medical leave adalah

Apakah itu Medical Leave? ini Penjelasan Lengkapnya

Medical leave adalah kategori cuti bagi karyawan yang menghadapi kondisi medis yang mempengaruhi kesehatan fisik dan atau mentalnya hingga tidak dapat lagi melakukan tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan utamanya di kantor.

Beberapa perusahaan menawarkan cuti sakit sebagai bagian dari kebijakan tempat kerja mereka. Sementara yang lain menawarkannya sebagai bagian dari kontrak karyawan atau perjanjian perundingan bersama.

Secara singkatnya, medical leave artinya itu cuti sakit. Namun, cuti ini tergantung pada kebijakan yang disesuaikan dengan keperluan karyawan.

Seorang  karyawan mungkin dapat menggunakan cuti sakitnya untuk tinggal di rumah untuk merawat anggota keluarga yang terluka atau sakit atau untuk janji periksa ke dokter.

Seperti yang sudah diketahui juga bahwa perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan tunjangan kesehatan kepada para karyawannya ketika mereka membutuhkan bantuan medis.

Biasanya, perusahaan menggunakan sistem reimbursement dimana biaya yang dikeluarkan karyawan untuk kebutuhan kesehatannya akan digantikan secara langsung oleh perusahaan.

 

Cara Mengelola Medical Leave Dengan Efektif dan Efisien

Untuk mengelola medical leave secara efisien dan juga efektif memanglah bukan hal yang mudah dilakukan secara manual. Hal ini dikarenakan dapat berpengaruh kepada absensi atau daftar kehadiran karyawan apabila terdapat kesalahan dalam hal pendataannya.

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan software yang dapat memberikan kemudahan baik itu untuk karyawan dan juga HR untuk mengelola secara langsung perihal time management ini.

Dengan menggunakan software, Anda sebagai seorang HR dapat menentukan kuota cuti, periode kuota hingga siapa saja karyawan yang berhak mendapatkan cuti. 

Tidak hanya itu, banyak fitur lainnya yang bisa ditawarkan dari software ini. Contohnya adalah fitur time group yang dapat digunakan untuk mengelompokkan karyawan yang memiliki jam kerja yang sama. Melalui Time Group, Anda dapat mengelola jadwal dan status kehadiran karyawan.

Fitur selanjutnya adalah fitur agenda yang dapat menampilkan seluruh libur dan juga event perusahaan. Fitur Schedule Exception yang dapat memudahkan karyawan untuk mengganti jadwalnya di hari lain ketika berhalangan hadir. Fitur Permit Request yang dapat memudahkan karyawan untuk izin datang terlambat, pulang cepat atau izin tidak masuk kerja.

Cukup banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan software ini, bukan?

 

Baca juga: Aturan Mengenai Cuti Sakit Karyawan Sesuai Undang-Undang

 

Permudah Pengelolaan Administrasi dan Absensi Karyawan dengan LinovHR!

 

software hris

 

Memang tidak dapat dipungkiri kini banyak software yang menawarkan berbagai keuntungan dan juga kepraktisan dalam hal pengelolaan karyawan, baik itu secara administrasi maupun keuangan.

Namun, perlu diingat lagi bahwa pemilihan perangkat lunak ini penting untuk dilakukan secara cermat sehingga tidak terdapat kerugian ataupun masalah ketika menggunakannya.

Maka dari itu, LinovHR hadir sebagai solusi software pengelolaan karyawan yang menjamin keamanan, kemudahan dan juga kenyamanan penggunaannya.

Dengan menggunakan software HR dari LinovHR, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan karena banyaknya fitur yang terdapat di dalamnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  • Organization Management yang dapat digunakan untuk melihat gambaran mengenai organisasi perusahaan dan komponen lainnya.
  • Personnel Administration yang dapat digunakan untuk mengelola informasi dan data diri karyawan secara terperinci.
  • Recruitment yang dapat melancarkan berbagai hal mengenai proses rekrutmen karyawan.
  • Payroll yang dapat membantu dalam pengelolaan gaji karyawan.
  • Competency Management yang digunakan untuk mengelola berbagai kompetensi yang ada atau dibutuhkan di dalam unit kerja.
  • Employee Self Service yang dapat digunakan untuk memberikan kemudahan karyawan untuk langsung terlibat dalam mengakses data human resource merek sendiri.

 

Baca Juga: Apakah Itu Sabbatical Leave? Bagaimana Regulasinya di Indonesia?

 

Fitur-fitur yang disebutkan di atas merupakan suatu kemudahan yang sangat amat dibutuhkan oleh perusahaan sehingga proses bisnis pun menjadi lancar dan kesejahteraan karyawan pun juga aman terjamin.