peluang usaha

9 Peluang Usaha Tangguh di Tengah Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang pusing dibuatnya. Hampir semua sektor ekonomi tumbang karena pembatasan kontak fisik untuk mengurangi dampak infeksi COVID-19.  Sangking besarnya dampak COVID-19 dalam ekonomi, diperkirakan pertumbuhan ekonomi global dapat jatuh sebesar 8% sepanjang 2020. Walau di tengah menghadapi ancaman krisis, ada beberapa peluang usaha yang justru bertahan dengan tangguh. Bahkan tak jarang beberapa perusahaan beralih ke peluang usaha ini semata-mata  untuk bertahan. Apa saja peluang usaha yang mampu bertahan ini? 

 

Aplikasi Pendidikan Online

Institusi pendidikan di seluruh dunia dipaksa untuk tutup dan beralih ke program pembelajaran online. Krisis ini jelas telah memicu tumbuhnya aplikasi dan platform online untuk industri pendidikan. Diperkirakan unduhan aplikasi pendidikan meningkat pada bulan Maret 2020, meningkat hampir 300%. Hal ini merupakan ide bagus untuk membangun platform terpercaya untuk belajar selama tidak keluar rumah.

 

Pengiriman Bahan Makanan 

Ketakutan terkena pandemi membuat orang tidak pergi ke toko bahan makanan offline. Saat stok di rumah mereka tampaknya hampir habis, mereka melakukan pemesanan secara online. Ini adalah alasan utama kenaikan eksponensial dalam jumlah unduhan untuk aplikasi pengiriman bahan makanan dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa toko kelontong dan warung bahkan menyediakan layanan antar bahan makanan menggunakan jasa perantara seperti ojek online dan ekspedisi untuk memastikan pengiriman bahan makanan tepat waktu di depan pintu pelanggan.

 

Baca Juga: Cara Memilih Distributor Terpercaya dan Berkualitas

 

Konsultasi Perawatan Kesehatan

Perawatan kesehatan jarak jauh memainkan peran penting dalam menavigasi dampak COVID-19. Adalah hal yang berisiko bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi kesehatan rutin sedangkan rumah sakit saat ini sedang kewalahan menangani pasien infeksi COVID-19. Konsultasi pun dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa keluar rumah. Di tengah waktu isolasi, penting bagi petugas kesehatan untuk merawat pasien mereka yang tak terinfeksi COVID-19 tanpa mendorong mereka untuk keluar. Untuk ini, petugas kesehatan dapat menjangkau mereka secara digital. 

 

E-commerce

Dalam badai penyebaran COVID-19, sangat sulit bagi bisnis menemukan keberlanjutannya di pasar. Syukurlah kini dunia digital memiliki solusi untuk masalah ini. Bisnis memiliki peluang emas untuk memperluas jangkauan pelanggan mereka dengan platform online dan meningkatkan penjualan mereka. Sesuai laporan Metrik Quantum, penjualan online telah melonjak 52% dari periode tahun lalu, dan jumlah pembeli online telah meningkat 8,8% sejak wabah dimulai. Dengan menggunakan e-commerce, perusahaan dapat mengaktifkan pengiriman perdagangan tanpa kontak fisik.

 

Farmasi

Merebaknya memaksa kesigapan semua negara dalam hal ketersediaan obat-obatan dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.  Kondisi ini sebetulnya membuka peluang bagi industri farmasi lokal untuk bangkit. Beberapa perusahaan farmasi juga mulai memproduksi hand sanitizer sebagai pengganti air dan sabun untuk membersihkan tangan dari kuman dan virus ketika jauh dari sumber air.

 

Minuman Herbal

Selain obat modern dari industri farmasi, minuman herbal seperti jamu merupakan warisan tradisional yang dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti yang diketahui, COVID-19 mudah sekali menginfeksi ketika daya tahan tubuh menurun. Dengan demikian, minat masyarakat untuk membeli minuman herbal meningkat selama pandemi COVID-19. 

 

Masker Non Medis

Pihak WHO mengatakan bahwa masker non medis berbahan kain cukup efektif dalam  meminimalisir paparan droplet atau cairan dari dalam tubuh dalam aktivitas sehari-hari di luar ruangan. Walaupun demikian, maskes non medis tidak seefektif masker N95 atau masker medis lain yang tersedia di apotik. Saat ini masker medis hanya diperuntukkan petugas medis yang memang langsung kontak dengan virus COVID-19. Masker kain juga menjadi alternatif efektif dibandingkan dengan masker medis yang sempat langka di pasaran. 

 

Makanan Beku

Keharusan masyarakat untuk tinggal di rumah menyulitkan untuk mencari makanan. Jenis makanan yang cukup populer ini dikalangan masyarakat ibu kota ini sangat mudah diolah. Sebagai alternatif dikala pandemi, makanan beku akan lebih berguna dibandingkan jenis makanan lain yang cepat rusak selama suhunya tetap terjaga. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Perusahaan

 

Produk Digital

Bisnis digital menjadi salah satu dari deretan peluang usaha yang dianggap paling dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membawa pencerahan bagi masyarakat dan mampu mendukung hingga mengembangkan sektor-sektor bisnis lain.

Apalagi dalam kondisi dimana masyarakat harus mengurangi kontak fisik. Produk digital software payroll dan absensi dapat meningkatkan proses bisnis perusahaan. Perhitungan gaji perbulan akan berjalan otomatis, cepat, dan akurat menggunakan software payroll sementara software absensi dapat digunakan untuk mengabsen karyawan yang melakukan kerja dari rumah atau work from home, 

 

Bagaimana? Apakah usaha Anda adalah salah satunya? Semoga informasi mengenai peluang usaha ini dapat berguna dan bermanfaat bagi perusahaan untuk tetap menjalankan bisnisnya atau mencari alternatif demi mempertahankan bisnis.