Cara Menanyakan Hasil Interview ke HRD Lewat WA dan Email

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Cara Menanyakan Hasil Interview ke HRD Lewat WA dan Email
Isi Artikel

Setelah menjalani proses seleksi dan interview saat melamar kerja, HRD biasanya akan memberi tahu hasilnya setelah rentang waktu tertentu. Namun, ada kalanya, kepastian tersebut tak kunjung tiba meski pelamar telah menunggu cukup lama.

Nah, di sinilah para pelamar sebaiknya mengambil inisiatif dengan cara menanyakan hasil interview. Pertanyaan bisa diajukan melalui WhatsApp atau Email. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya?

Apakah Boleh Menanyakan Hasil Interview ke HR?

Menanyakan hasil interview kepada HR sebetulnya bukan hal yang dilarang. Terlebih lagi, tidak semua perusahaan memberi kabar atau update mengenai hasil seleksi kepada kandidat yang tidak lolos. Tentunya, hal ini akan membuat pelamar merasa kebingungan.

Apalagi jika mereka juga mengikuti proses seleksi di tempat lain. Sebagai jobseeker, kepastian hasil interview akan sangat berpengaruh terhadap nasib dan keputusan pelamar.

Jika lolos, tentu pelamar tidak perlu lagi mengirim application ke tempat lain. Namun, jika tidak lolos, pelamar bisa fokus mengirim lamaran dan mengikuti proses seleksi di perusahaan lain.

Maka dari itu, para pelamar sebenarnya sah-sah saja menanyakan hasil rekrutmen kepada pihak perusahaan. Namun, mereka harus tetap memperhatikan bagaimana cara menanyakan hasil interview ke HRD yang baik dan benar.

Kapan Waktu yang Tepat Menanyakan Hasil Interview ke HR

Rentang waktu dari sesi wawancara hingga pengumuman hasil memakan waktu yang berbeda-beda tergantung perusahaan dan banyaknya peserta. Namun, pada umumnya perusahaan akan memberi respons setelah 1 atau 2 minggu.

Jangka waktu tersebut sudah termasuk waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan umpan balik (feedback) dari pewawancara, melakukan diskusi dengan pihak internal, serta membuat keputusan.

Nah, jika dalam 2 minggu masih belum ada kabar yang datang, sudah saatnya Anda mulai menanyakan hasil wawancara kepada HRD untuk menjawab rasa penasaran.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan saat Interview User

Bagaimana Cara Menanyakan Hasil Interview?

Menanyakan hasil interview bisa dilakukan lewat berbagai media, seperti WhatsApp dan email sebagai platform komunikasi yang paling banyak dipakai perusahaan untuk mengirimkan update lamaran dan proses seleksi.

Meski berbeda platform, tetapi prinsip menanyakan hasil wawancara kepada pihak HRD tetaplah sama. Apa saja prinsip tersebut?

Pertama, gunakan kalimat yang baik dan sopan. Saat bertanya, jangan langsung masuk ke pertanyaan inti seperti, “apakah saya lolos seleksi?” atau “apakah saya tidak diterima?”.

Seperti membuat undangan formal, Anda harus menyertakan salam pembuka, pengenalan diri, dan kalimat penutup.

Dengan begitu, pihak HRD akan melihat Anda sebagai sosok yang sopan dan profesional sehingga meningkatkan kesan baik di mata perusahaan yang bisa saja berpengaruh terhadap kesempatan lolos seleksi.

Kemudian, kirimkan pesan pada waktu yang tepat, yakni di jam kerja sekitar pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore.

Nah, jika terdapat deadline pengumuman dari HR recruiter, Anda bisa melakukan follow up sekitar 1 hingga 2 hari setelahnya pada hari kerja di jam yang sama.

Contoh Cara Menanyakan Hasil Interview Lewat WhatsApp

Menanyakan hasil interview lewat WhatsApp memiliki prinsip yang sama seperti di atas.

Pertama-tama, tulis kata pembuka dan salam kepada pihak HR dan perkenalkan diri Anda. Kemudian, ucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang telah diberikan sebelumnya.

Baru setelah itu, Anda bisa masuk ke pertanyaan inti dengan menanyakan hasil wawancara. Ingat, tetap gunakan bahasa yang sopan dan jangan mendesak atau terlalu menuntut untuk diberi jawaban secepatnya.

Berikut contoh template pesan teks yang bisa Anda jadikan acuan.

Selamat siang, Ibu/Bapak HRD

Sebelumnya perkenalkan, saya Agustina, kandidat yang kemarin telah melakukan wawancara untuk posisi Digital Marketing Specialist di PT Lawencon Internasional pada 20 Mei 2024.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan interview yang telah diberikan. Melalui pesan ini, saya bermaksud untuk menanyakan lebih lanjut tentang perkembangan dan hasil seleksi wawancara kerja yang telah saya ikuti.

Dengan pengalaman dan ketertarikan saya di bidang digital marketing, saya berharap bisa diberi kesempatan untuk bergabung dan menjadi bagian dari PT Lawencon Internasional.

Sekian yang ingin saya sampaikan. Untuk waktu dan kesempatan yang telah Ibu/Bapak X berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Agustina

Contoh Cara Menanyakan Hasil Interview via Email

Format menanyakan hasil interview melalui email tidaklah jauh berbeda dengan menggunakan WhatsApp.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, pertama adalah email yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan alamat email profesional. Sangat disarankan untuk menggunakan email yang digunakan dalam CV.

Lalu, perhatikan juga subjek email, pastikan itu jelas dan tetap sopan. Di bagian ini, Anda bisa menyebutkan posisi apa yang dilamar, misalnya “Follow Up Interview Posisi Digital Marketing”.

Berikut template yang bisa Anda contoh.

Subject : Follow-Up Proses Interview Posisi Jr. Copywriter

Selamat siang, Ibu/Bapak HRD

Perkenalkan, saya Hassan. Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara yang diberikan pada 3 Juni 2024 kemarin. Melalui email ini, saya ingin mengetahui status terbaru dari proses perekrutan untuk posisi Junior Copywriter.

Dengan pengalaman dan ketertarikan saya di bidang digital marketing, saya sangat tertarik dengan role ini. Saya berharap bisa diberi kesempatan untuk bergabung dan turut berkontribusi sebagai bagian dari PT Lawencon Internasional.

Untuk itu, saya harap saya bisa mendengar informasi terkait langkah selanjutnya dari proses seleksi kemarin. Atas waktu dan pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Hassan

Contoh Cara Menanyakan Hasil Interview dalam Bahasa Inggris

Jika recruiter berkomunikasi dengan bahasa Inggris selama proses seleksi, ada baiknya jika kamu melakukan follow-up dengan bahasa yang sama pula.

Berikut template yang bisa kamu contoh.

Subject: Follow-Up on Interview Process

Dear HR PT Lawencon Internasional,

I hope this message finds you well. I am writing to inquire about the status of my application for the SEO Specialist position, following our recent interview on May 13, 2024.

I remain very interested in the opportunity to join PT Lawencon Internasional team and would appreciate any updates you can provide regarding the next steps in the process.

Thank you for your time and consideration.

Best regards,

Alya

Nah, itu dia pembahasan dan beberapa contoh template yang bisa Anda tiru bagi yang masih bingung bagaimana cara menanyakan hasil interview kepada pihak recruiter! Semoga bisa membantu terutama bagi Anda para jobseeker!

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter