Apa itu Split Payment? ini Pembahasan Lengkapnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Split Payment
Isi Artikel

Split payment menjadi salah satu hal yang lumrah dilakukan saat ini. Singkatnya, konsumen untuk membagi pembayaran mereka menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dikelola dan sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami penurunan pendapatan atau menghadapi pengeluaran tak terduga. Dengan opsi pembayaran ini, konsumen dapat tetap memperoleh produk atau layanan yang mereka butuhkan tanpa harus menunda atau membatalkan pembelian.

Tidak hanya untuk konsumen bagi sebuah bisnis, split payment menawarkan keuntungan dalam meningkatkan konversi penjualan dan menjaga loyalitas pelanggan. Selain itu, split payment dapat membantu bisnis menjaga arus kas yang lebih stabil di tengah kondisi pasar yang fluktuatif.

Pengertian Split Payment

Pembayaran terbagi atau split payment adalah metode pembayaran di mana total biaya suatu transaksi dibagi menjadi beberapa bagian, dan komponen pembayaran dapat diselesaikan menggunakan lebih dari satu sumber pembayaran.

Metode pembayaran ini sering ditemukan pada transaksi online, customer dapat membagi pembayaran produk menggunakan beberapa opsi pembayaran berbeda seperti kartu kredit dengan debit, kartu debit dengan e-wallet, dan lainnya.

Contohnya ketika membeli makanan secara online namun saldo e-wallet tidak mencukupi. Maka platform tersebut akan menawarkan opsi pembayaran terpisah dengan cash dan e-wallet yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan tagihan menggunakan pembayaran cash

Berdasarkan pengertian dan contohnya, secara garis besar tujuan penerapan split payment sebagai metode pembayaran adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas transaksi, serta mampu memfasilitasi berbagai situasi keuangan yang dihadapi konsumen. 

Alasan Melakukan Split Payment

Tidak hanya itu, secara keseluruhan split payment memiliki beberapa tujuan utama yang memberikan keuntungan baik dari sisi pembeli ataupun penjual. Tujuan-tujuan tersebut antara lain:

Fleksibilitas Pembayaran 

Salah satu tujuan utama dari split payment adalah memberikan fleksibilitas kepada pembeli dalam melakukan pembayaran. Dengan membagi total biaya transaksi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, pembeli dapat lebih mudah mengatur keuangan mereka dan melakukan pembayaran sesuai dengan kemampuan finansial pada waktu tertentu.

Solusi dalam Mengatasi Pembayaran Penuh 

Split payment memungkinkan konsumen untuk menghindari transaksi secara penuh dalam satu waktu. Solusi ini cocok bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana saat melakukan transaksi tetapi tetap ingin memperoleh produk atau layanan tersebut.

Mempermudah Pembayaran Bersamaan 

Dalam konteks bisnis atau proyek bersama, split payment memfasilitasi pembayaran oleh beberapa pihak yang terlibat. Setiap pihak dapat memenuhi kewajibannya tanpa harus mengandalkan satu pihak untuk menanggung seluruh biaya transaksi.

Meningkatkan Aktivitas Pengguna 

Dengan memberikan opsi split payment, penjual dapat meningkatkan aktivitas pengguna. Pembeli akan jauh lebih memiliki kendali terhadap transaksi yang ingin mereka lakukan, sehingga dapat menciptakan hubungan positif antara keduanya. 

Meningkatkan Nilai Konversi

Dalam e-commerce, split payment dapat meningkatkan konversi penjualan dengan memberikan opsi pembayaran yang lebih fleksibel kepada konsumen. Hal ini membuat pembelian menjadi lebih terjangkau dan menarik bagi berbagai kalangan konsumen.

Bisakah Payroll Melakukan Metode Split Payment

Split payment tidak hanya digunakan untuk pembayaran suatu transaksi saja, sebuah perusahaan juga dapat menggunakan metode satu ini untuk keperluan payroll atau penggajian karyawan, metode tersebut bernama split payroll.

Split payroll atau penggajian terpisah, dapat diartikan sebagai metode penggajian untuk karyawan yang bertugas di luar negeri (ekspatriat), dengan membagi gaji tersebut menjadi dua mata uang antara mata uang lokal dan mata uang negara asal. 

Pekerja ekspatriat sendiri adalah seseorang yang tinggal dalam jangka waktu tertentu di luar negara asalnya untuk keperluan pekerjaan, karir, ataupun tugas negara. 

Baca Juga: In House Payroll VS Payroll Outsourcing, Lebih Baik Mana?

Metode Payroll dengan Split Payment

Dalam prakteknya pembayaran dengan dua mata uang berbeda ini memiliki tujuan khusus. Split payroll ini diterapkan perusahaan untuk memudahkan karyawan mematuhi aturan perpajakan antara dua negara berbeda.

Adapun tujuan lain dari penggunaan metode ini yakni untuk mengurangi dampak fluktuasi mata uang. Pembagian gaji secara terpisah melalui dua mata uang berbeda ini dapat mengalihkan risiko nilai tukar dari pekerja ke pemberi kerja. 

Sehingga karyawan tidak perlu lagi mengkhawatirkan nilai tukar uang, dan gaji dalam mata uang lokal negara pekerja ekspatriat dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari seperti membayar biaya sewa tempat tinggal, makanan, transportasi, dan lain sebagainya. 

Sedangkan gaji dalam mata uang asal negara ditujukan untuk tabungan, dana pensiun, atau pembayaran tagihan yang berkaitan dengan negara asal pekerja seperti pendidikan, liburan, dan lain sebagainya. 

Mudahkan Segala Jenis Metode Payroll dengan Payroll Services LinovHR

payroll

Seperti yang kita ketahui bahwa metode penggajian karyawan tidak hanya split payroll saja. Terdapat segala jenis metode pemberian upah yang dapat dilakukan oleh perusahaan. 

Di antara banyaknya metode tersebut, penerapannya haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, pengelolaannya juga harus sesuai dan tepat sehingga hak-hak karyawan dapat terpenuhi seutuhnya. 

Namun dalam implementasinya seringkali membutuhkan tenaga serta waktu yang berlebih. Maka dari itu banyak perusahaan yang sudah menggunakan payroll outsourcing sebagai alat bantu pengelolaan gaji untuk memudahkan segala prosesnya. Salah satu di antaranya tentu saja LinovHR.

Layanan ini memberikan kemudahan dalam mengelola mengelola serta mengefisiensikan penggajian karyawan menggunakan segala jenis metode payroll. Tidak hanya itu sistem yang ditawarkan LinovHR juga memiliki berbagai macam fitur, salah satunya adalah kalkulator perhitungan gaji yang dapat menyesuaikan dengan aturan terbaru.

Payroll service dari LinovHR juga terintegrasi langsung dengan karyawan sehingga memudahkan mereka dalam mengakses slip gaji dan meningkatkan transparansi data terkait penggajian karyawan. 

Masih banyak lagi fitur-fitur yang dapat perusahaan gunakan melalui sistem ini. Untuk mengaksesnya secara penuh Anda hanya perlu mengikuti demonya secara gratis dan nikmati berbagai macam fitur yang dapat membantu pengelolaan gaji di perusahaan. 

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter