jam kerja di kapal pesiar

Bagaimana Pengaturan Jam Kerja di Kapal Pesiar? ini Pembahasannya

Tiap industri memiliki regulasi dan ketentuan terkait jam kerja yang berbeda-beda. Tidak terkecuali para crew di kapal pesiar.

Pengaturan jam kerja di kapal pesiar tertuang dalam peraturan yang dibuat oleh ILO sebagai organisasi internasional para pekerja.

Peraturan ini penting sekali untuk HR ketahui, bila Anda belum mengetahui seperti apa regulasi jam kerja di kapal pesiar sesuai dengan regulasi ILO, mari simak artikel LinovHR berikut ini!

 

 

Peraturan Jam Kerja Crew Kapal Menurut ILO

International Labor Organization (ILO) adalah organisasi internasional yang bertanggung jawab dalam menetapkan batasan legal mengenai jumlah jam kerja bagi para crew kapal pesiar, dengan mempertimbangkan kebutuhan industri maritim. 

 

ILO’s Maritime Labor Convention menguraikan panduan berikut mengenai pengaturan jam kerja di kapal:

  • Dalam keadaan normal, para crew kapal pesiar seharusnya bekerja delapan jam sehari, dengan satu hari sebagai hari istirahat.
  • Crew kapal pesiar tidak boleh bekerja lebih dari 14 jam dalam periode 24 jam atau lebih dari 72 jam dalam periode tujuh hari.
  • Crew kapal pesiar harus diberikan minimal 10 jam istirahat dalam periode 24 jam.

 

Baca Juga: Jam Kerja Karyawan Bank, Berapa Lama?

 

ILO juga menentukan jam istirahat minimal bagi para crew kapal pesiar:

  • Crew kapal pesiar harus mendapatkan minimal 10 jam istirahat dalam periode 24 jam.
  • Crew kapal pesiar harus mendapatkan minimal 77 jam istirahat dalam periode tujuh hari.

 

Dengan peraturan ini, ILO berupaya untuk memastikan kesejahteraan dan keselamatan para crew kapal pesiar, yang bekerja dalam lingkungan yang seringkali penuh tantangan dan risiko.

Jam kerja di kapal pesiar yang telah diatur oleh ILO ini harus ditaati dengan baik.

 

Baca Juga: Aturan Wajib Lapor Lowongan Kerja, Ini Hal yang Perlu Diketahui

 

Ketentuan Libur Crew Kapal

pengaturan jam kerja di kapal pesiar
Ketentuan Libur Kapal Crew

 

Dalam dunia pelayaran, profesi pelaut atau crew kapal memerlukan komitmen tinggi terhadap pekerjaan. 

Setelah menyelesaikan satu periode kontrak, seorang pelaut diberikan kesempatan untuk beristirahat selama kurang lebih 60 hari sebelum kembali berlayar dalam penugasan berikutnya. 

Libur ini memberi mereka waktu untuk bersantai, menghabiskan waktu bersama keluarga, serta memulihkan diri dari kelelahan. 

Namun, saat berada di kapal, beban kerja mereka cukup berat. Seorang pelaut biasanya bekerja tanpa henti selama tujuh hari dalam seminggu, dengan durasi kerja yang mencapai 10-13 jam per hari. 

Oleh karena itu, periode libur yang diberikan antara kontrak menjadi sangat penting untuk memastikan kesejahteraan fisik dan mental mereka. 

Hal ini dikarenakan saat kembali bertugas, mereka bisa siap memberikan yang terbaik untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang serta kelancaran operasional kapal.

 

Baca Juga: Cara Mengelola Sistem Kerja Roster dengan Baik

 

Aplikasi Absensi Online LinovHR: Cara Terkini untuk Pantau Jam Kerja Crew Kapal

Aplikasi Absensi Online - LinovESS
Aplikasi Absensi Online – LinovESS

 

Crew kapal mempunyai peraturan dan ketentuan tersendiri mengenai jam kerja. Sudah jadi kewajiban seluruh industri maritim untuk mengikuti jam kerja tersebut. Mengikuti jam kerja ini bukan hanya sebagai bentuk kepatuhan tapi juga mendukung agar operasional pelayaran berjalan dengan baik.

Cara termudah untuk dapat melakukan manajemen dan pemantauan jam kerja crew kapal adalah dengan memanfaatkan teknologi aplikasi absensi yang bisa melacak dan mengakumulasikan total jam kerja setiap karyawan.

Namun, saat memilih aplikasi absensi pastikan bahwa aplikasi tersebut memungkinkan untuk melakukan pencatatan absen secara offline. Kemampuan ini bisa Anda dapatkan dalam Aplikasi Absensi LinovHR.

Aplikasi Absensi LinovHR sangat cocok untuk industri maritim karena kemampuannya untuk melakukan absensi secara offline saat tidak ada sinyal. Karyawan tetap bisa melakukan absensi dan waktu kehadiran mereka akan tetap tercatat.

 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Waktu kehadiran karyawan akan tercatat dengan detail sampai mereka melakukan clock-out. Dari sini HR bisa melihat dan melakukan pemantauan jam kerja crew kapal, apakah mereka telah bekerja sesuai dengan ketentuan jam kerja atau belum.

Dengan begini, HR akan mudah dalam menyusun jadwal dan libur crew kapal, tanpa mengganggu produktivitas operasional.

Ingin merasakan kemudahan dalam memantau jam kerja crew kapal Anda? Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga dan dapatkan penawaran spesial dari kami.