review kinerja

Bersama LinovHR Menuju Review Kinerja Modern

Review kinerja sering dilakukan dalam sebuah perusahaan. Dengan review yang rutin, diharapkan kualitas kinerja sebuah perusahaan dapat berkembang jauh lebih baik dari waktu ke waktu. Namun, sayangnya review kinerja secara manual tidak selalu efektif. Ada banyak parameter yang justru menjadi bias. Ketika parameter review saja sudah mengalami bias, maka penilaian tidak akan efektif. 

Pengelolaan karyawan yang holistik adalah kunci dari awal kinerja yang kondusif. LinovHR dapat membantu mewujudkan perusahaan melalui review kinerja yang lebih efektif dan efisien. Ingin tahu lebih lengkap? Simak ulasan di bawah ini! 

 

performance review

Pentingnya Review Kinerja dalam Perusahaan

Review kinerja adalah proses mengevaluasi, mendiskusikan dan mengatur kinerja karyawan. Tindakan ini digunakan untuk membanguni tim yang lebih solid. Proses pemberian review kinerja menciptakan hubungan kerja yang terbuka antara pemimpin tim dan karyawan, bersama-sama memahami diri dan akhirnya menuju kemajuan terhadap tujuan bersama. 

 

Baca Juga: Indikator Penting untuk Melakukan Penilaian Kinerja Karyawan

 

Review kinerja dalam sebuah perusahaan dan organisasi dapat dijadikan sarana perbaikan. Segala masukan yang diberikan setelah review akan membantu individu membentuk tindakan perbaikan guna memenuhi kebutuhan  perusahaan. Berikut beberapa elemen umum dari review kinerja yang efektif:

  1. Ketepatan waktu: Review kinerja yang paling efektif adalah tepat waktu. Tawarkan review ketika anggota tim dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki diri, baik segera atau tidak lama setelah acara tersebut.
  2. Komunikatif: Komunikatif akan menciptakan lingkungan kolaboratif. Dibandingkan dengan review tertulis, komunikasi antara atasan dan karyawan memungkinkan anggota tim untuk mengajukan pertanyaan atau mendapatkan lebih banyak kejelasan.
  3. Konstruktif: Review  yang efektif bersifat konstruktif, menawarkan solusi yang positif. Tawarkan hanya solusi tentang tindakan atau tugas yang dapat ditingkatkan.
  4. Spesifik: Kekhususan dalam review kinerja penting agar anggota tim memahami wilayah kekuatan dan kelemahan mereka. Ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan keterampilan khusus.
  5. Terperinci: Memberikan detail dengan review kinerja dapat membantu anggota tim mengembangkan pemahaman yang lebih jelas tentang hal yang dapat mereka tingkatkan. 

Dengan melakukan review kinerja secara rutin, itu artinya perusahaan turut membangun perkembangan kinerja yang kontinu dalam perusahaan. Hal ini sangatlah penting mengingat persaingan bisnis antar kompetitor cukup ketat. Dengan demikian perusahaan dapat merangsang pertumbuhan dan potensi yang ada dalam internal perusahaan jauh lebih baik. 

 

Baca Juga: 8 Masalah Bekerja dari Rumah yang Paling Sering Terjadi

 

Masa Depan Review Kinerja yang Lebih Efektif

Umumnya review kinerja dilakukan dengan kertas secara manual. Sebenarnya cara ini tidak efektif. Sebab penilaian menggunakan kertas rentan terjadi kekeliruan penetapan parameter. 

Selain itu, pengolahan data dari hasil review menggunakan kertas pun cukup merepotkan. HRD akan dihadapkan dengan tumpukan kertas yang mengganggu. Sehingga proses analisis dari hasil review kinerja pun cenderung lambat. Padahal HRD butuh analisis yang cepat guna mendukung perbaikan dan pengembangan kinerja yang lebih efektif. 

LinovHR menyediakan solusi untuk penerapan review kinerja yang jauh lebih efektif dibandingkan cara manual. Melalui modul performance dalam Software HRD dari LinovHR, HRD dapat memantau dan melakukan review terhadap kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Kemampuan unggulan dari modul performance dalam Software HRD LinovHR adalah: 

  1. Melakukan review kinerja menggunakan fitur performance review. Melalui fitur ini, HRD dapat merancang review antara sesama karyawan dalam divisi yang sama, karyawan dengan atasan, karyawan dengan rekannya di luar tim, dan review untuk karyawan itu sendiri;
  2. Memantau kinerja karyawan terhadap tujuan perusahaan dengan Goals and KPIs. Goals digunakan untuk mengetahui sejauh apa perkembangan yang dicapai perusahaan terhadap tujuannya. Sedangkan KPIs digunakan sebagai penilaian hasil kerja karyawan. 
  3. Melihat hasil penilaian dengan fitur result. Nantinya Result akan menampilkan range nilai yang terbagi menjadi 5 macam, yaitu distraction, under performance. contributor achiever, dan rockstar.
  4. Memberikan masukan yang membangun setelah review melalui fitur feedback. Masukan ini sangat penting bagi karyawan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja setelah penilaian.
  5. Menyelenggarakan survei karyawan dengan fitur engagement. Keterlibatan karyawan sangatlah penting untuk pembangunan perusahaan. Maka dari itu, HRD menggunakan fitur engagement untuk mengumpulkan dan menganalisis keterlibatan karyawan melalui survei. 

 

LinovHR menawarkan pengelolaan karyawan dalam satu pusat. Semua informasi dan data karyawan yang digunakan disimpan dalam cloud based server dengan aman dan rahasia. Tak hanya itu, LinovHR juga menjamin bahwa data dan informasi karyawan hanya digunakan untuk pengelolaan karyawan saja. Jadi perusahaan tidak perlu takut dengan adanya isu penyalahgunaan data dan informasi. Untuk informasi selengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!