kompetitor

Pengertian Kompetitor dan Bagaimana Cara Menanganinya

Tidak ada yang salah dengan persaingan dalam bisnis. Dalam menjalani sebuah bisnis, tentunya Anda akan memiliki pesaing atau kompetitor. Seringkali pesaing dianggap sebagai sebuah ancaman, padahal justru dengan adanya persaingan, itu menandakan sebuah lingkungan bisnis yang sehat yang akan memaksa Anda untuk berinovasi. 

 

Apa Itu Kompetitor? 

Kompetitor adalah orang, tim, atau perusahaan maupun organisasi yang bersaing dengan bisnis atau perusahaan Anda. Kompetitor memiliki produk barang atau jasa yang sama dengan bisnis Anda, bahkan ada pesaing yang tidak hanya membuat produk atau jasa sejenis tetapi juga menjualnya dengan harga yang sama. 

Maka dari itu, Anda harus cermat dalam memahami apa yang harus Anda lakukan dalam menghadapi para pesaing. 

 

Manfaat Kompetitor 

Selama ini, kompetitor selalu dipandang negatif karena dianggap sebagai sebuah tekanan yang besar bagi kita untuk berprestasi. Padahal, persaingan yang sehat juga dapat membawa manfaat bagi perusahaan atau bisnis. Berikut inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kompetitor.

 

Menumbuhkan Motivasi

Kehadiran kompetitor dapat Anda sikapi sebagai hal yang positif. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan keberadaan mereka sebagai pacuan untuk selalu dan terus menghasilkan yang terbaik.

Dengan adanya persaingan, Anda juga akan sadar untuk meningkatkan pelayanan, menjaga kualitas produk, bahkan menciptakan inovasi yang baru. Selain itu, Anda juga dapat melakukan evaluasi dan mencari tahu kekurangan produk atau jasa Anda di mata konsumen.

 

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Motivasi Karyawan di Era Pandemi

 

Meningkatkan Kinerja Bisnis

Meningkatnya motivasi Anda dalam menjalankan bisnis tentunya akan berpengaruh juga kepada kinerja bisnis atau perusahaan Anda. 

Kehadiran pesaing akan membuat Anda semakin bersemangat untuk menjalankan bisnis dan mengejar untung tanpa menganggap kompetitor sebagai sebuah tekanan. Dampak lebih besarnya lagi adalah keuntungan yang didapat akan semakin besar. 

 

Menumbuhkan Loyalitas

Ketika pelanggan mulai memilih Anda daripada pilihan lain di pasar, dia akan terus memilih Anda lagi dan lagi. Ini terjadi setelah pelanggan puas dengan produk Anda dan layanan terkait. Lingkaran umpan balik positif membantu membangun hubungan pelanggan yang baik. 

Menguasai persaingan tidak berarti Anda akan memiliki lebih banyak pelanggan, tetapi Anda akan memiliki pelanggan berkualitas yang akan setia pada bisnis Anda. Ini secara tidak langsung adalah salah satu keuntungan besar persaingan dalam bisnis.

 

Tips Mengatasi Persaingan dengan Kompetitor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus cermat dan benar-benar memahami kompetitor yang Anda hadapi. 

Karena jika tidak, sekali saja Anda salah dalam mengambil sikap saat memperlakukannya, hal itu bisa memberikan dampak buruk dan menjadi bumerang bagi Anda sehingga pelanggan Anda dapat beralih ke kompetitor Anda.

Maka penting untuk mengetahui siapa kompetitor Anda dan apa yang mereka tawarkan. Karena pengetahuan tersebut dapat membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran Anda. Karena pengetahuan tersebut dapat membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran Anda, sehingga produk atau layanan Anda dapat bersaing secara kompetitif di pasaran.

Ikutilah tips untuk mengatasi persaingan dengan kompetitor di bawah ini!

 

Berikan Layanan Terbaik 

Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Anda tidak hanya penting untuk kepuasan pelanggan saat ini, tetapi juga penting untuk menarik pelanggan baru. 

Ketika pelanggan merasa puas, kemungkinan besar mereka akan menyebarkan positive word-of-mouth dengan cara merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang lain. Ini dapat menjadi peluang yang bagus bagi Anda karena tidak banyak yang memberikan layanan yang memuaskan. Sehingga Anda dapat menonjol di antara kompetitor Anda.

 

Explore Peluang Kemitraan

Dalam dunia bisnis, peluang kemitraan atau partnership sangat populer saat ini. Sebagian besar bisnis menjangkau orang lain dengan harapan bisa mencapai target pasar yang baru. Saat mempertimbangkan kemitraan, pikirkan apa yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk bisa lebih berhasil dan kemudian bertindak berdasarkan peluang itu. 

 

Lakukan Diferensiasi

Setelah Anda memahami produk Anda dengan baik, Anda harus fokus untuk membedakannya dari pemain lain di pasar. Ini mengarah pada pengembangan produk Anda, meningkatkan kualitasnya dan memberinya warna yang unik, sehingga dapat menarik pelanggan. 

Begitu setiap perusahaan mulai melakukan ini, itu mengarah ke beberapa produk inovatif di pasar yang meningkatkan ukuran pasar secara signifikan.

 

Baca Juga: Diferensiasi Produk Agar Unggul Menggaet Konsumen

 

Ciptakan Inovasi Baru

Selalu ada pelajaran yang tersembunyi dalam segala hal, begitu pula tentang pesaing Anda. Faktanya, Anda dapat belajar banyak hal dari mereka. Jika Anda bersaing dengan area pemasaran tertentu, Anda dapat coba meniru hal yang sama dari pesaing Anda dan mengembangkannya. Anda juga dapat belajar dari kegagalan dan kesalahan mereka. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai kompetitor. Berdasarkan penjelasan yang sudah kita bahas bersama diatas, dapat kita simpulkan bahwa kompetitor adalah pesaing bisnis yang tidak bisa Anda remehkan, baik kompetitor kecil maupun besar. Anda tidak bisa sepenuhnya menyingkirkan mereka dalam pasar. 

Akan tetapi, mereka bukanlah ancaman yang besar selama Anda bisa menangani mereka dengan baik. Karena dengan adanya kompetitor akan memotivasi perusahaan untuk selalu tampil lebih baik dalam melayani pelanggan Anda.