software learning management system

5 Manfaat Learning Management System dalam Perusahaan

Perusahaan yang mampu berkembang adalah perusahaan yang secara kontinu mengembangkan proses pembelajarannya dalam perusahaan. Hal ini dapat terlihat jelas melalui budaya pembelajaran yang kondusif dan berkesinambungan. Untuk mendukung budaya pembelajaran, ada baiknya perusahaan mengimplementasikan learning management system.

 

Apa itu Learning Management System

Singkatnya, learning management system adalah sebuah sistem yang dapat memfasilitasi, merencanakan, dan membantu penyelenggaraan pembelajaran dalam suatu perusahaan atau organisasi. Sistem ini akan membantu membantu perusahaan dalam mengatur, melacak, dan mengelola karyawan dari segi pembelajaran yang kondusif dan efektif.

Pembelajaran yang lebih sistematis diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan potensi karyawan. Sebab, karyawan potensial yang akan membangun perusahaan dari dalam melalui berbagai keterampilan baru.

Tak hanya itu, ketika karyawan yang memiliki keterampilan tertentu terpaksa harus resign atau pensiun, maka keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya dapat diturunkan kepada karyawan lain melalui learning management system. 

 

Keunggulan Learning Management System

Karyawan yang mahir dan berwawasan tinggi cenderung memiliki kinerja yang  unggul. Selanjutnya, kinerja karyawan yang unggul mampu menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi juga.

Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk menerapkan learning management system, yang dapat berdampak positif untuk kinerja perusahaan, Berikut ini 5 Manfaat penting dari penerapan learning management system:

 

1. Kemudahan Memantau Perkembangan

Karyawan yang mengikuti program learning management akan memperoleh keahlian baru secara bertahap. Dengan program learning management, perusahaan dapat memantau bagaimana perkembangan yang bertahap.

Perusahaan juga dimudahkan untuk melihat bagaimana perkembangan karyawan dalam belajar. Perusahaan juga bisa membandingkan skor atau nilai yang diperoleh oleh karyawan. 

 

2. Pengembangan Materi Pelatihan

Materi pembelajaran bisa berubah dan berkembang sewaktu-waktu. Melalui sistem ini, perusahaan dapat menyusun, mengedit, hingga mendistribusikan materi pelatihan online dengan cepat dan tepat.

Pengembangan materi pelatihan pun dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing peserta. Tanpa perlu waktu lama, materi pelatihan dapat dikustomisasi.

 

Baca Juga: Fitur Pelatihan Karyawan dalam Sistem Human Resource

 

3. Meningkatkan Kinerja Karyawan

Keterampilan karyawan adalah hal yang dibutuhkan di masa kini. Dengan perkembangan teknologi, perusahaan dapat memberikan pelatihan melalui berbagai materi pengetahuan untuk menyelaraskan kemampuan karyawan meningkat sesuai perkembangan zaman. Karyawan yang kinerjanya meningkat dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan. 

 

Baca Juga: Outplacement: Menempatkan Karyawan Setelah Melalui PHK

 

4. Menyelaraskan Pelatihan dengan Kebutuhan Organisasi

Software learning management system adalah alat yang ampuh untuk memastikan bahwa peluncuran produk atau prosedur operasi baru dapat disampaikan secara efektif dan konsisten di seluruh divisi. Sistem membuat pembelajaran secara dinamis selaras dengan kebutuhan perusahaan karena pelatihan dapat dilaksanakan dengan cepat dan diukur secara efektif.

 

5. Hemat Anggaran

Banyak perusahaan mengira bahwa penerapan learning management system akan meningkatkan banyak biaya. Padahal tidak demikian. Implementasi dari sistem justru akan menghemat anggaran, karena perusahaan tidak lagi perlu menyiapkan dokumen pendukung dalam bentuk fisik.

Semua pembelajaran dapat dilakukan secara digital. Karyawan dapat mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja. Melalui pembelajaran yang efektif, tingkat kerugian akibat kesalahan kerja atau human error dapat ditekan semaksimal mungkin.

Memilih learning management system yang cocok untuk perusahaan tidaklah mudah. LinovHR melalui  modul Learning and Development menyediakan learning management yang mampu membantu perusahaan merencanakan dan mengimplementasikan proses pembelajaran.

 

Baca Juga: Mengelola Competency Mapping dengan LinovHR

 

Proses dimulai dari merancang komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah activity. Komponen tersebut di antaranya: activity type, activity category, course list, course group, dan daftar instruktur.

Setelah semua komponen sudah dirancang dan disetujui oleh pihak manajerial, maka akan dibuat sebuah session untuk development activity baik yang bersifat mandatory maupun request.

Hubungi LinovHR sekarang juga untuk merasakan manfaat dari learning management system!