sarjana pendidikan

12 Prospek Kerja Sarjana Pendidikan Selain Menjadi Guru

Guru merupakan profesi yang bekerja dan mengajar di bidang pendidikan. Untuk menjadi seorang guru, umumnya seseorang perlu menyelesaikan kuliah dan mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd).

Semakin banyak orang yang mengejar gelar Sarjana Pendidikan, maka kian banyak pula saingan dalam mengejar profesi sebagai guru. Padahal, lulusan sarjana pendidikan tidak harus selalu menjadi guru! Berikut adalah 12 prospek pekerjaan selain guru bagi Anda yang sudah memiliki gelar Sarjana Pendidikan.

 

  • Administrasi di Instansi Pendidikan

Apabila Anda memang sangat menginginkan bekerja di bidang pendidikan tetapi tidak ingin menjadi guru, terdapat profesi lainnya. Salah satunya, yaitu tenaga administrasi di sekolah. 

Umumnya, menjadi pegawai administrasi dapat dilakukan oleh berbagai lulusan dari gelar sarjana apapun. Nantinya para pegawai administrasi ini akan bekerja dalam berbagai hal, mulai dari mengatur biaya pengeluaran, absensi pekerja, mempekerjakan pegawai baru dan lainnya.

 

  • Pegawai Negeri Sipil

Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan ditempatkan di berbagai instansi pemerintahan. Profesi ini membuka kesempatan berbagai lulusan untuk mendaftar. Seorang sarjana pendidikan, bisa saja mengikuti tes masuk pegawai untuk Kementerian Pendidikan.

Seperti diketahui, masyarakat yang mengejar profesi guru pasti memiliki harapan untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Bagi Anda yang memiliki harapan sama seperti di atas, dapat langsung mendaftar tes peneriman PNS tanpa harus menjadi seorang guru.

 

  • Penulis 

penulis

Anda yang memiliki Gelar Sarjana dalam program pendidikan bahasa berpeluang untuk meniti karir sebagai penulis. Seorang penulis memerlukan kemampuan literasi yang baik. Ilmu yang Anda pelajari selama menempuh kuliah pendidikan bahasa akan sangat membantu dalam menuangkan ide pikiran dalam bentuk tulisan.

Selain itu, untuk menjadi penulis tidak memerlukan latar belakang pendidikan. Hal terpenting yang harus dimiliki penulis adalah kemampuan menyampaikan informasi dengan baik dan jelas, serta kreativitas.

 

  • Wartawan

Beberapa perusahaan media memang mengharuskan pegawainya berlatar belakang pendidikan jurnalistik. Akan tetapi ada juga media-media yang hanya memerlukan gelar sarjana untuk melamar.

Karena pada dasarnya, kemampuan utama seorang wartawan terletak pada cara berkomunikasi yang baik. Seorang sarjana pendidikan tentu dapat melakukan hal tersebut karena sudah terbiasa berkomunikasi dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah maupun ketika sedang menjalani program magang.

 

  • Sales Perusahaan

Bagi Anda seorang Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik, profesi sales dapat menjadi alternatif pekerjaan selain guru. Profesi ini memiliki jenjang karir yang cukup baik. 

Untuk menjadi seorang sales, Anda harus memiliki pribadi  yang tekun dan ulet. Hal tersebut dibutuhkan lantaran sales pada umumnya bekerja dalam target penjualan yang telah ditentukan.

 

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Kesuksesan Karir

 

  • Konselor Pendidikan

Tidak semua orang dapat dengan mudah dalam menentukan jenjang pendidikan yang ingin dijalani selanjutnya. Agar jenjang pendidikan yang diambil dapat terlaksana dengan baik, tentu diperlukan pemahaman akan minat dan bakat. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan seseorang berprofesi konselor pendidikan.

Seorang konselor pendidikan sebaiknya berasal dari lulusan sarjana pendidikan. Mengapa demikian? Karena seorang lulusan sarjana pendidikan dapat dengan mudah memahami berbagai permasalahan dalam instansi pendidikan. 

Tugas seorang konselor pendidikan adalah memberikan arahan untuk menyelesaikan berbagai masalah di instansi pendidikan. Mulai dari masalah pribadi, sosial, perilaku, dan lainnya yang dapat mempengaruhi jalannya situasi pembelajaran.

 

  • Konten Kreator

Konten kreator adalah pekerjaan yang sedang berkembang pesat pada saat ini. Orang yang berprofesi ini umumnya memiliki kemampuan dalam menulis, desain, dan penggunaan alat-alat multimedia, seperti kamera.

Bagi Anda seorang sarjana pendidikan yang memiliki keahlian di atas tentu dapat menekuni profesi tersebut. Konten yang Anda buat dapat membantu pelajar di Indonesia untuk belajar dengan cara yang tidak membosankan.

 

Baca Juga: Jenis dan Karakteristik Lingkungan Industri Kreatif

 

  • Tim Kreatif

Perusahaan yang bergerak di bidang apapun tentu membutuhkan tim kreatif. Adanya tim kreatif bertujuan untuk mengenalkan perusahaan pada berbagai kalangan masyarakat. 

Untuk menjadi tim kreatif, umumnya perusahaan membuka peluang dari berbagai latar belakang pendidikan. Namun, harus memenuhi kualifikasi penting, yaitu memiliki kreativitas tinggi.

Bagi Anda yang bergelar sarjana pendidikan aktif dalam organisasi kampus di bidang Hubungan Masyarakat biasanya telah terbiasa mengeluarkan ide-ide kreatif. Nah, kemampuan untuk mengeluarkan ide-ide kreatif tersebut amat berguna untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai tim kreatif.

 

  • Relawan Pendidikan

Apabila Anda memiliki gelar sarjana pendidikan dan ingin membantu perkembangan pendidikan dengan cara tidak biasa, Anda dapat menjadi seorang relawan pendidikan. Profesi ini nantinya akan memungkinkan Anda menjadi pengajar di berbagai tempat terpencil.

Memang kedengarannya sulit ketika Anda harus mengajar di daerah terpencil. Namun, Anda akan mengetahui banyak hal-hal baru yang ada di daerah-daerah tersebut. Alhasil, Anda akan semakin cinta akan berbagai keragamanan Indonesia.

 

  • Tutor

Tutor adalah profesi untuk seseorang yang memberikan bimbingan baik dalam bentuk personal maupun kelompok. Seorang sarjana pendidikan tentu tidak asing dengan aktivitas membimbing orang lain. 

Profesi tutor akan cocok bagi Anda yang memiliki gelar sarjana pendidikan. Tujuan utama seorang tutor adalah mendampingi seseorang untuk mempelajari lebih lanjut ilmu yang didapat di sekolah.

 

  • Customer Service

Customer Service adalah istilah untuk seseorang yang berprofesi di bidang pelayanan konsumen. Biasanya, perusahaan yang membuka lowongan pada posisi ini akan menerima latar belakang pendidikan apapun. 

Kemampuan utama seorang customer service adalah pelayanan dalam membimbing konsumen ketika menemukan masalah. Jadi Anda yang bergelar sarjana pendidikan dan sudah terlatih menangani orang lain akan dengan mudah saat membimbing konsumen dalam keadaan apapun.

 

software hris

Lulusan Sarjana Pendidikan tidak perlu memaksakan kehendak untuk menjadi seorang guru. Karena masih ada prospek kerja lainnya yang memiliki jenjang karir yang tak kalah baik dengan guru. Namun, bukan berarti menjadi guru adalah hal yang buruk, ya! Yang mana cocok bagi Anda? Semoga informasi di atas dapat berguna!