7 Rekomendasi Buku untuk Para Para Praktisi HR

7 Rekomendasi Buku untuk Para Para Praktisi HR

Buku adalah jendela ilmu. Pernah mendengar proverb tersebut? Terlepas dari pendidikan wajib dan pendidikan tinggi yang Anda lakukan, membaca buku adalah salah satu sarana untuk menambah ilmu yang Anda tekuni dan gemari.  Rekomendasi buku pun kian diburu bagi banyak orang. 

Bukan hanya untuk hiburan, seperti novel dan buku cerita, membaca buku juga penting untuk para profesional di berbagai bidangnya. Para praktisi HR misalnya, tugas utamanya yang langsung berkomunikasi dan berhadapan dengan berbagai kepribadian manusia juga menuntut mereka untuk terus belajar, salah satunya melalui buku. 

Buku jenis apa yang kira-kira dibutuhkan oleh praktisi HR? Berikut rekomendasi buku yang wajib dibaca oleh praktisi HR!

 

Daftar Buku yang Harus Dibaca Para HR

Departemen atau bagian HR adalah bagian yang bertugas mengelola pengembangan sumber daya manusia atau human resource dalam suatu perusahaan. 

Banyak kemampuan yang harus dipelajari saat menjadi HR, salah satu caranya dengan membaca buku, kira-kira buku apa saja yang harus dibaca para HR? Berikut rekomendasi buku HR untuk Anda:

 

Buku Tentang Psikologi

Buku psikologi menjadi salah satu bacaan wajib untuk HR. Selain karena mayoritas HR adalah lulusan psikologi, buku psikologi untuk HR biasanya berisi teori, alat juga metode untuk menyelesaikan permasalahan human sumber daya manusia dalam perusahaan/ organisasi dengan lebih efektif. 

Salah satunya buku karangan Wayne F. Cascio dan Herman Aguinis Edisi Applied Psychology in Human Resource Management. Buku ini sudah dikenal luas dengan teori-teori psikologinya yang bisa diterapkan HR baik dalam organisasi maupun perusahaan.  

 

Buku Tentang Manajemen 

Manajemen tentu salah satu aspek penting yang harus HR pelajari.Salah satu bacaan wajib manajemen untuk HR adalah Good to Great: Why Some Companies Make The Leap and Other’s Don’t yang ditulis oleh Jim Collins. Buku ini berisi pemikiran Jim Collins tentang bagaimana perusahaan berkembang menjadi lebih baik/ buruk dengan manajemen dan karakteristiknya. 

 

Buku Tentang Manajemen Organisasi

Sebuah organisasi harus memiliki manajemen yang baik di dalamnya untuk berkembang. HR tentunya menjadi bagian dari upaya manajemen organisasi yang baik. Salah satu rekomendasi buku untuk manajemen organisasi yang harus dibaca HR yaitu The One Minute Manager dari Kenneth Blanchard Ph.D. dan Spencer Johnson M.D. Dalam buku ini Kenneth Blanchard Ph.D. dan Spencer Johnson M.D. banyak berbicara tentang leadership juga manajemen organisasi yang efektif. 

 

Buku Tentang Rekrutmen 

Rekrutmen menjadi salah satu tugas utama dari HR dalam sebuah perusahaan. Tentu, penting untuk HR mempelajari guide untuk rekrutmen yang baik. Salah satu rekomendasi untuk rekrutmen dan seleksi adalah buku dari The Open University berjudul Human resources: recruitment and selection. 

Selain itu banyak website yang juga menyediakan panduan rekrutmen dan menyediakan ebook gratis, salah satunya Occupop. Saat ini, digitalisasi juga sedang marak, banyak proses rekrutmen yang dilakukan melalui sosial media, untuk HR yang masih belum yakin bagaimana strateginya, Social Media Recruitment: How to Successfully Integrate Social Media into Recruitment Strategy dari Andy Headworth bisa menjadi pilihan bacaan Anda. 

 

Baca juga: HR Wajib Baca! Tren Rekrutmen 2021

 

Buku Tentang HR Management 

HR Management menjadi bacaan wajib selanjutnya. Kemampuan ini ada hampir di setiap buku HR, isinya mulai dari teori, metode, hingga praktik apa yang harus dilakukan oleh seorang HR untuk membuat organisasi atau perusahaannya berkembang dengan manajemen yang efektif. Beberapa judul buku yang harus Anda baca tentang HR Management yaitu: 

 

  • HR From the Outside in: Six Competencies for the Future of Human Resources dari Dave Ulrich, Jon Younger, Wayne Brockbank dan Mike Ulrich. Buku ini seperti sudah menjadi ‘buku wajib bagi HR’. 
  • Selanjutnya, buku yang tidak kalah wajib bagi HR adalah The HR Answer Book dari Shawn Smith, JD dan Rebecca Mazin. Buku ini membantu penyelesaian masalah yang biasa dihadapi oleh HR. 

 

Buku Tentang Key Performance Indicator

Key Performance Indicator atau KPI adalah alat ukur yang digunakan sebuah perusahaan atau organisasi untuk mengukur kinerja sebuah perangkat yang ada dalam organisasi atau karyawan dalam upaya memenuhi tujuan strategis dan atau operasional mereka. 

Beberapa buku tentang Key Performance Indicators yang bisa jadi pedoman Anda diantaranya ada Key Performance Indicators: Mengembangkan, mengimplementasikan dan Menggunakan dari David Parmenter. 

Untuk pemula, bisa mencoba baca buku Key Performance Indicators for Dummies dari Bernard Marr. Dari Indonesia sendiri Anda bisa membaca buku KPI: Key Performance Indicators karya A.S. Budiarto. 

 

Baca juga: OKR VS KPI: Apa Pengertian dan Perbedaannya?

 

Buku Tentang Komunikasi

Komunikasi menjadi kemampuan penting yang harus terus dipelajari oleh HR. Salah satu buku HR communication yang paling sering disebutkan adalah Effective HR Communication: A Framework for Communicating HR Programmes with Impact karya Debra Corey. Buku ini berisi tentang bagaimana mengkomunikasikan program HR kepada para karyawan agar tersampaikan dengan baik, juga cara-cara berkomunikasi yang baik dalam berorganisasi dan membina perusahaan. 

 

Manajemen SDM Lebih Mudah dengan Software HRD LinovHR

Pengelolaan sumber daya manusia atau human resource dalam suatu perusahaan memang bukan perkara mudah. Software HRD LinovHR memiliki berbagai jenis modul dan fitur yang bisa mempermudah manajemen juga pengelolaan sumber daya manusia.

Software HRD LinovHR memiliki 12 modul dengan kegunaannya masing-masing. Ada modul Recruitment yang akan membantu proses rekrutmen kandidat atau calon karyawan baru perusahaan dengan lebih mudah. Ada juga modul Personnel Administration, perusahaan dapat mengelola secara terperinci informasi dan data dari karyawannya. Kedua modul ini dapat membantu tugas pokok HR menjadi lebih efektif.

 

software hris

 

Penilaian kinerja karyawan pun dapat mudah dilakukan dengan modul Performance Management, kompetensi yang ada dalam setiap tim atau unit kerja perusahaan Anda dapat dikelola melalui modul Competency Management.

Selanjutnya ada juga modul Organization Management yang dapat memberikan gambaran organisasi atau perusahaan secara visual dengan lengkap. Modul lain yang juga melengkapi pada software HRD LinovHR berupa modul Succession yang berfungsi mengelola hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi sebuah perusahaan.

 

Bagaimana dengan tugas HR yang lain?

Software LinovHR tentu menyediakan juga. Mengelola daftar hadir, izin, libur hingga cuti bisa melalui modul Time Management dengan lebih mudah. Software HRD LinovHR juga menyediakan Employee Self Services (ESS) yang memungkinkan keterlibatan karyawan dalam mengakses dan mengelola data sumber daya manusianya sendiri.

Modul Learning dan Development juga hadir untuk membantu kegiatan pengembangan karyawan dan peningkatan kapabilitas, skill juga kompetensi.

Bagian penting yang seringkali terjadi kesalahan yaitu penggajian. Software HRD LinovHR dapat meminimalisir hal tersebut dengan modul Payroll.

Penggajian karyawan jadi lebih mudah dan minim human error. Reimbursement serta pinjaman juga bisa dilakukan dengan modul Reimbursement dan Loan yang bisa dikelola langsung oleh admin.

 

Tunggu apalagi, schedule a demo untuk perusahaan Anda sekarang!