Categories: businessPayroll & Tax

Online Payroll Services: Hitung Payroll, PPh21, BPJS Jadi Simpel

Selama ini proses penggajian karyawan dalam perusahaan memakan waktu yang cukup lama. Banyak perusahaan merasa kesulitan dalam menangani penggajian internal. Untuk mengatasinya, tak jarang perusahaan memanfaatkan jasa perhitungan gaji dari vendor eksternal atau biasa disebut juga menggunakan online payroll services. Namun, apakah perusahaan benar-benar membutuhkan payroll services? Dan apakah vendor menjamin kerahasiaan informasi karyawan?

Apa itu Online Payroll Services?

Online payroll services adalah sebuah layanan perhitungan gaji karyawan yang disediakan oleh vendor eksternal. Online payroll services dapat melakukan perhitungan gaji sekaligus dengan berbagai komponen penggajian seperti kehadiran, pajak penghasilan atau PPh21, iuran BPJS, dan lain-lain. Disamping kemudahan akses dan proses penggajian, online payroll services juga membantu HRD dalam pembuatan payroll report tahunan. Data dan informasi yang tersaji dalam payroll report dapat disesuaikan dengan kebutuhan user dan mudah dipahami.

Baca juga: Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 100% Secara Online

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Online Payroll Services?

Sebagai sumber daya manusia utama, karyawan adalah kunci dari operasional dan output produk yang berkualitas. HRD adalah divisi yang paling berperan besar dalam pengelolaan karyawan. Itulah sebabnya HRD mengupayakan berbagai cara untuk memaksimalkan keberadaan karyawan, mulai dari pelatihan dan pengembangan, rekrutmen kandidat berkualitas, pengadaan games dan gathering untuk memperkuat kerja tim, dan lain-lain. Sulit bagi HRD untuk selalu memegang kendali penggajian bulanan. Inilah beberapa alasan lain mengapa perusahaan membutuhkan online payroll services:

Perusahaan belum memahami sistem perpajakan

Tugas administratif dalam hal penggajian cukup menyita waktu.  Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah karyawan dan komponen gaji seperti pajak, tunjangan,  kehadiran, dan lain-lain yang semakin merumitkan perhitungan gaji.  Di Indonesia, terdapat regulasi dan undang-undang mengenai penggajian dan perpajakan. Faktanya, tidak semua staf HRD memahami secara lengkap bagaimana regulasi perpajakan dan penggajian. Keterbatasan ini dapat menghambat kinerja HRD dan dibutuhkan bantuan dari pihak eksternal untuk mengatasinya.

Payroll internal memakan waktu lama

Umumnya perusahaan yang kesulitan dalam mengelola penggajian membutuhkan waktu yang lama dalam proses penggajian.  Waktu yang lama ini akan mengganggu kinerja HRD yang lain. Akibatnya, kualitas dan kinerja HRD tidak optimal dan dapat mempengaruhi kinerja karyawan secara keseluruhan. Fokus HRD terpecah dan justru melewatkan aspek penting dalam pengelolaan karyawan, yaitu menyiapkan kandidat berkualitas dan memaksimalkan kinerja karyawan. Inilah sebabnya perusahaan membutuhkan payroll services.

Fokus Kepada Bisnis Inti

Perusahaan harus meletakkan fokus kepada bisnis inti agar mampu memperkokoh posisi di tengah persaingan bisnis. Salah satu bentuk fokus yang bisa diwujudkan perusahaan adalah pengelolaan karyawan melalui pelatihan dan pengembangan oleh HRD. Sehingga tercipta sumber daya yang handal, berkualitas, dan handal untuk berkontribusi terhadap perkembangan bisnis.

Transparansi Kurang Efektif

Menjaga transparansi adalah kunci dari kesuksesan bisnis perusahaan. Semua aspek dalam pengelolaan karyawan membutuhkan transparansi yang efektif, termasuk dalam penggajian. Sayangnya, tidak selalu pengelolaan gaji dalam perusahaan berjalan transparan. Ditambah lagi keterbatasan kemampuan dan pengetahuan seputar penggajian membuat pola penggajian semakin kurang akurat,

Didukung Tim Ahli

Di balik payroll services, terdapat personel handal yang berpengalaman dalam mengelola gaji dan berbagai komponennya. Inilah yang membuat suatu payroll services unggul. Keberadaan payroll services dapat membantu HRD dalam pengelolaan gaji. Sehingga HRD tidak lagi perlu memusatkan perhatian kepada tugas administrasi penggajian yang menyita banyak waktu dan akhirnya dapat memfokuskan dalam tugas yang lebih penting.

Baca juga: Manpower Planning untuk Mendapatkan SDM Unggulan

Online Payroll Services dari LinovHR: Kunci Utama Kelola Gaji, PPh21, dan BPJS

Mempercayakan pehitungan gaji kepada pihak lain di luar perusahaan cukup tricky dan membutuhkan ketelitian. Perusahaan dan HRD harus memastikan bahwa jasa yang akan digunakan adalah jasa yang cocok dengan proses bisnis perusahaan.

Banyak vendor di luar sana yang menyediakan online payroll services dengan berbagai penawaran menarik. Namun, apakah online payroll service pilihan perusahaan adalah yang terbaik? Apakah semua informasi karyawan yang tersimpan aman serta hanya digunakan untuk penggajian semata?

LinovHR adalah jawaban yang paling tepat untuk semua itu.

Online payroll service dari LinovHR membantu perhitungan gaji beserta PPh21 dan BPJS lebih sederhana. Setiap periode penggajian tiba, LinovHR akan memproses berbagai komponen gaji dengan tepat dan cepat, menghasilkan gaji bersih untuk semua karyawan. Setelah selesai memproses gaji bulanan, gaji bersih akan segera dikirimkan ke nomor rekening masing-masing karyawan. Tidak ada lagi istilah terlambat gajian atau salah hitung gaji.

Online payroll services juga dapat mampu membantu HRD dalam menyusun berbagai laporan seperti payroll, BPJS, dan PPh21. Dengan begitu, HRD dapat lebih menghemat waktu dan memfokuskan diri kepada tugas lain yang memiliki urgensi tinggi. Semua perhitungan yang dilakukan oleh LinovHR sesuai dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: Karyawan Wanita Wajib Baca, Cara Nego Gaji yang Pasti Berhasil

LinovHR pun turut menyediakan konsultan pajak profesional yang membantu perusahaan untuk memenuhi kewajiban dalam aspek perpajakan. Dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa LinovHR sangat memperhitungkan aspek legalitas dalam pengelolaan gaji.

LinovHR menjamin  keamanan semua data dan informasi seputar karyawan. Seluruh informasi disimpan aman dan rahasia serta hanya digunakan untuk kepentingan perhitungan gaji. Jadi, perusahaan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kebocoran maupun manipulasi informasi karyawan.

Berkat online payroll services, perhitungan gaji, PPh21, dan BPJS jauh lebih sederhana dan anti ribet. Tunggu apalagi? Hubungi LinovHR untuk informasi selengkapnya! LinovHR.com/Contact-Us/

Admin LinovHR

Recent Posts

3 Cara Menciptakan Sistem Rekrutmen Karyawan

Perusahaan manapun tentu ingin memiliki calon karyawan berkualitas. Namun, untuk memperolehnya tidaklah mudah. Perlu rentetan…

48 menit ago

Menilik Performance Management Cycle dalam Ruang Lingkup Perusahaan

Demi menjaga alur kerja dan produktivitas perusahaan, karyawan perlu bekerja secara optimal secara kontinu. Sayangnya,…

2 jam ago

Mengenal Gaji Pokok dan Perbedaannya dengan UMR

Dalam bekerja untuk suatu perusahaan, karyawan punya sejumlah hak dan kewajiban tertentu. Salah satu hak…

6 jam ago

Menyusun Strategi Pengelolaan SDM Melalui Sistem, Apakah Efektif?

Pengelolaan dalam sebuah organisasi sangat penting dalam perusahaan, khususnya pengelolaan karyawan. Mengapa demikian? Sebab kinerja…

1 hari ago

Menyukseskan Manajemen SDM Internasional ala LinovHR

Manajemen SDM internasional banyak digunakan oleh perusahaan multinasional atau perusahaan yang hendak mengembangkan usaha ke…

1 hari ago

Siapakah Konsultan HRD? Simak Ulasan Ini!

Mengelola sumber daya manusia perlu dilakukan secara teliti dan komprehensif. Terlebih, jika perusahaan memiliki karyawan…

1 hari ago