cara menonaktifkan bpjs ketenagakerjaan

Tutorial Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Bukan hal baru jika cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu hal yang lumayan rumit. BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen ‘jaminan’ yang biasanya didapatkan oleh pekerja atau karyawan dari suatu perusahaan. 

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Pasal 15 menjelaskan bahwa pihak pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan karyawannya sebagai peserta pada BPJS sesuai dengan program Jaminan Sosial yang diikuti. 

Nah, BPJS Ketenagakerjaan ini harus Anda nonaktifkan jika resign atau sudah tidak bekerja di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. Keanggotaan/ peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat dinonaktifkan saat seorang karyawan mengundurkan diri maupun mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kenapa Anda harus menonaktifkannya?

Hal ini untuk menghindari adanya denda karena tidak lagi membayar iuran BPJS Kesehatan. Perusahaan tidak akan membayar atau menanggung lagi biaya BPJS Kesehatan untuk Anda yang sudah keluar. 

Bagaimana cara menonaktifkannya, yuk simak!

 

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan di Kantor BPJS

Sebelum Anda melakukan penonaktifan, pastikan cek status terlebih dahulu. Pengecekan bisa dilakukan menggunakan aplikasi BPJSTKU dengan cara registrasi NIK dan cek pada menu Cek Saldo JHT, jika saat di cek muncul tanda centang, berarti status Anda masih aktif. Jika tidak, berarti sudah tidak aktif.

Cara yang umumnya dilakukan adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS terdaftar. Prosedurnya lumayan sederhana, Anda bisa langsung mendatangi petugas yang ada dan mengutarakan keinginan Anda untuk menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan. 

Namun perlu diingat bahwa ada dokumen-dokumen yang harus Anda persiapkan yaitu:

 

  1. Surat keterangan resign/ sudah tidak bekerja. 
  2. Dokumen pelengkap seperti KTP, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga dan dokumen pendukung  lain. 

 

Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen pribadi yang terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan Anda agar bisa menonaktifkan statusnya. 

 

Baca juga 5 Cara Mudah Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

 

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Untuk menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan secara online biasanya dilakukan melalui website SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah cara menonaktifkan karyawan di BPJS Ketenagakerjaan di SIPP online dengan mudah.

 

  1. Anda harus login ke akun Anda terlebih dahulu kemudian pada halaman yang menampilkan status BPJS Ketenagakerjaan Anda klin Nonaktifkan.
  2. Jika kemudian saat di cek melalui aplikasi BPJSTKU masih Aktif, maka selanjutnya yang Anda lakukan adalah finalisasi penonaktifan dari website SIPP BPJS Ketenagakerjaan. Maka status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda akan menjadi non aktif. 
  3. Jangan lupa juga dalam penonaktifan status BPJS Ketenagakerjaan perlunya koordinasi dengan perusahaan dan atau HRD perusahaan agar tidak terjadi miss info atau data yang menyulitkan proses penonaktifan. 

 

Baca juga: 3 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

 

Kelola BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Jasa Payroll LinovHR

payroll

Pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi bagian yang harus dilakukan saat Anda merupakan seorang karyawan atau pekerja. BPJS Ketenagakerjaan harus diberikan perusahaan Anda sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. 

Untuk memudahkan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan Anda, Jasa Payroll LinovHR menjadi salah satu solusi! 

Melalui Jasa Payroll LinovHR, pengolahan data perpajakan karyawan akan disesuaikan dengan lebih cepat dan akurat sesuai dengan elemen ketentuan pada pajak penghasilan yang telah ditentukan pemerintah. Salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. 

Menggunakan Jasa Payroll LinovHR akan meminimalisir kesalahan hitung elemen perpajakan yang harus dipenuhi karyawan perusahaan juga membantu perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan harus melakukan perhitungan pajak dan elemennya sesuai dengan gaji dan ketentuannya masing-masing. 

 

Jasa Payroll Outsourcing Services LinovHR dapat menjadi solusi kelola pajak, BPJS Kesehatan maupun ketenagakerjaan untuk karyawan secara  lebih cepat, tepat, serta up to date dengan kebijakan juga ketentuan perpajakan dari pemerintah!