Time Tracking Software: Monitor Jam Kerja Sekaligus Pekerjaan Karyawan dengan Mudah

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

time tracking software
Isi Artikel

Sistem kerja perusahaan saat ini yang menerapkan hybrid. Membuat perusahaan-perusahaan semakin membutuhkan software untuk memantau waktu bekerja karyawan, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan time tracking software

Sederhananya, software ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk memantau waktu bekerja karyawan yang menggantikan lembar waktu (timesheet) kertas tradisional. Sehingga akan menciptakan akuntabilitas serta transparansi antara perusahaan dengan pekerjanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai time tracking software, simak artikel berikut ini!

 

 

Apa Itu Time Tracking Software?

Time tracking software adalah perangkat lunak komputer yang berbasis aplikasi atau web yang digunakan untuk mengukur waktu yang dipakai oleh karyawan perusahaan dalam bekerja yang dapat diakses oleh tim atau manajer.

Penggunaan software ini pada dasarnya untuk mempermudah monitoring atau pemantauan terhadap kinerja karyawan.

Software time tracking dapat digunakan oleh hampir seluruh jenis bidang bisnis yang berbeda. Hal ini karena software tersebut dapat melacak jam waktu kerja seorang karyawan terlebih lagi bagi mereka pekerja paruh waktu yang dibayar per jam oleh perusahaan.

Fitur yang cukup penting dalam aplikasi time tracking  adalah manajemen lembar waktu atau timesheet. Dengan menggunakan fitur tersebut, tim Anda akan dapat mengisinya secara otomatis dan mudah.

 

Baca Juga: Peran Attendance Tracker bagi Karyawan

 

Manfaat Menggunakan Time Tracking Software

Tentunya aplikasi time tracking memberikan banyak sekali manfaat dengan memudahkan urusan pemantauan jam kerja karyawan hanya dengan menggunakan satu aplikasi.

Hasil yang diberikannya pun terbilang sangat akurat karena umumnya dibekali dengan global positioning system atau GPS. Berikut beberapa manfaatnya:

 

1. Melacak Waktu Kerja Karyawan

Hal ini tentu sudah jelas bahwa manfaat utama dari aplikasi ini yaitu untuk melacak waktu pekerjaan yang dihabiskan oleh karyawan dalam periode tertentu. HRD nantinya dapat melihat jumlah waktu kerja karyawan apakah sudah memenuhi minimal waktu yang telah ditentukan per harinya atau belum.

Namun, kendala yang sering terjadi adalah karyawan lupa melakukan clock-in dan clock-out menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga, hasilnya menjadi kurang akurat.

 

2. Untuk Analisa Kinerja Karyawan

Jumlah jam kerja karyawan juga dapat digunakan untuk menganalisa kinerja karyawan. HRD perlu mengetahui apakah karyawan tersebut datang tepat waktu atau terlambat, bahkan apakah ia membolos atau bekerja sesuai dengan ketentuan.

Hal-hal tersebut nantinya berguna untuk mengetahui performa tiap karyawan perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tentunya dengan memanfaatkan software ini Anda dapat meningkatkan produktivitas setiap karyawan.

 

3. Menciptakan Akuntabilitas dan Transparansi

Melacak waktu kerja dan lokasi karyawan ketika sedang bekerja dari rumah, memungkinkan untuk menciptakan akuntabilitas serta transparansi antara pemberi kerja dan karyawan. Hal ini pastinya penting untuk perkembangan perusahaan di masa depan.

Jika Anda merupakan karyawan yang jujur, menggunakan aplikasi time tracking mungkin tidak akan bermasalah bagi Anda. Namun, jika Anda merupakan karyawan yang suka bermalas-malasan dalam bekerja, maka penggunaan software ini dapat memaksa Anda untuk bekerja dengan optimal.

 

Baca Juga: Mudah! Ajukan Cuti Karyawan dengan Aplikasi Pengajuan Cuti

 

Monitor Pekerjaan Karyawan Lebih Mudah Bersama LinovHR

LinovHR

 

LinovHR hadir sebagai software HR yang membantu memudahkan manajemen SDM perusahaan dengan baik. Salah satunya tentang time management.

Menggunakan Modul Time Management System dari LinovHR memungkinkan Anda untuk mengelola data absensi, izin, cuti, lembur dan jadwal kerja lainnya dengan praktis. Modul ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan jam kerja karyawan yang terintegrasi dengan aplikasi absensi dari LinovHR.

HRD tentunya akan mengetahui jumlah waktu kerja karyawan per hari apakah sudah sesuai dengan ketentuan perusahaan atau belum mencapai batas waktu tertentu.

Selain itu terdapat fitur Timesheet yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui waktu serta laporan pekerjaan yang dilakukan karyawan setiap harinya.

Fitur ini pastinya dapat membantu Anda untuk melakukan analisa performa karyawan yang membutuhkan data-data tertentu untuk menghasilkan sebuah laporan yang rinci.

 

Saatnya tidak perlu khawatir lagi dalam monitor pekerjaan karyawan bersama LinovHR. Segera jadwalkan demo time tracking software sekarang juga untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan pemantauan kinerja karyawan!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru