SKCK Online

Job Hunters, Ini Dia Cara Buat SKCK Online!

Saat melamar suatu pekerjaan, tentunya pelamar harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti CV, Ijazah, dan Transkrip Nilai. Adapun dokumen pendukung yang tak kalah penting untuk dilampirkan saat melamar pekerjaan, yakni SKCK. Untuk mendapatkan dokumen SKCK, biasanya pelamar harus mengurusnya ke kantor polisi.  Namun, kini pelamar  tak perlu datang lagi ke kantor polisi untuk mengurus pembuatan SKCK, cukup daftar SKCK online. 

 

 

Lantas, bagaimana cara daftar SKCK online? LinovHR telah merangkum cara-caranya dalam artikel ini. 

 

Apa itu SKCK?

Melansir dari polri.go.id, Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut. (Vide Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014)

Masa berlaku SKCK adalah enam bulan sejak diterbitkan. Namun, jika masa berlaku SKCK sudah habis, Anda dapat memperpanjangnya lagi dengan mengikuti prosedur yang berlaku. 

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

 

Syarat Membuat SKCK

Sebelum membuat SKCK online, adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh job hunters, antara lain:

  1. Fotokopi KTP asli
  2. Fotokopi Paspor (jika ada)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) asli
  4. Fotokopi Akte Kelahiran 
  5. Pas foto terbaru berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak enam lembar dengan background merah. (foto wajib memakai pakaian yang sopan dan berkerah, foto tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka, dan bagi pelamar yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh)

 

Cara Membuat SKCK Secara Online

Seperti yang kita ketahui, di masa pandemi seperti saat ini segala sesuatu dialihkan menjadi sistem online termasuk pembuatan SKCK. lantas, bagaimana caranya membuat SKCK online? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

 

Kunjungi Website Resmi Polri

Langkah pertama yang harus dilakukan pelamar adalah mengunjungi website resmi polri pada atau klik link skck.polri.go.id

 

Pilih “Form Pendaftaran”

Setelah masuk ke halaman utama website, langkah kedua yang harus dilakukan adalah pilih dan klik menu “Form Pendaftaran” yang terletak pada bagian kanan atas laman utama. Form pendaftaran merupakan sebuah formulir resmi dari kepolisian yang harus diisi oleh pelamar.

 

Isi Formulir Secara Lengkap

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran dengan sebenar-benarnya yang meliputi data pribadi, pendidikan, ciri fisik, hubungan keluarga, dan sebagainya. Pastikan semua data yang diisi sudah benar dan tidak ada yang terlewatkan.

 

Unggah Foto

Langkah keempat adalah unggah foto terbaru 4×6 cm dengan latar belakang merah. Pastikan pelamar mengunggah foto terbaru dengan memakai pakaian yang rapi dan berkerah. Untuk wanita yang menggunakan hijab pastikan bagian wajah terlihat jelas. 

 

Lampirkan Sidik Jari

Setelah semua data terisi dan foto diunggah, lampirkan rumus sidik jari pelamar yang telah diperoleh dari kantor polisi sesuai domisili pelamar. Pastikan sidik jari terlihat dengan jelas agar mudah terbaca oleh sistem. 

 

Lakukan Pembayaran

Apabila formulir telah diisi dengan lengkap mengikuti prosedur yang berlaku, pelamar akan mendapatkan bukti pendaftaran dan nomor untuk melakukan pembayaran secara online. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BRI atau melalui loket pembayaran di kantor polisi sesuai domisili. 

 

Biaya Pembuatan

Setelah berhasil menyelesaikan proses pendaftaran sesuai prosedur di laman resmi Polri, maka Anda wajib melakukan pembayaran.

Biaya yang perlu dikeluarkan oleh pelamar untuk membuat SKCK baik online atau di kantor polisi adalah sebesar Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah). Biaya ini dapat Anda bayarkan melalui Bank BRI atau diserahkan langsung kepada petugas Polri di kantor polisi tempat Anda mengambil SKCK. 

 

Baca Juga: Siap Hadapi Panel Interview dengan Persiapan Berikut! 

 

Cara Perpanjang SKCK Online

skck online
cara membuat skck online

Apabila job hunters sudah mempunyai SKCK namun masa berlakunya sudah lewat dari 6 bulan atau expired, maka Anda harus memperpanjang SKCK terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan.

Kini, memperpanjang SKCK juga dapat dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu repot lagi datang ke kantor polisi. Berikut langkah-langkahnya:

 

Buka Laman Resmi Polri

Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi Polri skck.polri.go.id . Namun, sebelum melangkah lebih jauh, pelamar perlu menyiapkan dokumen SKCK lama yang asli dan sudah habis masa berlakunya.

 

Pilih Menu “Form Pendaftaran”

Setelah pelamar berhasil masuk ke laman utama, pilih dan klik menu “Form Pendaftaran” yang terletak di pojok kanan atas. Formulir Pendaftaran umumnya berisikan identitas pribadi, jenis keperluan, riwayat pendidikan, ciri fisik, dan sebagainya, formulir ini harus Anda isi dengan benar, lengkap, dan teliti. 

 

Masukan Alasan pada Kolom “Jenis Keperluan”

Pada kolom “Jenis Keperluan” harus diisi alasan Anda mengajukan pembuatan SKCK. Maka kolom tersebut diisi dengan alasan memperpanjang SKCK yang telah habis masa berlakunya. Kolom “Jenis Keperluan” ini nantinya juga menentukan lokasi SKCK dibuat.  

 

Unggah Foto Formal dan Sidik Jari

Langkah selanjutnya adalah pelamar wajib mengunggah foto formal dengan ukuran 4×6 cm dan latar belakang berwarna merah.  Usahakan foto yang diunggah adalah yang terbaru dan wajah Anda terlihat dengan jelas.Selain foto, Anda juga perlu melampirkan rumus sidik jari. Anda dapat menggunakan rumus sidik jari yang lama agar lebih mudah. 

 

Cetak Bukti Pendaftaran dan Nomor Pembayaran

Setelah formulir pendaftaran diisi dengan lengkap, Anda akan menerima bukti pendaftaran dan nomor pembayaran. Langkah selanjutnya adalah Anda harus menyelesaikan pembayaran SKCK, yang dapat dilakukan melalui Bank BRI atau membayar langsung di loket pembayaran yang berada di kantor Polisi terdekat. 

 

Cetak Tanda Bukti Pembayaran

Apabila pembayaran telah selesai dilakukan, maka Anda perlu mencetak bukti pembayaran tersebut dan simpan sebagai tanda bukti yang nantinya akan digunakan saat mengambil SKCK baru di kantor Polisi

 

Baca Juga: 5 Contoh Surat Tugas Beserta Formatnya

 

Kesimpulan

Setelah menyimak artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa membuat SKCK online tidak sesulit yang dibayangkan, bahkan cenderung sangat mudah. Hal yang terpenting adalah Anda hanya perlu mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Dengan memiliki dokumen SKCK, Anda dapat melamar pekerjaan dengan lancar  di perusahaan impian.