anggaran

Jenis Anggaran dan Manfaatnya dalam Perusahaan

Anggaran pasti menjadi istilah yang sangat familiar dalam dunia bisnis. Tanpa anggaran, semua aktivitas dalam perusahaan tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal. Mengapa hal ini begitu penting bagi aktivitas perusahaan secara keseluruhan? Coba simak ulasannya dibawah ini!

 

Pengertian Anggaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anggaran adalah taksiran mengenai penerimaan dan pengeluaran kas yang diharapkan untuk periode yang akan datang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa anggaran dalam perusahaan akan dialokasikan tiap bulan atau tahun mendatang untuk kepentingan aktivitas perusahaan tiap-tiap divisi. Jika anggaran perusahaan tiap bulan dan tahun berjalan tersendat, maka akan mempengaruhi kinerja divisi bersangkutan. Pada akhirnya aktivitas divisi yang tersendat akan membuat aktivitas perusahaan terganggu. 

 

Jenis Anggaran Perusahaan

Adanya anggaran dalam perusahaan sangatlah penting. Penyediaan nya pun harus terdiri dari berbagai jenis anggaran yang saling melengkapi satu sama lain.

 

Anggaran Penjualan

anggaran penjualan adalah sebuah rencana keuangan yang disusun dengan rinci dan diteliti untuk penjualan masa depan perusahaan. Dalam jenis ini terdapat peta jenis produk, harga, jumlah, waktu dan tempat penjualan. Anggaran penjualan biasanya disusun tiap satu tahun sekali dan dinyatakan dalam uang dan jumlah. Tujuan inti dari anggaran penjualan perusahaan adalah guna memprediksi penjualan masa depan. 

 

Anggaran Produksi

Anggaran produksi berguna untuk mengalokasikan dana untuk keperluan landasan dan perencanaan unit produksi perusahaan dan harus dibuat dalam periode tertentu

 

Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran biaya bahan baku merupakan anggaran untuk membantu proses produksi. Kaitan anggaran biaya bahan baku dan produksi cukup erat. Karena setiap produksi dalam perusahaan pasti membutuhkan bahan baku. Detail mengenai biaya bahan baku memuat jumlah uang yang dianggarkan dan jumlah bahan baku. Dari anggaran biaya bahan baku, perusahaan dapat memahami dan menjadikan acuan biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku.  

 

Anggaran Tenaga Kerja Langsung

Anggaran tenaga kerja berguna untuk memperkirakan biaya tenaga kerja selama periode tertentu. Dalam melakukan penganggran nya dapat dilakukan dengan dua jenis dasar perhitungan, yaitu per unit dan per jam.

 

Anggaran Persediaan

Anggaran ini meliputi persediaan perusahaan dalam jangka waktu tertentu secara rinci dan jelas. Jika anggaran persediaan tidak tersusun dengan rinci dan jelas, akan berdampak pada kinerja produksi perusahaan di masa mendatang. 

 

Pengeluaran Modal

Anggaran pengeluaran modal dipakai untuk modifikasi aset perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Anggaran  pengeluaran modal berdasarkan estimasi penjualan, dan digunakan perusahaan sebagai penganggaran standar seperti perak, overhead dan non-biaya produksi.

 

Anggaran Kas

Anggaran kas berisi perkiraan sumber dan penggunaan kas dalam periode waktu tertentu. Anggaran kas terdiri dari pengeluaran anggaran dan modal operasi serta dapat digunakan sebagai standar dalam penyusunan anggaran yang seimbang. Anggaran ini dianggap penting oleh perusahaan karena dapat digunakan sebagai jaminan likuiditas dari perusahaan.

 

Anggaran Rugi Laba

Anggaran rugi laba akan memperkirakan kerugian atau keuntungan selama periode yang ditetapkan Anggaran laba rugi dapat dijadikan referensi untuk menyusun anggaran neraca selanjutnya.

 

Anggaran Neraca

Anggaran neraca mengandung rencana posisi keuangan atau aset, kewajiban dan modal suatu perusahaan pada awal dan akhir periode. Penganggaran anggaran neraca didasarkan pada anggaran kas dan anggaran rugi laba.  Anggaran neraca bisa digunakan sebagai acuan untuk menetapkan perubahan anggaran dalam posisi keuangan.

 

Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Anggaran perubahan dalam posisi keuangan rencana menunjukkan perubahan utang, aset dan modal saham perusahaan selama satu periode. Penyusunan anggaran ini didasarkan pada anggaran neraca.

 

 

Baca Juga: Manfaat Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

 

 

Manfaat Anggaran dalam Perusahaan 

Anggaran dalam perusahaan memiliki kepentingan yang sangat tinggi. Hal itu disebabkan oleh manfaat yang akan diterima oleh perusahaan jika menetapkan anggaran dengan tepat dan cermat. Manfaat anggaran dalam perusahaan adalah:

 

Perencanaan Terpadu

Anggaran memiliki manfaat sebagai alat perencanaan bisnis, serta untuk melaksanakan pengendalian kegiatan yang berbeda dari perusahaan atau organisasi secara keseluruhan.

 

Sarana Penilaian Kegiatan Perusahaan 

Sebuah anggaran yang dirancang dengan baik akan menerapkan standar yang relevan dan memberikan bimbingan kepada setiap perusahaan untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

 

Baca Juga: Ingin Naik Jabatan? Kenali Dulu Assessment Karyawan!

 

Alat pemantauan

Menargetkan anggaran dana penting, dan target tersebut akan dibandingkan dengan pelaksanaan, sehingga pelaksanaan setiap kegiatan dapat dianggap kinerja yang baik. Untuk menentukan standar referensi, perlu pemahaman yang realistis dan analisis mendalam tentang kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.

 

Koordinasi Pekerjaan

Anggaran dapat meningkatkan koordinasi kerja internal perusahaan. Sistem ini memberikan gambaran operasi anggaran dari perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sistem anggaran memungkinkan manajer untuk melihat pembagian kerja tiap divisi.

 

Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Perusahaan

Anggaran dapat menghasilkan pedoman dan acuan yang baik dan berguna bagi pengelolaan manajemen perusahaan atau organisasi dalam level tinggi atau pimpinan. 

 

Langkah Menyusun Anggaran Perusahaan

Ada beberapa langkah yang harus perusahaan lakukan jika ingin membuat anggaran perusahaan yang baik dan benar. Langkah yang harus dilakukan antara lain: 

 

Menentukan Pedoman Anggaran

Sebelum membuat anggaran, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan pedoman anggaran. Pedoman ini dapat dibuat berdasarkan anggaran selama setahun sebelum melaksanakan kegiatan yang akan direncanakan di masa depan. Setiap anggaran perusahaan pasti memiliki batas maksimum yang mana peran pedoman anggaran akan berperan besar dalam mengontrol batas maksimum ini. 

Pada tahap awal, peran pimpinan perusahaan sangatlah besar untuk menentukan batas maksimum pedoman anggaran. Penentuan pedoman anggaran berdasarkan fakta dan data dari anggaran yang tersusun sebelumnya. 

 

Penyusunan Anggaran

Pada tahap ini, anggaran mulai  disusun untuk menjadi rencana keuangan tahun depan. Pimpinan perusahaan akan bekerja sama dengan tim finance untuk memudahkan pekerjaan penyusunan. Kerjasama yang solid diperlukan dari semua pihak untuk membantu operasi yang tepat.

 

Penentuan Anggaran

Langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran. Dalam menentukan anggaran, ada tiga kegiatan yang harus dilakukan. Pertama, setiap karyawan dalam divisi perlu untuk membahas  mengenai besaran anggaran untuk pembuat kebijakan. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah koordinasi dan anggaran review dari komponen dicapai. Terakhir, anggaran akan didistribusikan secara merata ke semua divisi. 

 

Pelaksanaan Anggaran

Yang paling akhir adalah pelaksanaan anggaran. Tahapan ini merupakan tahapan final yang telah disetujui oleh semua pihak yang terkait. Sementara itu, manajer akan mengawasi dan membuat laporan apakah anggaran  digunakan dan berjalan sesuai rencana atau tidak.

 

Nah, tidak rumit bukan membuat anggaran untuk organisasi atau perusahaan? Yang perlu diingat adalah susunlah anggaran dengan serinci dan teliti mungkin agar menghindari terjadinya kesalahan dalam penyusunan anggaran. Pengawasan dan pelaporan anggaran juga tidak kalah penting karena bukan tidak mungkin terjadi penyelewengan anggaran yang sedang berjalan.