SIPP Online

Panduan Lengkap Pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Sekarang ini keikutsertaan program BPJS menjadi hal yang diwajibkan oleh negara untuk seluruh rakyat. Program ini dirancang guna membantu semua lapisan masyarakat agar bisa memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. Selain BPJS Umum, pemerintah juga mempunyai program SIPP (Sistem Informasi Pelaporan Peserta) BPJS khusus ketenagakerjaan yang sudah tercantum dalam PP No. 103/2013 mengenai kepesertaan program jamsos untuk mendaftarkan sebagai bagian dari anggota BPJS ketenagakerjaan merupakan hal wajib. Enaknya lagi, kalau dahulu Anda harus melakukan pendaftaran secara langsung datang ke kantor pengurusan BPJS, sekarang sudah tersedia SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

 

Baca Juga: Penuhi syarat ini dalam membuat BPJS Kesehatan Karyawan Perusahaan Anda

 

Syarat Pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Terdapat 2 kategori yang tersedia untuk pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja. Masing-masing kategori memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Syarat Kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja:

  1. Melampirkan fotokopi serta surat asli izin usaha perdagangan (SIUP

  2. Melampirkan fotokopi serta NPWP asli perusahaan

  3. Melampirkan fotokopi serta aka perdagangan perusahaan yang asli

  4. Melampirkan foto KTP tiap karyawan

  5. Melampirkan fotokopi kartu keluarkan karyawan yang akan didaftarkan

  6. Melampirkan pas foto 2×3 1 lembar untuk setiap karyawan

Syarat Kategori Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja

  1. Melampirkan surat izin usaha (SIU) yang bisa didapatkan dari RT, RW atau Kelurahan

  2. Melampirkan fotokopi KTP pekerja

  3. Melampirkan fotokopi pas foto pekerja dengan ukuran 2×3 1 lembar

Langkah Pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Setelah Anda memastikan kelengkapan syarat yang harus terpenuhi selanjutnya Anda bisa langsung melakukan pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, berikut langkah-langkahnya:

  • Bukalah website SIPP Ketenagakerjaan lewat browser

Anda bisa melakukan pendaftaran langsung melalui website resmi SIPP Online Ketenagakerjaan di sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id. Pastikan bahwa website adalah resmi dari BPJS bukan website lain.

  • Lakukanlah pendaftaran dengan mengisi kolom kosongnya

Setelah berhasil masuk ke dalam halaman SIPP online, selanjutnya Anda bisa mencari tombol pendaftaran dan mengkliknya. Lalu, Anda bisa mengisi bagian kolom NPP serta divisi Anda. Pastikan semua data diisi dengan benar sehingga nama perusahaan secara otomatis bisa langsung muncul. Selanjutnya Anda hanya tinggal mengikuti setiap langkahnya sampai selesai.

 

2 langkah pendaftaran tersebut bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Sekarang ini dengan adanya fasilitas SIPP Online semua pelaporan BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa dengan mudah dilakukan. Anda bisa melakukan laporan menggunakan laptop yang sudah terhubung dengan internet dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, di dalam SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ada berbagai macam fitur yang bisa mempermudah pekerjaan, seperti adanya fitur mutasi data, sampai pengaturan profile perusahaan.

Itulah persyaratan serta langkah pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan. Dengan disediakannya fasilitas online oleh pemerintah sangat disayangkan bila Anda tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Iuran BPJS Karyawan

 

Mempunyai BPJS Ketenagakerjaan tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat dari mulai manfaat untuk si penerima, keluarga dan juga negara. Anda bisa mendapatkan cukup banyak jaminan, dari mulai jaminan kecelakaan, hari tua sampai kematian.

Selain itu, pendaftaran SIPP online BPJS Ketengakerjaan juga sebenarnya sudah bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan bila Anda ternyata tidak bekerja dalam sebuah perusahaan karena merupakan karyawan freelance serta beberapa pekerjaan lain yang memang tidak terikat, Anda tetap bisa mendaftarkan diri sebagai bagian dari program BPJS pemerintah.