sistem human resource

Fitur Pelatihan Karyawan dalam Sistem Human Resource

Tren pengelolaan karyawan dengan sistem human resource mulai populer di antara banyak perusahaan. HRD memilih menggunakan sistem karena berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam pengelolaan karyawan, contohnya payroll, pencatatan kehadiran, dan lainnya. Perusahaan dan HRD juga memanfaatkan sistem untuk membuat rancangan program pelatihan karyawan. Dengan menggunakan sistem human resource, diharapkan perencanaan rancangan program pelatihan menjadi rinci dan mudah diimplementasikan. 

 

Sekilas Mengenai Sistem Human Resource dalam Pelatihan Karyawan

Sebelum melanjutkan bagaimana hubungan antara sistem human resource dan pelatihan karyawan, mari memahami apa yang dimaksud dengan sistem human resource. Secara sederhana, sistem human resource adalah sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan dan dan mengotomatisasi pengelolaan sumber daya manusia. Dapat dikatakan bahwa penggunaan sistem untuk pengelolaan sumber daya manusia menjadi lebih efektif dan efisien. 

Salah satu kegiatan pengelolaan sumber daya manusia adalah pelatihan dan pengembangan kinerja karyawan. Tujuan perusahaan melakukan program pelatihan karyawan adalah memperbaiki dan menambah kemampuan kinerja karyawan lebih baik dari sebelumnya. Kinerja karyawan penting untuk menunjang bisnis. Kinerja yang berkualitas juga membuat perusahaan melahirkan produk yang mempunyai nilai tinggi di mata konsumen. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memantau dan mengelola kinerja karyawan secara kontinu agar dapat melakukan evaluasi dan perbaikan berkala. 

Keberadaan sistem membuat HRD mulai memanfaatkannya dalam pegembangan program pelatihan dan pengembangan karyawan. Staff HRD pun lebih mudah dalam membuat daftar jenis pelatihan seperti apa yang dibutuhkan dan bagaimana anggaran untuk program tersebut. Karena disimpan dalam sebuah sistem, semua staff HRD dan pihak manajerial yang terkait dapat memantau berjalannya program dengan koneksi internet. 

 

Manfaat Program Pelatihan untuk Karyawan

Tujuan utama dari program pelatihan agar kinerja karyawan menjadi lebih baik. Saat kinerja karyawan menjadi lebih baik, maka perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat dari program pelatihan karyawan. Manfaat tersebut antara lain: 

Meningkatkan Motivasi Kerja 

Karena kemampuan karyawan semakin lebih baik, tentunya juga akan motivasi kerja juga akan meningkat. Karyawan yang mempunyai motivasi kerja tinggi cenderung menghasilkan produktivitas kuat. Dengan begitu karyawan dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan dengan kemampuan baru yang telah dikuasai. 

Menjaga Kuantitas dan Kualitas Produk

Paduan produktivitas dan motivasi kerja yang kuat mampu menjaga kualitas dan kuantitas produk. Konsumen di pasar pun akan tetap setia menggunakan produk dari perusahaan karena kualitas dan jumlahnya tetap sama bahkan cenderung lebih baik dari sebelumnya. Saat konsumen setia dan loyal kepada produk, pendapatan perusahaan juga akan meningkat pesat. Sebab, konsumen loyal cenderung akan merekomendasikan produk kesukaannya kepada orang lain. Kemudian orang lain tersebut akan membeli produk dari perusahaan. 

 

Baca Juga: Pengertian dan Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

 

Menghindari Kesalahan dalam Bekerja

Kesalahan kerja atau lebih populer disebut human error biasa terjadi karena kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh karyawan. Human error yang terlalu sering dapat merugikan dan menghambat proses bisnis perusahaan. Karyawan yang memiliki kemampuan mumpuni akan mengurangi kesalahan kinerja karena telah memahami dan menguasai dengan seksama bagaimana kompetensi atau skill yang dibutuhkan untuk menghasilkan 

 

Meningkatkan Komunikasi antara Manajemen dan Karyawan

Kesenjangan komunikasi antara manajemen dan karyawan seringkali terjadi. Pelatihan kinerja yang dilakukan secara periodik akan membantu memecahkan kesalahpahaman dalam kinerja yang mengarahkan kepada kelancaran komunikasi. Perusahaan  dapat berjalan dengan kondusif jika proses komunikasi lancar antara manajer dan karyawan.

 

Fitur Sistem Human Resource untuk Program Pelatihan Karyawan

Sistem human resource mempunyai beberapa fitur unggulan untuk menunjang program pelatihan kinerja karyawan dengan otomatis. Fitur-fitur tersebut antara lain: 

 

Learning Checklist

Agar lebih rinci dalam membuat daftar kemampuan apa saja yang harus dikuasai, HRD dapat menggunakan fitur learning checklist. Di dalamnya terdapat skills, competencies, development activities, dan learning tasks yang harus diselesaikan karyawan sebelum tenggat waktu tertentu.

Budget Calculation

Setiap pelatihan memerlukan anggaran. Untuk kalkulasi anggaran, HRD dapat menggunakan  dengan budget calculation. HRD akan meng-input development period dan calculation setup. Segala proses dari kalkulasi hingga finalisasi anggaran akan dilakukan melalui fitur ini.

Budget Calculation Setup

Perhitungan anggaran untuk pelatihan mempunyai cara yang berbeda. Budget calculation setup digunakan untuk menentukan cara perhitungan anggaran untuk pelatihan. Dengan begitu HRD dapat menetapkan perhitungan yang berbeda. 

Development Period

Penerapan suatu anggaran pasti mempunyai rentan waktu tertentu. Development Period merupakan rentang waktu berlakunya sebuah anggaran.

 

Baca Juga: 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Perusahaan

 

Budget Group

Fitur ini memudahkan HRD  untuk mengelompokkan program pelatihan karyawan yang memiliki cara perhitungan anggaran pelatihan yang serupa. 

Activity Catalog

Activity Catalog memudahkan manajemen HR dalam merangkum hasil dari pelatihan yang dilakukan serta melakukan estimasi berapa total biaya yang sudah dikeluarkan. Sehingga perkembangan pelatihan karyawan dapat dipantau secara menyeluruh. 

Session

Pelatihan terkadang membutuhkan beberapa tahapan atau sesi. Hal tersebut tergantung bagaimana  jenis program pelatihan atau kesulitannya. Apabila perusahaan ingin membuat sebuah pelatihan lebih dari satu sesi, maka fitur ini dapat memudahkan untuk mengatur setiap sesi dari training yang sudah dibuat.

Development Activity

Fitur ini membantu perusahaan mengelola pelatihan yang diadakan perusahaan, seperti jenis training, durasi, daftar peserta, biaya yang dibutuhkan, serta membantu mengukur skill dan kompetensi apa saja yang akan dicapai.

 

Sistem human resource melalui modul Learning and Development dari LinovHR mempunyai semua fitur di atas. Dengan dukungan integrasi dan otomatisasi, HRD dapat melakukan perencanaan hingga implementasi pelatihan dan pengembangan kinerja karyawan menjadi akurat, cepat, dan transparan. Informasi mengenai pelatihan tersimpan aman berkat dukungan cloud server. Nah, semakin mudah bukan melakukan pelatihan kerja bersama LinovHR? Hubungi LinovHR untuk uji coba gratis sekarang juga!