.id

  • Klik pada Lupa Pasword? reset di sini

1. Lupa Passwprd Efin

  • Masukkan NPWP Anda, bisa Anda lihat EFIN, lalu centang YA pada lupa email, terus masukkan email baru yang telah Anda buat, lalu masukkan kode keamaan dan klik Submit.

Perubahan Password Efin

  • Tahap selanjutnya yaitu buka kotak masuk email anda, disana Anda akan mendapatkan kiriman berupa link untuk mereset pasword.

  • Masukkan password baru Anda dan ketik kode captcha. Klik submit.

  • Tunggu sampai Anda mendapatkan pesan terakhir. Hal ini berarti Anda sudah berhasil mengganti password dan email akun pajak anda. 

  • Terakhir, coba kembali login dengan password baru Anda dan jangan lupa mengerjakan pelaporan SPT online.

 

Setelah permasalahan lupa EFIN Pajak terselesaikan, permasalahan lainnya adalah bagaimana anda mengolah laporan pajak anda dengan mudah. Dengan menggunakan jasa payroll outsourcing dalam menginput laporan SPT pajak (tax report), anda dapat mengefisiensikan waktu anda dengan sebaik mungkin. Demikian tutorial singkat mengenai Lupa EFIN Pajak, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat. Jika masih ada yang belum jelas, silakan kontak LinovHR ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>