PSBB di Jakarta

Manfaat Software HRD dari LinovHR Selama PSBB di Jakarta

Angka kenaikan korban COVID-19 kian melonjak di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya menetapkan kembali PSBB yang diharapkan dapat menekan laju penularan COVID-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menghimbau perusahaan yang beroperasi di Jakarta utnuk sementarta waktu memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah bagi para karyawannya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk tetap menjalankan operasional, tetapi sembari mematuhi aturan yang diberlakukan. 

 

Sekilas Mengenai PSBB di Jakarta

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau lebih dikenal dengan PSBB adalah pembatasan kegiatan masyarakat dalam skala luas di wilayah tertentu yang terindikasi memiliki penyebaran korban infeksi COVID-19. Tujuan utamanya adalah mengurangi arus penularan sehingga tim medis mempunyai kesempatan untuk merawat korban yang sudah terlanjur terinfeksi dengan maksimal. Pemberlakukan PSBB sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020. Pemberlakuan PSBB di Jakarta tahap 2 sendiri ditetapkan sejak 14 September 2020 dan berlangsung selama 2 pekan. 

 

Baca Juga: Karyawan terinfeksi Virus Corona? Inilah yang Sebaiknya Dilakukan HRD!

 

Walau dihimbau untuk memberlakukan work from home, ada beberapa sektor perusahaan yang diberi kelonggaran oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tetap beroperasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan physical distancing. Sektor perusahaan yang dimaksud memiliki izin khusus untuk beroperasi. Sebab, keberadaan perusahan-perusahaan tersebut sangat penting kehadirannya bagi kehidupan masyarakat. Sektor yang dimaksud adalah: 

  1. Kesehatan.
  2. Bahan pangan
  3. Energi. 
  4. Komunikasi dan teknologi informatika
  5. Keuangan
  6. Logistik
  7. Perhotelan
  8. Konstruksi
  9. Industri strategis
  10. Pelayanan dasar
  11. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

 

Manfaat Software HRD dari LinovHR

PSBB bukanlah halangan bagi perusahaan untuk tetap menjalankan operasional. Walau jarak karyawan berjauhan dan bekerja dari rumah masing-masing, kinerja perusahaan akan tetap terjaga. Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi dari Software HRD dari LinovHR yang mampu membantu kegiatan administratif HRD tanpa perlu langsung bekerja di kantor. Apa saja manfaat Software HRD bagi perusahaan selama PSBB di Jakarta? 

 

Mudah Mencatat Kehadiran

Hal pertama yang muncul di benak para HRD ketika PSBB adalah, “bagaimana cara mencatat kehadiran karyawan?”. Dalam kondisi biasa, karyawan dapat melakukan pencatatan kehadiran mereka di kantor. Namun, selama PSBB berlangsung, karyawan dapat mencatatkan kehadiran mereka melalui aplikasi absensi yang ter-install di ponsel pintar mereka. Kemudian, data kehadiran yang masuk akan tersimpan dalam sistem Software HRD secara real time. Data kehadiran yang dilakukan karyawan saat itu juga dapat dilihat saat itu juga oleh HRD. 

 

Baca Juga: 6 Cara Memantau Kedisiplinan Karyawan Selama Work From Home

 

Pengajuan Cuti Cepat

Kondisi selama pandemi membuat karyawan bisa saja membutuhkan cuti sewaktu-waktu untuk kepentingan mendesak. Umumnya pengajuan cuti secara manual mengharuskan karyawan membuat surat pengajuan cuti terlebih dahulu. Namun, Software HRD dari LinovHR membuat proses pengajuan cuti menjadi mudah dan cepat.  Karyawan dapat mengajukan cuti dimana saja dan kapan saja jika memang membutuhkannya.  Kemudian, HRD yang menerima pengajuan cuti tinggal memproses pengajuan tersebut untuk disetujui oleh Manajer HRD. 

Proses Payroll Hanya Beberapa Klik

Penggajian atau payroll adalah kewajiban bagi semua perusahaan tanpa terkecuali. Jangan biarkan bekerja dari rumah menghambat proses payroll perusahaan. Software HRD dari LinovHR memiliki keunggulan dalam sistem payroll, dimana sistem dapat memproses dan mengolah komponen gaji karyawan secara bersamaan dengan menghasilkan perhitungan yang cepat dan akurat. Gaji yang diterima karyawan sesuai dengan kehadiran, jabatan atau posisi, potongan pajak, dan besaran iuran BPJS. 

Otomatisasi dan Integrasi

Pengelolaan administrasi karyawan oleh HRD melibatkan banyak data. Contohnya untuk proses payroll yang membutuhkan jam kehadiran dan data pribadi karyawan untuk memproses gaji. Software HRD mendukung otomatisasi dan integrasi data karyawan yang membuat staf HRD tidak lagi perlu menginput satu-satu data karyawan saat hendak melakukan proses tertentu. Karena otomatisasi dan integrasi, kinerja HRD juga menjadi semakin efektif dan efisien. 

Penyimpanan Data Karyawan

Data karyawan adalah hal penting yang harus dilindungi oleh perusahaan. Akan sangat merepotkan bagi HRD jika harus pergi ke kantor ketika membutuhkan data karyawan secepatnya. Cloud based server dalam Software HRD membuat penyimpanan data karyawan terjamin aman dan rahasia dari tangan tak bertanggung jawab. HRD tinggal mengakses data karyawan dari Software HRD tanpa perlu pergi ke kantor terlebih dahulu. 

 

LinovHR Sebagai Pendukung Perusahaan Selama PSBB

Dalam segala kondisi dan situasi, perusahaan diwajibkan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Salah satunya adalah dalam penetapan PSBB di Jakarta. Software HRD dapat membantu perusahaan menjalankan operasionalnya tanpa perlu melakukan kegiatan langsung di kantor. Dengan begitu, kinerja dan operasional perusahaan secara keseluruhan dapat berjalan lancar meski karyawan saling berjauhan. 

 

LinovHR adalah vendor Software HRD terbaik yang berpengalaman dalam menangani client dari berbagai industri. Oleh karena itu, tidak perlu diragukan kualitas dan kinerja Software HRD dari LinovHR untuk membantu dan mendukung perusahaan selama PSBB. Coba Software HRD dari LinovHR sekarang juga!