jurusan psikologi

7 Prospek Kerja Jurusan Psikologi yang Menjanjikan

Pernahkah Anda bertanya jurusan psikologi kerja apa? Psikologi menjadi salah satu jurusan yang paling favorit karena memiliki peminat yang besar. Begitu pula dengan ruang lingkup dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang luas.

Saat ini banyak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan lulusan psikologi dengan menerapkan ilmu tentang tingkah laku manusia. Oleh sebab itu, jurusan ini dinilai menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cemerlang di masa depan.

Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai jurusan psikologi dan prospek kerjanya yang perlu Anda ketahui.

Simak ulasan artikel berikut ini!

 

Mengenal Jurusan Psikologi

Secara umum psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pikiran dan tingkah laku manusia. Terdapat berbagai faktor seperti tekanan sosial, biologis dan lingkungan yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi cara orang berpikir dan berperilaku.

Hal inilah yang menjadi fokus utama dari program studi psikologi dalam universitas. Lalu bagaimana menerapkan ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari?

Penerapan ilmu psikologi sebenarnya dapat dilakukan di berbagai bidang pekerjaan. Seperti halnya pendidikan, keperawatan, dan lain-lain yang memerlukan analisis perilaku manusia.

Dalam dunia psikologi, terdiri beberapa bagian ilmu lainnya yang lebih spesifik seperti psikologi sosial, psikologi industri dan manufaktur, psikologi klinis, dan lain-lain. Materi-materi tersebut yang nantinya dipelajari oleh mahasiswa yang mengambil program studi psikologi.

Namun, masih terdapat beberapa orang yang masih bingung terhadap prospek kerja dari jurusan psikologi ini. Mengingat bahwa prospek kerja merupakan perihal yang sangat penting yang menentukan seseorang mengambil jurusan tersebut.

 

Baca Juga: Lulusan Sastra Inggris Harus Tahu! Inilah 10 Prospek Jurusannya! 

 

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Pastinya ilmu psikologi sangat berguna dan dapat dimanfaatkan di berbagai bidang industri yang membutuhkannya. Hal ini berkaitan dengan substansi ilmunya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang berasal dari program studi psikologi.

Berikut beberapa prospek kerja psikologi.

 

1. Dosen atau Pengajar

Sebagai lulusan psikologi, Anda tentunya dapat berkarir menjadi seorang dosen psikologi. Seseorang yang mempelajari psikologi umumnya suka dalam membagikan ilmu kepada orang lain dimana hal ini sangat baik bagi Anda yang ingin menjadi dosen atau pengajar.

Anda dapat berkarir menjadi dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta di bidang psikologi. Umumnya, seorang dosen harus menempuh paling tidak pendidikan S2 sebagai syarat umum.

 

2. Psikolog

Salah satu prospek kerja psikologi yang paling umum yaitu menjadi psikolog. Psikolog merupakan orang yang membantu mengatasi gangguan mental seseorang dengan melakukan beberapa analisa yang diperlukan.

Cara mengobatinya pun dengan melakukan diskusi yang panjang kepada pasien dan bukan menggunakan obat-obatan. Seorang psikolog dinilai menjadi orang yang  mulia karena profesinya yang selalu membantu orang-orang yang mengalami gangguan jiwa bahkan yang memiliki potensi bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya.

 

3. Human Resources Development (HRD)

Jenis pekerjaan HRD menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak mencari lulusan psikologi. Profesi ini berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia perusahaan yang memerlukan ilmu-ilmu tentang perilaku manusia yang baik.

Namun, perlu Anda ketahui pula bahwa dalam divisi HRD terbagi ke dalam beberapa bidang yang spesifik seperti HR Operation, HR Recruitment, HR Generalist, dan sebagainya. Profesi ini dapat dikatakan sangat menjanjikan bagi Anda yang lulusan jurusan psikologi.

 

4. Psikolog Forensik

Seperti namanya, profesi yang satu ini juga merupakan profesi yang membutuhkan lulusan psikologi. Psikolog forensik merupakan seseorang yang dibutuhkan dalam bidang hukum dan ketahanan.

Umumnya, pekerjaan yang dilakukan psikolog forensik berkaitan dengan upaya penyelidikan dan interogasi tersangka kasus tertentu. Tentunya Anda dituntut memiliki kemampuan yang jeli dalam melakukan observasi perilaku tersangka. Hal ini agar hasil yang Anda amati akurat dan sesuai yang diharapkan.

 

5. Konselor

Menjadi seorang konselor tentunya harus dapat membimbing seseorang dengan cara yang baik dan benar. Itulah mengapa profesi konselor umumnya membutuhkan lulusan jurusan ilmu psikologi.

Seorang konselor dapat berkarir di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun di perusahaan-perusahaan swasta pada umumnya.

Konselor memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menangani dan membimbing yang berkaitan dengan manusia. Anda dapat mendapatkan gaji hingga Rp15.000.000 per bulannya jika pengalaman yang Anda dapatkan sudah mencapai 3 – 5 tahun.

 

6. Market Researcher

Tidak hanya yang berkaitan langsung dengan pola perilaku manusia, seorang lulus psikologi juga dapat berkarir menjadi peneliti pasar. Tugas dari seorang market researcher adalah meneliti, mengamati, hingga membuat rekomendasi untuk dilakukan pengambilan keputusan.

Anda perlu memiliki kemampuan riset yang baik serta dapat melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tentunya dalam melakukan penelitian kualitatif, lulusan psikologi dapat mengetahui persepsi dan perilaku konsumen terhadap suatu produk tertentu.

 

7. Music Therapist

Mungkin profesi yang satu ini kurang familiar bagi Anda, yaitu menjadi seorang music therapist. Tugas dan peran seorang music therapist adalah memfasilitasi perubahan yang positif melalui interaksi musik kepada klien.

Terapi ini dapat menggunakan berbagai macam instrumen musik dan suara yang diimprovisasi sesuai dengan kebutuhan. Berbagai style dan genre musik juga dapat Anda gunakan agar memberikan nuansa musik yang sesuai, sensitif, dan bermakna bagi klien.

Pastinya hal tersebut membutuhkan pemahaman tentang pola perilaku manusia sebagaimana yang dipelajari di jurusan ilmu psikologi.

 

Baca Juga: Lulusan Hubungan Internasional Kerja Apa?

 

Kesimpulan

Ilmu psikologi merupakan ilmu yang luas dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Lulusan jurusan psikologi tentunya memiliki prospek kerja yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, industri dan manufaktur, dan lainnya.

Oleh sebab itu, jurusan psikologi menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat baik saat ini.

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan psikologi yang perlu Anda ketahui. Memiliki kemampuan memahami perilaku manusia tentunya sangat bermanfaat dan dibutuhkan di banyak bidang industri saat ini. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengambil jurusan psikologi!