Support System

Manfaat Mempunyai Support System di Lingkungan Kerja

Support system bukan lagi istilah asing saat ini. Banyak orang yang sudah mengenal tentang apa itu support system.  Secara sederhana dan umum istilah support system biasanya disematkan untuk orang-orang disekitar Anda yang selalu ada untuk Anda.

Bukan hanya memberi dukungan tapi juga memberikan saran yang membangun dan membantu Anda dalam masa-masa sulit yang Anda hadapi. 

Tidak dipungkiri bahwa semakin dewasa, akan ada lebih banyak permasalahan yang lebih kompleks yang tidak bisa kita hindari. Entah itu permasalahan terkait pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Kehadiran support system ini menjadi penting untuk seseorang. 

Memiliki support system artinya Anda memiliki orang-orang yang dapat memberi Anda dukungan secara praktikal maupun emosional. Support system telah terbukti membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan telah terbukti mengurangi stres dan kecemasan.

 

Manfaat Mempunyai Support System di Lingkungan Kerja

Support System
Support System

 

Seringkali permasalahan juga datang dari pekerjaan dan lingkungan kerja dimana kita menghabiskan waktu paling banyak. 

Lingkungan kerja seharusnya menjadi tempat yang nyaman, dapat membantu Anda berkembang sebagai individu, juga merasa di support karena Anda menghabiskan waktu paling banyak di sana. Apakah Anda perlu mempunyai support system di lingkungan kerja? 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, support system adalah orang-orang yang mendukung dan selalu ada untuk Anda. Untuk konteks dalam lingkungan kerja, support system disebutkan dapat memperkuat tim dan individu, meningkatkan produktivitas dan membantu mengatasi tantangan dalam pekerjaan. Bagaimana bisa?

Membangun support system di lingkungan kerja akan bermanfaat baik untuk perusahaan juga karyawannya, yang tentunya akan berdampak juga pada peningkatan stabilitas lingkungan kerja.

Berikut kami jabarkan beberapa manfaat membangun support system di lingkungan kerja:

 

Meningkatkan Komunikasi yang Efektif

Lingkungan kerja yang friendly dan supportive akan memungkinkan pekerjanya menjadi lebih terbuka akan perasaan mereka.

Selain itu mereka juga tidak akan menutupi jika Ada masalah karena mengetahui adanya dukungan emosional. Hal ini tentu dapat berdampak signifikan pada pengurangan stres dan peningkatan produktivitas kerja. 

 

Kepercayaan Diri yang Lebih Baik

Memiliki support system di lingkungan kerja juga berarti Anda akan lebih diapresiasi dan diberi dukungan. Hal-hal seperti reward, juga apresiasi dan pujian jika hasil kerja Anda memuaskan akan membuat kepercayaan diri Anda naik dan lebih menambah nilai pada pekerjaan Anda. 

 

Kepuasan dalam Pekerjaan 

Karyawan yang dihargai dan didukung pekerjaannya akan merasa lebih puas dengan tugas dan kewajiban mereka, dan bekerja dengan perasaan lebih bahagia. Mereka merasa lebih positif tentang apa yang mereka lakukan. 

 

Kesehatan Fisik dan Mental

Lingkungan kerja yang positif akan berdampak pula pada tingkat stres karena pekerjaan. Penelitian di Amerika menjelaskan bahwa memiliki lingkungan yang sehat dapat membuat Anda lebih sehat baik secara fisik maupun mental. 

 

Tingkat Kesejahteraan Lebih Tinggi

Keberadaan orang-orang yang suportif dalam tim dan lingkungan kerja Anda akan berdampak baik pada kesejahteraan Anda di dunia kerja. Bukan hanya bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu, namun juga sejahtera karena bekerja dengan lebih positif dan bahagia.

 

Baca Juga:  Manfaat dan Cara Memelihara Emotional Intelligence di Kantor

 

Cara Menumbuhkan Support System di Kantor

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari support system untuk pekerja, bagaimana cara menumbuhkan support system di kantor?

Upaya menciptakan lingkungan kerja yang memiliki support system dapat dimulai dari hal-hal kecil. Berikut yang bisa Anda lakukan. 

 

1. Beri Waktu Khusus untuk ‘Ngobrol’

Karyawan dalam perusahaan Anda adalah aset terpenting yang harus Anda jaga kesejahteraannya. Karyawan yang sehat secara fisik dan mental juga tidak merasa tertekan akan memberikan positive vibes pada kantor Anda. 

Menyediakan waktu khusus untuk melakukan percakapan ringan maupun diskusi dengan karyawan akan membentuk kepercayaan dan peningkatan komunikasi sehingga mereka merasa didengar dan didukung. 

 

2. Berikan Feedback dan Pembinaan

Dalam pekerjaan, support system dapat dibentuk dari pemberian feedback kepada karyawan Anda dengan baik dan melakukan pembinaan. Penyampaian saran maupun pujian akan hasil kerja dari karyawan Anda akan membantu mereka tumbuh juga memberikan support kepada apa yang mereka kerjakan. 

 

3. Pengakuan dan ‘Rewards’

Sama halnya feedback dan pembinaan, jika karyawan Anda berhasil melakukan pekerjaan dengan baik dan hasil memuaskan, jangan segan untuk memberinya rewards.  Karyawan yang menerima rewards akan merasa kerja kerasnya dihargai. 

Selain itu adanya pengakuan akan kerjanya yang bagus juga dapat menjadi salah satu bentuk support yang baik. Selain itu hal ini juga dapat membangkitkan semangat mereka untuk bekerja lebih baik lagi.

 

4. Komunikasi Terbuka

Sebenarnya, kunci dari support system di lingkungan kerja adalah komunikasi yang baik. Baik itu antar rekan kerja, maupun antara karyawan dan pimpinan perusahaan.

Komunikasi yang lebih terbuka cocok untuk berbagi ide dan perasaan, memberi setiap orang dalam perusahaan Anda kesempatan untuk lebih memahami rekan kerja mereka, baik secara profesional maupun pribadi.

 

Memiliki lingkungan kerja yang sangat mendukung pekerjaan, karir, juga kehidupan Anda tentunya akan membuat pekerjaan jadi lebih ringan.

Menghabiskan waktu di tempat kerja tidak lagi menimbulkan stress berkat adanya support dari tim yang lain. Begitu pentingnya support system ini karena memberikan banyak manfaat untuk kedua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan.

Semoga informasi di atas dapat membantu!