berapa lama menunggu hasil interview

Berapa Lama Menunggu Hasil Interview? Inilah Penjelasan dari HRD!

Mendapatkan kesempatan untuk interview di perusahaan yang Anda impikan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi siapapun yang aktif melamar pekerjaan. Namun, setelah interview banyak kandidat kebingungan mengenai berapa lama menunggu hasil interview untuk mendapatkan jawaban hasil interview.

Terkadang memang menunggu hasil interview membutuhkan waktu yang lama karena HRD pun perlu mempertimbangkan dan membandingkan kompetensi yang Anda miliki dengan kandidat yang lain, terlebih lagi apabila posisi yang Anda lamar merupakan posisi yang diincar oleh banyak pelamar kerja. 

 

Berapa Lama Menunggu Hasil Interview?

Bisanya, HRD membutuhkan kurang lebih satu minggu hingga satu bulan untuk memberikan hasil jawaban setelah proses secara langsung ataupun interview by phone. Hal ini dikarenakan HRD perlu melakukan hal-hal lainnya seperti pekerjaan recruiter menumpuk, jumlah  kandidat yang banyak, adanya masalah yang lebih mendesak untuk diselesaikan dan hal-hal lainnya. 

Maka dari itu, terkadang penting bagi para kandidat untuk menanyakan estimasi pengumuman hasil interview dari HRD.

 

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

 

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan Selama Menunggu Hasil Interview?

Menunggu memang bukanlah hal yang menyenangkan terlebih lagi menunggu akan suatu hal yang sangat penting dan juga ditunggu-tunggu. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan selama Anda menunggu hasil dari interview.

Berikut ini adalah beberapa hal produktif yang dapat Anda lakukan selama menunggu hasil interview oleh HR.

 

Melamar Pekerjaan Lain

Menunggu hal yang tidak pasti memanglah bukan hal yang menyenangkan terlebih lagi menunggu hasil interview, meskipun Anda sudah yakin bahwa Anda sudah menjalankan interview dengan sangat baik, hal ini tidak menjamin bahwa Anda akan diterima karena bisa saja setelah Anda interview HRD menginterview kandidat lain yang ternyata memiliki kompetensi lebih baik daripada Anda. 

Oleh sebabnya usahakanlah untuk tetap menggunakan waktu menunggu hasil interview ini untuk hal yang sekiranya dapat menjadi pilihan lain apabila Anda ternyata tidak diterima dengan melamar pekerjaan yang lain.

Dengan melamar pekerjaan yang lain, Anda menjadi tidak terlalu bergantung dengan jawaban HR atas hasil interview Anda karena Anda bisa memiliki pilihan lain yang bisa dijadikan cadangan apabila tidak lolos seleksi interview di perusahaan tersebut.

 

Follow Up Hasil Kepada HRD

Jika Anda tidak juga kunjung mendapatkan kepastian akan hasil interview yang telah Anda lakukan untuk proses rekrutmen di suatu perusahaan, maka tidak salah bagi Anda apabila ingin menanyakan langsung perihal yang satu ini ke HRD yang bersangkutan. 

Tidak jarang kandidat merasa hal ini merupakan hal yang tidak sopan, padahal melakukan hal ini sah-sah saja karena bisa saja HRD lupa untuk memberitahu Anda mengenai hasil rekrutmen yang Anda lakukan di perusahaan tersebut. 

Meskipun demikian, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara menanyakan hasil interview yang baik dan benar dalam hal melakukan follow up hasil interview ini. Anda dapat menanyakan hal ini melalui email dengan format seperti yang di bawah ini:

 

Subject : Terima kasih untuk waktunya

 

Teruntuk (Nama HRD yang melakukan proses interview),

 

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk melakukan interview posisi (sebutkan posisi yang Anda lamar) dengan saya. Hal tersebut merupakan kehormatan yang sangat besar bagi saya..

Saya memiliki keinginan yang sangat besar untuk bergabung di perusahaan Anda terlebih lagi setelah diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai tanggung jawab dari posisi yang saya lamar. Dengan bergabung di perusahaan Anda, hal ini pastinya dapat memberikan banyak pengalaman dan juga pembelajaran tertentu untuk saya di dalam bidang yang saya tekuni.

Setelah melakukan perbincangan pada beberapa waktu yang lalu, saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang besar di perusahaan Anda dengan latar belakang dan juga pengalaman yang saya miliki.

Apabila terdapat pertanyaan mengenai apapun itu, saya dapat dihubungi melalui email ini atau nomor (sebutkan nomor handphone Anda yang aktif)

 

Salam,

(nama)

 

 

Baca Juga: Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Baik dan Benar

 

Mempelajari Skill Lain

Sambil menunggu hasil interview, akan lebih baik bagi Anda untuk mencoba mendalami kemampuan Anda atau bahkan menggali potensi lainnya. 

Memiliki skill lain membuat Anda memiliki nilai tambah di mata para rekruter sehingga peluang Anda untuk diterima kerja pun menjadi lebih besar.

Karena apabila nanti Anda mendapatkan kesempatan untuk interview lagi di perusahaan yang berbeda, maka Anda dapat menjawab pertanyaan mengenai kegiatan apa yang dilakukan selama menunggu mendapatkan pekerjaan dengan hal ini.

Pada dasarnya, menunggu memang bukanlah hal yang menyenangkan. Meskipun demikian, ada hal atau alasan tertentu yang membuat Anda harus menunggu akan hal ini.

Berapa lama pengumuman hasil interview umumnya memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Semoga pembahasan singkat mengenai berapa lama menunggu hasil interview dapat membantu Anda!