software learning management system

5 Manfaat Menggunakan Software Learning Management System

Pengetahuan adalah aspek yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan manusia. Begitu pula dengan perkembangan perusahaan. Pengetahuan dalam perusahaan bisa berupa cara penggunaan mesin yang efektif, strategi mendapatkan hari pelanggan, cara mempertahankan mutu produk, dan lain-lain. Perusahaan mampu berkembang dengan baik jika menggunakan secara pengetahuan optimal dalam perusahaannya. Dari satu karyawan yang terampil akan mempengaruhi karyawan lain menjadi terampil pula. Oleh karena itu, perusahaan melakukan pengelolaan terhadap pengetahuan supaya perkembangan perusahaan dapat berjalan melalui pembelajaran. Kini, dengan dukungan teknologi, penggunaan software learning management system mulai dilirik banyak perusahaan.  

Pentingnya Software Learning Management System 

Membicarakan learning management system tidak bisa dipisahkan dari knowledge management. Kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Knowledge management adalah sebuah guidelines yang membantu karyawan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mahir menjadi mahir dengan mengelola berbagai gagasan dan pengetahuan yang ada disekitar perusahaan. Kemudian, salah satu kegiatan yang mendukung proses knowledge management itu sendiri adalah learning management. Perusahaan dapat mengelola dan mengatur pembelajaran agar dapat mewujudkan keadilan dan pemahaman yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Knowledge Management

 

Karyawan yang mahir dan berwawasan tinggi cenderung memiliki kinerja yang  unggul. Nah, kinerja karyawan yang unggul mampu menghasilkan produk perusahaan yang berkualitas tinggi. Saat output produk perusahaan memiliki kualitas tinggi, akan menambah pendapatan dan meningkatkan jumlah konsumen baru. Dari satu titik learning management, dampaknya menjadi luar biasa, bukan? Maka dapat dikatakan bahwa learning management sangat penting untuk perusahaan. 

 

Manfaat Software  Learning Management System

Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, perusahaan harus mampu beradaptasi untuk mempelajari apa yang terjadi disekitar perusahaan. Karena perkembangan teknologi pula, perusahaan dapat memanfaatkan software learning management system untuk mengelola learning management lebih optimal. Manfaat-manfaat yang bisa dirasakan perusahaan tersebut adalah: 

 

Penyimpanan Terpusat

Dengan server berbasis cloud, rencana pembelajaran yang digunakan oleh perusahaan tersimpan dengan aman. Karena itu pula HRD dapat mengakses data dan informasi tersebut dimanapun dan kapanpun jika sewaktu-waktu dibutuhkan melalui berbagai perangkat keras yang terkoneksi dengan jaringan internet. Aksesibilitas yang mudah membuat perusahaan mampu merencanakan pembelajaran dari jarak jauh sekalipun dan menghemat waktu.

 

Kemudahan Memantau Perkembangan

Karyawan yang mengikuti program learning management akan memperoleh keahlian baru secara bertahap. Dengan program learning management, perusahaan dapat memantau bagaimana perkembangan yang bertahap, perusahaan mudah untuk melihat bagaimana perkembangan karyawan dalam belajar. Perusahaan juga bisa membandingkan skor atau nilai yang diperoleh oleh karyawan. 

 

Pengembangan Materi Pelatihan

Materi pembelajaran bisa berubah dan berkembang sewaktu-waktu. Melalui learning management system perusahaan dapat menyusun, mengedit, hingga mendistribusikan materi pelatihan online dengan cepat dan tepat. Pengembangan materi pelatihan pun dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing peserta. Tanpa perlu waktu lama, materi pelatihan dapat dikustomisasi.

 

Baca Juga: Fitur Pelatihan Karyawan dalam Sistem Human Resource

 

Meningkatkan Kinerja Karyawan

Keterampilan karyawan adalah hal yang dibutuhkan di masa kini. Dengan perkembangan teknologi, perusahaan dapat memberikan pelatihan melalui berbagai materi pengetahuan untuk menyelaraskan kemampuan karyawan meningkat sesuai perkembangan zaman. Karyawan yang kinerjanya meningkat dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan. 

 

 

hris

 

Menyelaraskan Pelatihan dengan Kebutuhan Organisasi

Software learning management system adalah alat yang ampuh untuk memastikan bahwa peluncuran produk atau prosedur operasi baru dapat disampaikan secara efektif dan konsisten di seluruh divisi. Sistem membuat pembelajaran secara dinamis selaras dengan kebutuhan perusahaan karena pelatihan dapat dilaksanakan dengan cepat dan diukur secara efektif.

 

Memilih software learning management system yang cocok untuk perusahaan tidaklah mudah. LinovHR melalui  modul Learning and Development menyediakan software learning management  yang mampu membantu perusahaan merencanakan dan mengimplementasikan proses pembelajaran. Proses dimulai dari merancang komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat sebuah activity. Komponen tersebut diantaranya: activity type, activity category, course list, course group dan daftar instruktur. Setelah semua komponen sudah dirancang dan disetujui oleh pihak manajerial, maka akan dibuat sebuah session untuk development activity baik yang bersifat mandatory maupun request. Hubungi LinovHR sekarang juga untuk keterangan lebih lanjut atau langsung undang kami untuk demo app di perusahaan anda melalui tautan berikut linovhr.com/demo-app