surat rekomendasi kerja

Pengertian Surat Rekomendasi Kerja & Contoh

Sebelum melamar pekerjaan, Anda memerlukan berbagai dokumen yang harus disiapkan. Salah satunya adalah surat rekomendasi kerja. Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui apa itu surat rekomendasi kerja? Jika belum, mari simak penjelasan di bawah ini!

 

Pengertian Surat Rekomendasi Kerja

Surat rekomendasi kerja adalah suatu dokumen yang berisikan teks yang dibuat oleh atasan Anda dalam bidang pekerjaan terkait yang mengandung informasi atas penilaian kinerja yang telah dilakukan. 

Jika masih menjadi seorang fresh graduate, surat rekomendasi dapat dibuat oleh dosen akademi yang mengetahui betul kemampuan kerja Anda pada saat berada di sebuah jenjang pendidikan tertentu.

Dalam surat ini, dapat tercantum berbagai informasi Anda, mulai dari evaluasi kemampuan, hasil kinerja, etika kerja, dan lain-lain. Selain itu, pihak yang menilai Anda pun perlu mencantumkan informasi seputar dirinya, seperti nama, jabatan, asal instansi, dan lainnya.

 

Fungsi Surat Rekomendasi Kerja

Fungsi utama surat ini dapat memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi keunggulan dari calon karyawan yang akan direkrut. Berikut fungsi lain dari surat ini.

 

  • Validasi Pencapaian Prestasi Pelamar

Terkadang ada beberapa perusahaan yang memiliki proses perekrutan karyawan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan cara mengharuskan para pelamar menyertakan dokumen ini pada saat melamar.

Melalui surat ini, perusahaan dapat menyeleksi lebih lanjut akan setiap pencapaian prestasi yang telah dipenuhi oleh para pelamar. Lalu, perusahaan akan memilih prestasi apa yang akan cocok dengan bidang pekerjaan yang dilamar oleh calon karyawan.

 

  • Mengonfirmasi Kemampuan Pelamar dalam Perguruan Tinggi

Jika Anda belum pernah bekerja atau seorang fresh graduate tentu akan membuat surat rekomendasi berdasarkan evaluasi kemampuan saat duduk di bangku perkuliahan. Nantinya, pihak yang memberikan penilaian kemampuan akan dilakukan oleh dosen terkait.

Apabila Anda dikenal sebagai orang yang ahli dalam suatu kemampuan, maka akan menghasilkan penilaian positif pada surat rekomendasi. Jadi, amat penting untuk Anda dalam menunjukkan kemampuan yang baik dalam setiap melakukan tugas-tugas perkuliahan.

 

  • Menunjukkan Minat dari Pelamar

Bagi pelamar kerja yang menyertakan surat rekomendasi kerja dalam dokumen lamaran, tentu akan memberikan kesan positif di mata perusahaan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena perusahaan akan menilai bahwa pelamar memiliki keinginan dan minat yang tinggi untuk bekerja dalam bidang yang berkaitan.

 

  • Memperluas Jangkauan Opini Penilaian akan Potensi Pelamar

Dalam proses perekrutan karyawan, sebuah perusahaan tentu menilai karyawan dalam  berbagai aspek. Nah, keberadaan akan surat rekomendasi ini dapat memperluas aspek penilaian dari seorang pelamar.

Melalui surat ini, nantinya perusahaan akan mengetahui lebih jauh akan potensi kemampuan seorang pelamar. Hal ini tentu dapat meningkatkan nilai pelamar di mata perusahaan.

 

Baca Juga: Hati-Hati dengan Halo Effect Saat Interview!

 

  • Menilai Profesionalisme Kandidat

Melalui surat rekomendasi ini, perusahaan dapat mengetahui bahwa pelamar yang bersangkutan mempunyai hubungan yang baik dengan atasan sebelumnya. Hal ini dapat menunjukkan sikap profesionalisme dan kemampuan komunikasi yang baik pada pelamar.

 

Cara Mengajukan Permohonan Surat Rekomendasi Kerja

Sebelum membuat ini, Anda perlu mengetahui cara dalam pembuatanya. Berikut penjelasan cara-caranya.

 

1. Pilih Referensi Pihak yang Tepat dan Kuat

Sebelum membuat surat rekomendasi kerja, sebaiknya tentukan terlebih dahulu pihak yang cocok untuk menilai Anda. Pilihlah pihak yang benar-benar tahu akan kemampuan dan kualifikasi Anda. 

Selain itu, pastikanlah pihak yang Anda minta adalah seorang yang memiliki kredibilitas atau kekuatan dalam sebuah perusahaan. Contohnya manajer divisi tempat Anda bekerja atau dosen di kampus semasa Anda kuliah.

 

2. Menulis Sebuah Permohonan untuk Pihak yang Diminta untuk Menilai

Setelah menentukan pihak yang tepat untuk menilai, coba sampaikanlah keinginan Anda untuk menulis surat rekomendasi. Namun, ada baiknya Anda menyampaikan keinginan tersebut secara tertulis.

Hal ini dapat dilakukan melalui email atau sepucuk surat. Lalu, mintalah secara sopan dan baik kepada pihak tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mencerminkan seorang yang profesional.

 

3. Sampaikan Detail Kemampuan yang Perlu Dinilai

Saat Anda meminta rekomendasi dari pihak lain, sebaiknya sampaikanlah hal-hal tertentu yang perlu dinilai. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak penilai Anda dalam menentukan bidang kemampuan yang harus dievaluasi.

Selain itu, hal ini juga dapat menghindari evaluasi kemampuan yang menyimpang dan keluar dari konteks yang diinginkan. Jadi, surat rekomendasi kerja Anda hanya mengandung hasil penilaian kemampuan yang berkaitan dengan bidang tertentu saat melamar kerja.

 

Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Kenali Dulu Kualifikasi Kemampuan Profesional

 

4. Beri Penjelasan Akan Hal Teknis Surat Rekomendasi Kerja

Selain menyampaikan detail yang perlu dinilai, Anda juga dapat menjelaskan cara-cara teknis dalam pembuatan surat ini. Mulai dari format penulisan, jenis bentuk surat (elektronik atau tertulis), dan kapan waktu harus diberikan kepada Anda.

Dengan begitu, pihak yang berkaitan dapat lebih mudah dalam menulis surat rekomendasi dengan tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

 

5. Ucapkan Terima Kasih

Pada saat Anda meminta bantuan untuk menulis surat ini tentu dapat mengganggu jadwal kerja pihak yang bersangkutan. Jika telah selesai dibuat, alangkah baiknya bila Anda menyampaikan ucapan terima kasih.  Dengan begitu, pihak yang menilai Anda akan merasa dihargai dan dihormati. Hal ini tentu dapat menjaga hubungan baik Anda dengan pihak tersebut.

 

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Bagi Anda yang masih bingung akan bentuk dari surat rekomendasi kerja, dapat melihat contoh berikut. Perhatikan contoh di bawah ini! 

 

Surat Rekomendasi Kerja

No:1223/HRD/X/2021

 

Pihak yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ahmad Sudarsono

NIK: 1231242123

Jabatan: Manager Digital Marketing

 

Atas nama PT Maju Terus, bersamaan dengan surat ini, kami memberikan rekomendasi atas mantan pegawai kami dengan keterangan berikut:

 

Nama: Sukir Setiawan

Alamat: Jakarta 

 

Kepada perusahaan tempat saudara Sukir bekerja selanjutnya bekerja. Surat Rekomendasi Kerja ini kami keluarkan atas hasil evaluasi kemampuan, etos kerja, dan sikap baik saudara Sukir saat bekerja di PT Maju Terus dengan jabatan terakhir Copywriter selama 3 tahun.

Kami yakin saudara Sukir akan memberikan kinerja yang sama baiknya kepada perusahaan tempat bekerja selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini kami sampaikan, harap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jakarta, 30 Februari 2021

 

Hormat kami,

 

Ahmad Sudarsono

Manager Digital Marketing PT Maju Terus

 

Kesimpulan

Surat rekomendasi kerja dapat meningkatkan nilai jual atas semua keterampilan yang Anda miliki serta menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut pada perusahaan yang hendak merekrut Anda.

Setelah menyimak penjelasan atas surat rekomendasi kerja di atas, diharapkan Anda dapat menerapkannya dengan baik. Semoga segala kemampuan, etos kerja, dan sikap baik Anda pada perusahaan sebelumnya dapat tercantum dalam surat ini. Selamat berburu pekerjaan idaman!