interview by phone

Pertanyaan yang Sering Diajukan Ketika Interview by Phone

Interview by phone sering digunakan oleh HR recruiter untuk melakukan penyaringan awal untuk memastikan kandidat yang mereka ajukan sudah memenuhi persyaratan minimum mereka.

Karena Anda tidak dapat bertemu secara langsung, penting untuk mempertimbangkan nada dan bahasa Anda untuk memberikan jawaban yang jelas dan bermanfaat.

Dalam artikel ini, LinovHR akan menguraikan informasi terkait interview by phone, mulai dari hal yang perlu Anda siapkan hingga pertanyaan yang dapat Anda latih sebelum interview.

Apa saja?

 

Apa yang Dimaksud Interview by Phone?

Interview by phone adalah proses wawancara yang digunakan recruiter sebagai cara untuk mengevaluasi kecocokan kandidat untuk pekerjaan tersebut.

Biasanya, interview melalui telepon atau phone interview memang sudah direncanakan oleh recruiter dan sudah disepakati oleh pekerja.

 

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Interview by Phone?

interview by phone
Interview By Phone

Biasanya selama interview, recruiter mencari informasi umum dan latar belakang Anda untuk melihat apakah mereka harus memajukan Anda ke langkah berikutnya dalam proses perekrutan. 

Anda harus siap untuk berbicara tentang mengapa Anda mencari pekerjaan, mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan dan perusahaan khusus ini, dan latar belakang Anda.

 

Riset Terkait Perusahaan dan Posisi

Lakukan riset untuk mengenal lebih jauh seperti apa perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Semakin banyak Anda tahu, semakin mengesankan Anda sebagai kandidat. Hal ini menandakan Anda bersungguh-sungguh untuk melamar pekerjaan. 

 

Membuat Cheat Sheet

Salah satu keuntungan melakukan interview by phone adalah Anda dapat memiliki cheat sheet di depan Anda dan pewawancara Anda tidak perlu mengetahuinya. 

Cheat sheet merupakan catatan yang Anda persiapkan yang berisi informasi soal perusahaan dan posisi yang Anda lamar  untuk membantu menjawab pertanyaan HR.

Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya diri menjawab tiap pertanyaan. 

 

Siapkan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan setelah wawancara menunjukkan bahwa Anda ingin tahu dan menjadi penilaian tambahan bagi pihak HRD. Namun, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan tambahan di luar daftar pertanyaan. 

 

Baca Juga: “Ada Pertanyaan?” Inilah Beberapa Hal yang Kandidat Harus Tanyakan!

 

Berbagai Pertanyaan yang Sering Muncul Selama Interview by Phone

Setiap recruiter memiliki serangkaian pertanyaan yang berbeda untuk interview by phone, tetapi ada beberapa pertanyaan umum.

Di bawah ini adalah beberapa contoh pertanyaan dan jawaban wawancara telepon yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi saat mempersiapkan wawancara Anda.

 

Pertanyaan 1 : Ceritakan tentang diri Anda!

Recruiter kemungkinan akan memulai interview by phone dengan menanyakan tentang latar belakang Anda. Hal ini adalah cara sederhana bagi mereka untuk belajar lebih banyak tentang Anda.

Anda harus menggunakan waktu ini untuk menjelaskan pengalaman Anda yang relevan, apa yang Anda lakukan saat ini dan lain sebagainya. Misalnya :

 

“Nama saya John, fresh graduate dari Universitas Airlangga jurusan Akuntansi. Selama saya mengerjakan skripsi, saya mengikuti internship program di PwC selama 6 bulan di posisi Tax Advisory. Kesibukan saat ini sedang mengambil kelas sertifikasi Brevet B untuk menambah ilmu sekaligus meningkatkan profesionalitas saya untuk menunjang karir saya kedepan.”

 

Pertanyaan 2 : Bagaimana Anda Mendeskripsikan Diri? 

Pertanyaan ini mirip dengan pertanyaan pertama, namun pertanyaan ini lebih berbicara tentang keterampilan dan kualitas yang membuat Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Perusahaan mencari apa yang Anda anggap sebagai kekuatan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar dan bagaimana Anda menggambarkan diri Anda. Misalnya :

 

“Saya adalah oriented-person, hal ini membuat saya terus-menerus memeriksa pekerjaan. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat saya suka belajar hal baru yang sekiranya menambah skill.”

 

Baca Juga: Cara Menolak Panggilan Interview Kerja dengan Baik dan Benar

 

Pertanyaan 3 : Mengapa Anda Melamar Posisi Ini?

Pertanyaan umum lainnya, “Mengapa Anda melamar posisi ini?” atau “Bagaimana dengan pekerjaan ini yang menarik minat Anda?” memberi tahu recruiter apakah Anda serius dan memiliki minat yang tulus untuk mengejar posisi tersebut atau tidak.

Untuk menjawab pertanyaan ini, gunakan detail yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan yang membuat Anda ingin melamar.

Ini bisa berupa tugas yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan, detail tentang perusahaan atau sesuatu tentang pekerjaan yang sesuai dengan tujuan karir Anda. Misalnya :

 

“Saya telah bekerja selama beberapa tahun sesuai dengan posisi saat ini. Saya merasa memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kualifikasi yang Anda cari, bersama dengan perspektif unik yang berasal dari industri yang berbeda.

Saya bersemangat bekerja di bidang perlindungan lingkungan, dan inilah saatnya bagi saya untuk membuat perubahan. Saya merasa perusahaan Anda adalah tempat yang tepat bagi saya untuk melakukan itu.”

 

Pertanyaan 4 : Bisakah Anda Ceritakan Tentang Apa yang Anda Ketahui Tentang Posisi Ini? 

Recruiter dapat mengajukan pertanyaan ini untuk mendapatkan perjalan tentang seberapa banyak mereka perlu memberitahu Anda tentang dasar-dasar posisi yang Anda lamar.

Mungkin juga memberi tahu mereka apakah Anda telah meluangkan waktu untuk membaca deskripsi pekerjaan dan meneliti sebanyak mungkin sebelumnya. Misalnya :

 

“Dari uraian tugas, saya memahami bahwa Anda sedang mencari seorang akuntan pada kegiatan departemen keuangan terutama terkait dengan Hutang dan Pengadaan. Saya juga memahami bahwa Anda memerlukan pelatihan kepatuhan HIPAA, yang saya sertifikasi.

Kedengarannya seperti banyak tugas sehari-hari termasuk memproses pembuatan vendor, jurnal, permintaan cek, dan faktur pembayaran. Bisakah Anda memberitahu saya lebih banyak tentang mengapa posisi ini terbuka dan apa yang dibutuhkan tim?”

 

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Harus Menerima Anda?

 

Pertanyaan 5 : Berapa Gaji yang Anda Harapkan?

Perekrut mungkin menanyakan pertanyaan interview ini di awal proses perekrutan, seperti selama interview, untuk melihat apakah gaji yang Anda harapkan sesuai dengan apa yang telah mereka anggarkan untuk posisi tersebut.

Hal ini juga dapat membantu mereka memahami jika Anda melebihi atau mungkin kurang memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini, yang terbaik adalah memberikan rentang untuk menunjukkan bahwa Anda fleksibel, tetapi juga bahwa Anda mengharapkan untuk mendapatkan jumlah tertentu. Misalnya :

 

 “Untuk posisi ini gaji ideal saya akan turun di kisaran Rp 10.000.000 hingga Rp 18.000.000. Saya merasa ini adalah jumlah yang tepat untuk tingkat pengalaman saya di posisi ini.”

 

Baca Juga: Tips Melakukan Phone Screen Interview dengan Tepat

 

Bagaimana, mudah bukan menjawab pertanyaan phone interview?

Semoga ulasan singkat mengenai interview by phone di atas dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian. Good luck!