keluar dari zona nyaman

Mengapa Harus Keluar dari Zona Nyaman dalam Kehidupan Bekerja?

Hampir setiap manusia pastinya memiliki zona nyamannya masing-masing khususnya ketika bekerja.

Namun, merasa puas di zona nyaman bukanlah merupakan hal yang baik dilakukan, melainkan akan menjadi boomerang untuk Anda di masa depan. Anda harus bisa keluar dari zona nyaman agar bisa mengembangkan diri Anda ke arah yang lebih baik.

LinovHR akan membahas mengenai zona nyaman dan memberikan informasi mengenai cara keluar dari zona nyaman. Simak terus penjelasan artikel berikut!

 

Manfaat Jika Anda Keluar dari Zona Nyaman

Banyak sekali orang yang menghabiskan waktu mereka untuk tetap bertahan di zona nyamannya. Sementara itu, potensi yang ada pada diri mereka akan tergerus karena mengabaikan banyak sekali kesempatan-kesempatan yang ada di luar zona nyamannya.

Jika hal demikian terjadi pada diri Anda, maka sebaiknya Anda harus mengambil tindakan untuk berusaha keluar dari comfort zone atau zona nyaman Anda. Beberapa manfaat jika Anda keluar dari zona nyaman sebagai berikut.

 

Membangun Kepercayaan Diri

Rasa percaya diri merupakan hal yang sangat penting dimiliki setiap individu. Untuk mendapatkan kepercayaan diri, Anda perlu menantang diri Anda terhadap hal-hal yang Anda takuti misalnya.

Selain itu, Anda perlu menetapkan suatu tujuan yang ingin dicapai sehingga kepercayaan diri Anda semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

 

Meningkatkan Kekuatan Batin

Meskipun zona nyaman selalu memberikan Anda rasa nyaman, aman, dan bahagia, namun nyatanya hal tersebut tidak dapat memperkuat kekuatan batin Anda. Kekuatan dalam diri  tidak kalah penting dengan kepercayaan diri.

Anda perlu menerobos beberapa tembok penghalang zona nyaman seperti takut berhubungan dengan orang baru, takut mencoba hal-hal baru, bahkan lebih buruk lagi jika Anda takut dengan kegagalan.

 

Berkembang Lebih Cepat

Ketika Anda mencoba keluar dari zona nyaman Anda, maka kemungkinan Anda berkembang  jauh lebih cepat dibandingkan Anda berada pada zona nyaman. Hal ini akan memaksa diri seseorang untuk menerima tantangan-tantangan baru yang memberikan mereka kekuatan untuk berkembang.

Namun sebaliknya, jika Anda takut untuk mengambil risiko ke depannya maka Anda akan sulit berkembang. Zona nyaman memberikan ilusi kenyamanan semata tetapi dapat menghambat potensi Anda di masa depan.

 

Cepat Beradaptasi

Semakin cepat perkembangan zaman maka semakin cepat juga Anda harus beradaptasi terhadap situasi yang ada. Bagi orang-orang yang takut terhadap perubahan maka kemungkinan besar mereka akan tertinggal.

Oleh karena itu cara keluar dari zona nyaman yang baik adalah dengan beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Anda akan mendapatkan hal-hal baru di luar sana seperti belajar keterampilan baru atau belajar penggunaan teknologi baru.

 

Menjadi Lebih Kreatif

Kreativitas seseorang akan stagnan jika mereka tetap berada di zona nyaman. Mungkin Anda tidak lagi ingin repot-repot memikirkan cara pandang baru terhadap sesuatu yang menurut Anda sudah baku. Hal ini menyebabkan seseorang sulit mengasah kreativitasnya.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat kita tidak bisa lagi melatih kreativitas kita. Oleh karena itu dengan mencoba hal-hal baru di luar sana Anda akan dapat mengasah kreativitas sesuai dengan kondisi yang ada.

 

Baca Juga: Apa Bedanya Orang Kreatif dan Inovatif? 

 

Cara Keluar Dari Zona Nyaman

Tentunya beberapa di antara Anda ingin keluar dari zona nyaman. Banyak sekali cara yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk tetap terus berkembang.

Umumnya, seseorang akan memulai dengan hal-hal kecil terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan perubahan yang besar. Berikut beberapa cara yang dapat membantu Anda keluar dari zona nyaman.

 

Membuat Perubahan Pada Rutinitas

Rutinitas atau kebiasaan–kebiasaan merupakan suatu hal yang terus menerus orang lakukan bahkan tanpa mereka sadari. Otak manusia telah mengatur agar seseorang mengambil keputusan-keputusan tertentu dengan lebih cepat tanpa mengatur ulang kebiasaan atau keputusan baru.

Namun, sebenarnya Anda dapat mengatur kebiasaan-kebiasaan baru dengan mengubah rutinitas yang ada. Sehingga Anda dapat keluar dari zona nyaman dengan melakukan hal-hal baru yang lebih bermakna dan bermanfaat.

 

Belajar Hal Baru

Mempelajari hal-hal baru merupakan salah satu motivasi keluar dari zona nyaman. Anda tidak perlu melakukan hal-hal besar terlebih dahulu. Mungkin bisa seperti bangun lebih pagi dari biasanya, memakan makanan sehat, atau meningkatkan produktivitas kerja Anda.

 

Hadapi Rasa Takut

Rasa takut merupakan salah satu alasan terbesar bagi mereka yang berada di zona nyaman. Rasa takut sebenarnya membuat Anda tidak benar-benar dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, Anda akan terus merasa nyaman tanpa melakukan hal-hal yang lebih berarti.

Oleh karena itu penting untuk Anda mengendalikan rasa takut dan kecemasan berlebih yang terdapat dalam diri Anda. Seperti di dunia kerja, Anda tidak perlu takut untuk berhubungan dengan orang baru, atasan, dan sebagainya karena rasa takut itu tidak akan membuat karir Anda bagus.

 

Menjadi Mentor

Cara keluar dari zona nyaman yang satu ini mungkin lebih dekat kepada Anda yang memiliki karyawan bawahan dan menjadi mentor bagi mereka. Anda harus  siap memberikan tanggung jawab kepada mereka dengan pekerjaan-pekerjaan serta wawasan tertentu.

Sebenarnya tidak perlu menduduki posisi sebagai atasan untuk menjadi mentor. Anda pun bisa menjadi mentor bagi rekan kerja satu tim yang sama-sama selevel dengan Anda. Dengan menjadi mentor, Anda dapat mempelajari hal baru termasuk mempelajari bagaimana pola belajar orang lain. 

 

Melatih Kebugaran Fisik dapat Mengubah Mental

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai relevansi kebugaran fisik dengan keluar dari zona nyaman. Nyatanya, jika Anda ingin mengambil suatu perubahan besar tidak ada salahnya dengan memulainya seperti melatih kebugaran fisik.

Melatih fisik dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Hal ini tentunya diperlukan untuk melakukan perubahan-perubahan ke depannya sehingga Anda akan lebih siap. Dengan begitu maka produktivitas Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu.

 

Demikianlah beberapa alasan serta cara Anda agar keluar dari zona nyaman. Pastinya Anda dapat melakukan beberapa cara-cara di atas untuk membantu Anda menjadi individu yang lebih baik lagi. Sehingga kebiasaan baik tersebut akan berpengaruh kepada peningkatan karir Anda.  Semoga berhasil!